Kesehatan / Remaja / Tips Menyembuhkan Jerawat Secara Alami

Tips Menyembuhkan Jerawat Secara Alami

Menyembuhkan jerawat secara alami – Siapa tak kenal jerawat? Masalah kulit yang sekilas nampak remeh namun cukup menjengkelkan. Apalagi jika jerawat yang muncul cukup parah atau berkepanjangan, kondisi ini bahkan mampu menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Jerawat Yang Menjengkelkan-Gambar:Sutterstock.com

Jerawat Yang Menjengkelkan-Gambar:Sutterstock.com

Banyak perawatan khusus jerawat beredar di pasaran, namun bagaimana jika produk tersebut tak kunjung membuahkan hasil? Terkadang, jerawat tak sekedar masalah kulit. Ilmu pengobatan Cina kuno bahkan memetakan posisi jerawat dan mengaitkannya dengan penyakit tertentu.

Nah,untuk kasus jerawat membandel selain memperhatikan kebersihan kulit dan metabolisme tubuh coba tips menyembuhkan jerawat secara alami berikut.

1.Kebersihan kulit wajah

Kebersihan kulit sangat mutlak diperhatikan jikaingin wajah bebas jerawat. Namun, penting untuk diingat, jangan membersihkan berlebihan. Cukup bersihkan wajah sesuai anjuran pada produk, misalnya 2 kali dalam sehari. Terlalu berlebihan membersihkan wajah malah akan membuat kulit Anda mudah iritasi, dan juga makin mudah berjerawat.

 2. Beri Perhatian Pada Rambut

Rambut berhubungan langsung dengan wajah. Jika Anda sedang berjerawat hindari poni atau model yang menutup sebagian wajah. Juga, jagalah kebersihan rambut Anda dengan keramas secara teratur. Hindari pula kosmetik atau produk perawatan rambut yang berminyak.

3. Sekali, lagi kebersihan!

Jika wajah dan rambut sudah bersih, sekarang pastikan pula kebersihan benda-benda yang mungkin berkontak langsung dengan wajah. Bersihkan telepon seluler secara teratur dengan sedikit alkohol, juga sering-seringlah mencuci handuk, sarung bantal dan benda lain yang menempel dengan wajah.

4. Cek Produk Skincare dan Make-Up

Gunakan produk-produk yang sesuai dengan kondisi kulit. Jika mau Anda bisa memakai produk-produk Acne Prone atau Acne series, atau apapun istilahnya yang diformulasikan khusus kulit berjerawat. Selama berjerawat, apalagi parah, batasi penggunaan make-up yang berlebihan.

5. Konsumsi Buah dan sayur

Limpahi menu harian Anda dengan buah dan sayuran segar. Cara terbaik makan buah adalah pada saat perut kosong. Variasikan berbagai buah dan sayur setiap harinya, agar tubuh tercukupi seluruh kebutuhannya.

6. Batasi Terigu dan Makanan Manis

Batasi makanan yang berasal dari terigu, semisal kue-kue, cake, cookies, mie, dan sebagainya. Hindari pula makanan manis, kecuali manis alami yang berupa buah.

 7. Batas Gorengan

Anda juga perlu membatai makanan yang digoreng. Hindari dulu aneka keripik. Variasikan menu dengan teknik kukus,panggang, rebus.

8. Cukup Air Putih

Minumlah cukup air putih berkualitas. Dua hingga tiga liter air perhari akan mendukung kesehatan tubuh Anda secara umum.

9. Olah Raga

Olah raga membuat Anda berkeringat, yang berarti juga melancarkan terbuangnya toksin-toksin dalam tubuh. Berolahragalah dengan teratur. Tak harus tiap hari, 2-3 kali dalam seminggu sudah baik, asal konsisten.

Selamat mencoba tips menyembuhkan jerawat secara alami ini dan segera ucapkan selamat tinggal pada jerawat.

Foto Profil dari widyanti yuliandari
Independent Product Consultant Sebuah Produk Kesehatan, Food Combiner, pecinta buah dan sayur lokal --- terapikanker.net | Fanpage Cara Sehat & Cantik Alami

2 comments

  1. dulu saya sering jerawatan, tp seiring bertambah usia ilang sendiri ya mak ? cm bekasnya aja nih yang susah ilang hehe

  2. Foto Profil dari widyanti yuliandari

    iya mbak susan, jerawat remaja ya, terkait hormonal kali. tetapi ada juga yang sampai dewasa juga masih berjerawat :)

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...