Kesehatan / Diet / Puasa Ala Food Combining: Berpuasa Sehat Dan Bersahaja

Puasa Ala Food Combining: Berpuasa Sehat Dan Bersahaja

 

Food combining mulai menjadi trend belakangan ini. Terbukti di jejaring sosial Facebook, sebuah group yang mewadahi para pelaku pola makan sehat ini, semakin membengkak saja jumlah anggotanya. Sejak diluncurkan pada bulan Februari lalu, grup tersebut kini sudah beranggotakan lebih dari delapan belas ribu member.

Gambar: Shutterstock

Gambar: Shutterstock

Kaum food combiner, sebutan bagi pelaku pola makan food combining, dalam bulan Ramadhan ini juga berpuasa dengan pengaturan makan yang khusus. Sedikit berbeda dengan yang kerap dilakukan masyarakat kebanyakan. Bahkan ada yang menyebut mereka adalah penganut pola makan anti mainstream.

 

Sekilas Konsep Food Combining

Food combining sebenarnya bukanlah pola yang sama sekali baru. Pola ini menyerupai kebiasaan Suku Esseni Kuno. Mereka bermukim di daerah palestina pada 2000-3000 tahun lalu. Orang-orang Esseni ini memiliki kebiasaan makan yang khusus, misalnya, mereka tidak menggabungkan roti dan daging dalam  waktu makan yang bersamaan.

Pola makan food combining merupakan cara pengaturan makanan berdasarkan apa yang dibutuhkan tubuh. Pola ini juga mengacu pada irama sirkadian dan sangat memperhatikan kesetimbangan asam basa tubuh. Tujuannya adalah tercapainya kondisi homeostatis. Yaitu kondisi tubuh dimana semua organ dan semua sistem dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Sahur Eksklusif Buah

Bagaimana seorang food combiner mengatur pola makannya selama bulan puasa? Dimulai dari sahur. Sahur dipandang sebagai sesuatu yang sangat krusial dalam mempersiapkan energi selama berpuasa. Kuncinya bukan pada seberapa banyak Anda makan, tetapi seberapa tepat Anda mengatur makanan Anda.

stock-photo-fruit-salad-in-take-away-cup-on-white-background-142841029

Sahur dalam food combining dipandang sama sebagai sarapan, sarapan yang terlalu pagi, demikian kira-kira. Mengacu pada irama sirkadian, waktu sahur berada antara fase serap dan fase buang. Artinya? Saat itu tubuh mengkonsentrasikan sebagian besar energinya untuk kedua proses tersebut.

Sehingga, seyogianya dipilih makanan yang paling hemat energi untuk proses cernanya. Sama seperti saat sarapan, buah-buahan adalah bahan makanan yang dipandang paling tepat. Buah, mengandung fruktosa yang mudah siap segera memasok energi. Tanpa menghabiskan banyak energi untuk mencernanya. Manfaatnya, badan menjadi lebih bugar dan tidak lemas saat berpuasa.

Nah, awali sahur dengan segelas air jeruk nipis hangat. Ini adalah upaya untuk memberikan tonik bagi liver yang sudah lelah semalaman bekerja keras melakukan detoksifikasi. Lebih lanjut tentang bagaimana cara membuat dan mengkonsumsi jeruk nipis peras ini dapat Anda baca di sini:

Beri jeda sejenak lalu lanjutkan dengan menikmati buah-buahan segar, sebagaimana layaknya sarapan food combining. Idealnya jika Anda dapat mengusahakan setidaknya 2-3 jenis buah berbeda warna, agar semua kebutuhan tubuh Anda tercukupi. Misalnya, pisang, jeruk dan strawberry.

Nah, jika Anda belum percaya diri untuk sahur eksklusif buah (sahur dengan buah saja), lanjutkan dengan menu pati. Yakni, nasi (nasi putih, nasi merah, nasi hitam, dsb) dengan sayuran dan lauk nabati. Jangan menggabungkan dengan protein hewani.

Berbuka Jangan Asal Manis

Banyak orang menafsirkan berbuka harus dengan yang manis.pendapat tersebut tak sepenuhnya benar. Manisnya takjil yang biasa tersebia saat Ramadhan, seperti kolak, es teler, es pisang ijo, dsb, memang dapat membangkitkan energi seketika. Akan tetapi, karena proses cernanya butuh energi besar, maka sesudahnya bisanya akan menyebabkan rasa lemas atau lelah. Apalagi jika Anda menyantapnya dengan kalap, dalam porsi besar.

Jadi, manisnya buahlah yang tepat untuk membatalkan puasa kita. Jangan lupa, awali dengan air putih. Bukan teh, syrup atau minuman bersoda dan minuman berpemanis lainnya. Selama bulan puasa, hindarilah the kopi dan minuman berkafein lainnya. Karena dapat menyebabkan tubuh makin dehidrasi.

Seusai magrib Anda bisa lanjutkan dengan makanan utama. Makan nasi atau karbohidrat lain dengan banyak sayur dan lauk nabati. Lebih utama jika ada sayuran segar.mentahnya juga. Food combining tidak mengijinkan makan karbohidrat dan protein hewani dalam waktu yang bersamaan.

Jika Anda menginginkan lauk hewani, maka makanlah tanpa nasi atau karbohidrat lainnya. makanlah daging dengan banyak-banyak sayuran utamanya sayuran segar/mentah. Namun sebaiknya selama bulan puasa, batasi daging-dagingan karena jenis makanan ini membutuhkan energi yang besar untuk mencernanya. Hasil metabolismenyapun rawan menghasilkan sel cacat.

Bagaimana, Anda berminat mencoba gaya berpuasa para food combiner? Saya sudah mencobanya selama tiga kali Ramadhan. And trust me it works!  :-P

Foto Profil dari widyanti yuliandari
Independent Product Consultant Sebuah Produk Kesehatan, Food Combiner, pecinta buah dan sayur lokal --- terapikanker.net | Fanpage Cara Sehat & Cantik Alami

11 comments

  1. Jeng,sdh bbrp bulan ini, mgkn 4 bulanan aq mulai food combining, and….Alhamdulillah badan lbh ringan. Selama puasa ini jg aq sahur hny buah2 an,buka jg dg buah2an, dan selama 4 bln ini jg aq sdkt sekali mkn nasi,itupun di siang hr saja.
    Thanks 4 your inspiration

  2. Saya punya maag parah Mak, tiap sahur perut susah nerima makanan, bawaan eneg mual.. pengen coba FC pas sahur tapi tampak gak tahan godaan pas buka, hehe.. Tiap sahur buahnya seberapa banyak, Mak? Thanks for sharing :)

    • Foto Profil dari widyanti yuliandari

      Mbak Andina, poin pentingnya ada 2 saja sebenarnya: cara makan dan pemilihan buah. Untuk buahnya,pilih yang manis,berserat dan berair. Untuk perut yang sensitif, seandainya makan semangka atau melon, jangan dicampur dengan buah lainnya. Kedua, cara makannya, makan perlahan kunyah 30-70 kali. Biasanya kalau perut sensitif itu bermasalah kalau kurang kunyahannya.

  3. Foto Profil dari widyanti yuliandari

    Oiya Mbak Andina, ada yg kelupaan. Masalah porsi, sekenyangnya saja ya. Sekiranya dirasa perut sudah terganjal dengan nyaman, berhentilah. Kalau saya kadang hanya sebuah jeruk manis sama sebuah pisang udah merasa kenyang. tergantung keadaan juga sih :)

  4. alhamdulillah dibadan enak rasanya,semoga selalu sehat :D
    salam kenal mbk

  5. Foto Profil dari widyanti yuliandari

    SAlam Kenal kembali Mbak HM Zwan :) Wah…sesama FC-er nih. Aamiin..aamiin smoga sehat juga ya Mbak :)

  6. Sip saya setuju mba, Berbuka Jangan Asal Manis , harus di awali dengan air putih, rosululah aja kan sudah menyarankan dgn air putih dahulu hehe

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...