Kesehatan / Wawasan / 6 Manfaat Cokelat Hitam yang Mungkin Anda Tidak Tahu

6 Manfaat Cokelat Hitam yang Mungkin Anda Tidak Tahu

Cokelat hitam tentu makanan lezat yang pasti kita sudah tahu. Manfaat cokelat hitam ini selain mempunyai rasa yang enak juga banyak khasiat berikut :

Manfaat_Cokelat_Hitam

Cokelat Hitam Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu dari studi pertama untuk menyoroti manfaat cokelat hitam keluar pada tahun 2003 dan menurut laporan bahwa mengonsumsi cokelat hitam setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah pada orang dengan angka yang cukup tinggi. Penelitian dari Jerman memiliki peserta makan 100 gram cokelat hitam setiap hari selama dua minggu dan menemukan penurunan rata-rata 5 poin tekanan darah sistolik dan diastolik dua poin dan Penelitian lain telah menunjukkan bahwa makan cokelat hitam dapat meningkatkan aliran darah,

Cokelat Hitam Baik untuk Jantung

Makan cokelat hitam secara teratur dapat membantu mengurangi penumpukan plak di arteri, mengurangi risiko penyakit jantung  lebih dari 50 persen, dan bahkan mengurangi risiko kematian akibat penyakit tekanan darah yang tinggi pada orang tua selama bertahun-tahun.
Ini masuk akal karena kemampuan cokelat hitam menurunkan tekanan darah dan menurunkan tingkat kolesterol jahat.

Cokelat hitam dengan Penuh Antioksidan

Antioksidan adalah cara yang ampuh untuk melindungi tubuh dari efek penuaan hanya dengan mengonsumsi makanan sehat, dan cokelat hitam. Para peneliti menemukan bahwa orang yang makan cokelat hitam memiliki antioksidan lebih banyak dalam aliran darah mereka daripada orang yang makan coklat susu, atau yang memakan cokelat hitam dengan susu.

Lezat dan Bergizi

Ada banyak nutrisi sehat dalam cokelat hitam yang dapat membantu memenuhi syarat sebagai pilihan yang sehat.
Satu ons cokelat hitam memiliki 2 gram serat dan merupakan sumber zat besi, magnesium, tembaga dan memiliki 1,4 gram protein.

Membuat Anda Merasa Lebih Baik

Saya mungkin tidak perlu memberitahu Anda bahwa ada disaat kita sedang berada pada di hari yang berat, mungkin dengan makan sedikit cokelat hitam membuat Anda merasa lebih baik, tapi ada dasar ilmiah untuk meningkatkan itu. Sebuah kimia dalam cokelat hitam yaitu phenylethylamine, meningkatkan endorfin dan membuat kita merasa mirip dengan perasaan jatuh cinta.

Jumlah kecil kafein dalam cokelat hitam dapat memberikan dorongan mental, juga membuat kita merasa lebih fokus. Antioksidan dalam cokelat hitam dapat mengurangi perasaan stress dan pelepasan hormon stress, yang dapat membuat kulit Anda terlihat lebih baik serta Hormon stres dapat memecah kolagen di kulit. Flavanols dalam Cokelat hitam juga dapat membuat kulit lebih sehat, meningkatkan aliran darah ke kulit, dan melindungi terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

Bisa Jadi Makanan Otak

Manfaat Makan cokelat hitam juga menunjukkan peningkatan aliran darah ke otak, yang dapat membuat kita lebih tajam dan mengurangi efek penuaan pada otak. Sekali lagi, kafein dapat membantu meningkatkan kekuatan otak ketika makan cokelat.

Penulis: Rian Herdiana

Foto Profil dari Rian Herdiana

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...