Kesehatan / Diet / Tips Tetap Sehat Mengkonsumsi Daging

Tips Tetap Sehat Mengkonsumsi Daging

Tips Tetap Sehat Mengkonsumsi Daging – Belovers, Hari Raya Idul Adha tinggal menghitung hari. Biasanya di hari istimewa ini akan berlimpah hidangan daging, baik daging sapi maupun kambing. Bagaimana caranya agar bisa menikmati berbagai hidangan serba daging tanpa khawatir kesehatan, efek terhadap penyakit jantung misalnya? Berikut saya tuliskan tips-tipsnya untuk Anda.

 Tetap Sehat Mengkonsumsi Daging

Sumber Gambar: chefmom.sheknows.com

Selektif

Sebaiknya tetap selektif memilih, bagian mana yang hendak kita konsumsi. Hindari bagian jerohan (organ dalam), seperti hati, juga termasuk otak. Hindari pula bagian yang berlemak. Pisahkan daging dengan lemaknya. Masak hanya bagian daging yang baik, bukan yang berlemak.

Cara Memasak

Cara memasak juga sangat penting, dan menentukan akankah bahan baku daging dapat menjadi sajian sehat atau justru membawa bahaya yang mengintai kesehatan kita. berikut ini beberpa cara memasak yang sehat:

Jika ingin sajian panggang, panggang dengan api kecil jangan sampai menimbulkan bagian yang gosong/hitam berlebihan

Sedapat mungkin jangan menambahkan jumlah lemak lagi dengan mengolah dengan cara di goreng atau digulai dengan banyak santan

Jika masih ingin yang bersantan, pastikan menambahkan santan sesaat sebelum masakan diangkat. Jadi, santan hanya dimasak sebentar saja.

Bahan yang berasa asam sering dipandang cocok dikombinasikan dengan daging-dagingan, misalnya nanas atau tomat. Secara kuliner mungkin memang benar dan dianggap serasi, namun tidak demikian di pencernaan Anda.

Sandingkan Dengan Sayur

Sayuran segar mentah, misalnya lalapan atau salad adalah teman makan daging paling ideal. Sifat mudah cerna dari sayur mentah akan mengimbangi beratnya mencena daging.  Buatlah salad sayuran, jangan salad buah atau salad buah campur sayur. Gunakan dressing dari lemon / jeruk nipis dan olive oil, jangan gunakan dressing mayones.

Pastikan untuk tidak atau seminim mungkin menyantap daging bersama nasi, roti, atau karbohidrat lain. Enzym yang mencerna daging dan karbo adalah berbeda dan membutuhkan lingkungan yang berbeda juga untuk bekerja optimal.

Kunyah-kunyah

Pastikan ANda mengunyah dengan sempurna. Setidaknya hidangan daging dikunyah 30 kali, atau jika Anda malas menghitung, pastikan makanan Anda sudah terkunyah hingga menyerupai bubur lembut, barulah ditelan.

Atur  Jumlah Dan Waktu Minim

Cukup minum air putih memang penting, terutama saat Anda mengasup banyak protein hewani. Minum minimal 2,5 L air sehari, tapi pastikan di waktu yang tepat. satu jam sebelum atau dua jam setelah makan adalah waktu yg tepat untuk minum. Hindari minum terlalu banyak begitu selesai makan. Minum tak lebih dari setengah gelas saja sesudah makan. Apalagi minum di sela-sela makan, BIG NO! Hindari pula minum jus buah, syrup atau softdrink dan minuman manis lainnya pasca menyantap hidangan daging-dagingan, agar tak makin mengacaukan pencernaan Anda.

 Jus Sayur

Jus sayur dapat anda konsumsi satu jam sebelum makan atau sekitar dua jam setelah makan. Buatlah jus dari beberapa jenis sayur segar, jangan campur dengan buah. Tak perlu pula tambahkan es, gula, madu atau susu. Cara meminum jus yang benar adalah seteguk demi seteguk, kulum dahulu dalam mulut, baru telan.

 Air Jahe

Jika perut masih terasa sebah atau tak nyaman, cobalah buat booster untukpencernaan Anda. Geprek dua jari jahe, siram air panas. Biarkan hingga hangat, baru minum. Minuman herbal ini akan membantu menyamankan pencernaan Anda. Ingat, tanpa tambahan gula, ya.

Tetap Batasi

Konsumsi daging tetap dalam porsi sewajarnya, jangan sampai kekenyangan. Ingat, segala sesuatu yang berlebihan pasti membawa efek kurang menguntungkan.

Demikian tips tetap sehat mengkonsumsi daging. Selamat mencoba dan selamat menyongsong Idul Adha, belovers!

Foto Profil dari widyanti yuliandari
Independent Product Consultant Sebuah Produk Kesehatan, Food Combiner, pecinta buah dan sayur lokal --- terapikanker.net | Fanpage Cara Sehat & Cantik Alami

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...