Kesehatan / Kecantikan / Tips Tetap Cantik dan Bugar Selama Puasa

Tips Tetap Cantik dan Bugar Selama Puasa

Perubahan waktu makan, serta berkurangnya waktu tidur selama bulan puasa sering pula menimbulkan perubahan pada tubuh yang mempengaruhi kecantikan. Kulit kusam, kering dan bibir pecah-pecah sering menjadi keluhan selama berpuasa. Nah, sebenarnya hal itu bisa dicegah, asal Anda tahu caranya. 

lady

Awali dari dalam

Apa yang tampak diluar adalah cerminan yang terjadi di dalam. Jadi, jika kulit Anda kering, boleh jadi Anda kekurangan asupan air atau zat lainnya. Mengatasinya juga dari dalam, dong.

Pertama, pastikan Anda tetap mencukupi kebutuhan air saat berbuka, selama malam hari, hingga sahur. Atur strategi mengonsumsi air dengan bertahap, agar dapat tercukupi kebutuhan air Anda tanpa harus merasakan perut begah dan akibat kebanyakan minum.

Awali acara berbuka dengan satu atau dua gelas air putih berkualitas. Jangan air dingin/es ya! Air dengan suhu ruang atau suam kuku saja. Minum lagi segelas seusai magrib. Ingat, jangan minum terlalu banyak sesaat setelah makan. Sukup setengah gelas saja, agar tak membuat perut terasa penuh dan mengacaukan pencernaan.

 waterandlemonMinum satu atau dua gelas begitu selesai beribadah sholat tarawih, lalu satu gelas lagi menjelang tidur. Satu sampai dua gelas sebelum makan sahur dan satu atau dua gelas lagi menjelang imsyak. Nah, coba hitung, dengan cara ini kebutuhan air Anda setidaknya 8 gelas akan tercukupi.

Kedua, makan lebih banyak buah dan sayur dengan cara benar. Ingat, dengan cara yang benar! Maksudnya, buah sebaiknya dimakan saat perut kosong. Jadi buah ideal dijadikan menu pembuka buka puasa dan sahur, bukan sebagai penutup. Sedangkan sayuran,konsumsi dengan pengolahan sekadarnya saja, jangan terlalu lama memasaknya. Biasakan menyisipkan lalapan atau sayuran menta dalam menu Anda. Misalkan beberapa iris tomat, selada atau mentimun. Buah dan sayur segar memberi Anda limpahan enzym berdaya hidup tinggi.

Ketiga, hindari sebisa mungkin, kopi-teh, mereka ini hanya akan membuat Anda makin dehidrasi. Sedapatnya batasi softdrink, sirup atau minuman berpemanis gula lainnya. Jika menginginkan minuman manis, dapatkan dari sumber alami, misal jus jeruk (tanpa tambahan gula/susu/yogurt), air kelapa (tanpa syrup).

Lindungi dan Lembabkan

Seusai mandi atau mencuci tangan, segera usapkan body lotion, ini untuk mencegah kelembaban alami tubuh menguap ke luar. Begitu pula dengan wajah, segera ulaskan pelembab  seusai mandi.

Untuk bibir, selalu kenakan pelembab bibir atau lip balm. Jangan biasakan membasahi bibir dengan menjilatinya, ini akan membuat bibir makin mudah kering dan pecah-pecah.

Cantik Seutuhnya

Perbanyak kesempatan untuk mendekatkan diri pada Tuhan. Gunakan pula kesempatan di bulan baik ini untuk berbagi dan berbuat baik pada sesama. Kecantikan akan lebih memancar dari dalam dari pribadi yang cantik pula.

Lebih banyaklah tersenyum, karena selain merupakan ibadah, senyum juga akan melatih otot serta memperlancar peredaran dara di sekitar wajah. Karenanya, Anda akan lebih terlihat fresh dan awet muda.

Hah, selamat mencoba, dan selamat menjalani sisa Ramadhan tahun ini. Semoga Ibadah kita diterima Allah SWT dan tetap sehat cantik bersinar senantiasa!

Gambar: Thinkstock

Foto Profil dari widyanti yuliandari
Independent Product Consultant Sebuah Produk Kesehatan, Food Combiner, pecinta buah dan sayur lokal --- terapikanker.net | Fanpage Cara Sehat & Cantik Alami

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...