Kesehatan / Herbal / Beberapa Manfaat dari Bawang Putih

Beberapa Manfaat dari Bawang Putih

Manfaat dari bawang putih saat ini memang merupakan salah satu bumbu masak favorit. Selain penyedap untuk memasak, bawang putih sangat baik untuk tubuh dan mengandung banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Sejarah

Pada kenyataannya zaman dahulu di negeri barat bawang putih memang tidak populer, hanya beberapa negara yang masakannya memakai bahan dari bawang putih, sebut saja India dan Italia. Berbeda halnya dengan Inggris dan Amerika bawang putih hanya dilihat sebagai ramuan kelas bawah dan ditolak untuk menggunakannya. Bawang putih tidak selalu dilihat positif di negara mereka, mungkin karena bawang putih hanya dikenal sebagai pengusir vampir :D. Tapi seiring perkembangan zaman, bawang putih sekarang banyak digunakan pada bahan makanan yang berbeda dan dapat ditemukan dalam berbagai hidangan di seluruh dunia.

Manfaat dari Bawang Putih

Mari kita simak beberapa manfaat dari bawang putih yang berhasil BlogEkstra rangkum dari beberapa sumber.

Menghangatkan Tubuh
Karena kaya akan oksidan, bawang putih dapat mencegah dari penyakit flu, seperti pilek dan lain-lain. Jika gejala sudah datang, menambahkan bawang putih pada makanan dapat meningkatkan ketahanan tubuh dari serangan flu dan dapat menghangatkan tubuh.

Mengatur Gula Darah
Bawang putih alami dapat membantu produksi insulin dalam tubuh, sehingga peran bawang putih sangat membantu kadar gula darah pada penderita diabetes.

Mengurangi Jerawat
Manfaat dari bawang putih lainnya adalah baik untuk kesehatan secara internal, contohnya menggosok potongan bawang putih pada kulit dapat mengurangi bahkan membersihkan dari jerawat. Untuk hasil yang baik, ini bisa dilakukan sebelum tidur dan mencucinya di pagi hari

Pertumbuhan bagi rambut
Selain itu, manfaat dari bawang putih ini adalah dapat meningkatkan pertumbuhan rambut di tempat rambut yang rontok pada kulit kepala. Ini dapat dilakukan dengan cara memeras beberapa ekstrak bawang putih pada kepala dan pijat dengan lembut.

Pengobatan Psoriasis ( Gangguan Kulit )
Karena sifat Anti-Inflamasi, menggosok bawang putih pada kulit yang terkena psoriasis dapat terobati atau mengurangi gejala pada penderita. Jika hal ini dilakukan terus-menerus, bawang putih dapat mengurangi penyakit yang parah dan frekuensi wabah yang menyebar.

Mengurangi Gejala Sakit Gigi
Tempatkan potongan bawang putih langsung pada gigi yang sakit dapat membantu mengurasi rasa sakit gigi.

Melawan Alergi
Manfaat dari bawang putih dapat membantu meringankan atau melawan alergi, terutama bila mempengaruhi saluran pernapasan. Bawang putih juga dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pernapasan dan meringankan pada daerah yg terkena dampak iritasi.

Penulis: Rian Herdiana

Foto Profil dari Rian Herdiana

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...