Kesehatan / Diet / Mengenal Food Combining, Diet Enak Anti Lapar

Mengenal Food Combining, Diet Enak Anti Lapar

Food Combining – Diet biasanya identik dengan mengurangi makan, atau juga berpantang makan makanan tertentu. Maka wajar kalau kemudian diet dianggap menyiksa. Membuat pelakunya tak dapat makan enak dan kenyang.

Tapi pernahkah Anda tahu, ada pola diet yang sama-sekali tak menganjurkan pengikutnya berlapar-lapar ria? Kecuali saat berpuasa tentunya. Sudah tahu Food combining? Nah, pola makan inilah yang disebut-sebut diet enak anti lapar. Bahkan banyak pelakunya yang menyebut FC atau Food Combining sama sekali bukan diet, karena pelakunya masih bisa makan enak dan kenyang namun mendapatkan tubuh jauh lebih sehat dan bonus berupa tubuh langsing. Bahkan banyak pelaku food combining mengaku dapat terbebas dari penyakit tertentu dengan bantuan pola makan yang sedang ngetrend ini.

Nah, apa dan bagaimana sih Food Combining itu?

Food combining adalah cara pengaturan makan dengan tujuan utama tercapainya kondisi homeostastis tubuh. Kondisi homeostatis yang salah satunya ditandai dengan pH tubuh yang cenderung netral sedikit ke arah basa. Nah pada kondisi inilah seluruh fungsi tubuh berjalan optimal.

Gambar:Shutterstock.com

Gambar:Shutterstock.com

 

Bagaimana cara makan mengikuti pola food combining? Sederhananya, seperti ini tips diet sehat, ala food combining:

1. Bangun Tidur

Jeruk nipis peras dengan air hangat, adalah minuman pembuka hari bagi seorang food combiner (penganut pola makan FC). Selain berfungsi sebagai tonik liver, minuman ini juga memberi rasa segar dan membangkitan semangat di pagi hari.

2. Sarapan Buah

Setelah berjeda beberapa saat dari air jeruk nipis, tibalah saat sarapan pagi. Kaum food combiner mengutamakan sarapan buah. Buah dipandang menu sarapan terbaik, karena sangat mudah dicerna.

Pagi hari, sesuai irama sirkadian tubuh memasuki fase buang. Pada fase ini, energi diprioritaskan untuk membuang sisa metabolisme, jadi tak seharusnya tubuh “diberatkan dengan makanan yang susah dicerna.

 Buah dikonsumsi begitu saja sebagai buah potong atau diproses menjadi jus, smoothie dan sebagainya, asalkan tak ditambahkan bahan-bahan lain. Jadi konsepnya adalah sarapan buah secara eksklusif.

 Pilih buah yang manis, berserat, dan berair. Jangan lupa pilih pula buah yang matang dengan sempurna. Jangan pilih buah nangka, durian dan cempedak

3. Makan Siang dan Makan Malam

Kalau sarapannya sudah dengan buah, bagaimana menu makan siang dan malamnya? Boleh apa saja, hanya ingat rumus pentingnya. Jika Anda memilih makan dengan protein hewani, maka jangan sandingkan dengan nasi atau karbohidrat lain.

 Alasannya? Keduanya membutuhkan enzim cerna yang bekerja dalam suasana berbeda. Jadi mengkonsumsi protein hewani dan karbohidrat bersamaan akan “mengacaukan” pencernaan kita. Jadi protein hewani dimakan bersama dengan sayur-sayuran saja, utamanya sayur segar atau mentah, misalnya salad.

 Lalu, bagaimana kalau ingin makan karbodrat? Boleh saja, asal temani dengan protein nabati contohnya tahu dan tempe atau berbagai kacang-kacangan dan polong-polongan, dan tetap ditemani sayur-sayuran.

4. Makan Dengan tertib

Agar pengaturan makanan yang telah dilakukan itu berjalan optimal, biasanya kaum food combiner juga memperhatikan tata tertib makan. Misalnya, makan harus dengan duduk tenang. Dalam posisi tersebut, organ-organ cerna dinilai berada dalam kondisi siap untuk melaksanakan fungsinya.

Masalah kunyahan juga sering mendapat perhatian. Dianjurkan mengunyah hingga 30-70 kali. Jika tak ingin menghitung, pastikan makanan yang Anda kunyah sudah dalam bentuk lembut seperti bubur saat ditelan.

5. Boleh Makan Sekenyangnya

Inilah hal sangat menyenangkan dari food combining. Penganut food combining tak perlu takaran atau timbangan untuk makanan yang diasup. Mereka dianjurkan makan sampai cukup kenyang. Kenyang disini maksudnya rasa kenyang yang nyaman di perut, atau rasa kenyang yang wajar.

Nah, Anda ingin lebih sehat dan langsing dengan cara yang nyaman? Silahkan mencoba food combining.

Referensi:

Andang Gunawan, Food Combining, Pola Makan Untuk Sehat dan Langsing, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta 2009

Marsden , Kathryn, The Complete Book of Food Combining, Qanita, Bandung, 2008

Erikar Lebang, Food Combining Itu Gampang, Qanita, Bandung, 2013

Foto Profil dari widyanti yuliandari
Independent Product Consultant Sebuah Produk Kesehatan, Food Combiner, pecinta buah dan sayur lokal --- terapikanker.net | Fanpage Cara Sehat & Cantik Alami

17 comments

  1. Good article…. musti dicoba nich kayaknya…. :)

  2. Foto Profil dari widyanti yuliandari

    Yuk mbak cobain, banyak teman FC ers senior yang udah terbukti tetep sehat langsing dan awet muda, lho. Contohnya Bu Andang Gunawan sendiri, pelopor FC di Indonesia:)

    Salam sehat

  3. wahhhh asyikk nih food combiningnya mak :)

  4. Foto Profil dari widyanti yuliandari

    Mbak Irma Senja, hayuu nge-FC yuukk sehat bugar dan langsing dengan mudah :)

  5. saya baru mau nyoba…tp blm bisa konsisten…pagi2 sih udah minum jeniper..tp ga lanjut buah…makan siangnya jg blm ikutan sesuai aturan FC..mungkin hrs pelan2 n bertahap ya..TFS mak

  6. Saya sudah pernah coba dan memang terbukti bikin badan lebih enak, segar dan ngga mudah lelah. Mampir yuk Mak http://www.rumahmemez.com

  7. waduh, kalau aku sarapan buah apa gka cepat lapar ya, sarapan diubah pakai roti saja ,perutnya berontak, cepat laper lagi

    • Foto Profil dari widyanti yuliandari

      Wah, terimakasih Bunda Tira. DIkomen Bunda saya baru ingat menambahkan aturan : makan buah itu repetitif. Jadi, boleh diulang beberapa kali setiap merasa lapar.Pkoknya hingga 1 jam sebelum waktu makan siang, kita mengudap buah saja, dan minum air putih. Tidak ada makanan di luar itu. Terimakasih Bunda Tira:)

  8. menunya sip buat kesehatan ya?
    tetap menarik untuk disantap, kombinasi yang sangat bagus mbak

  9. Bagi penderita sakit maag gimana ya triknya biar ga kambuh bangun tidur minum jeniper..trims

  10. Foto Profil dari Taufiq Firdaus A. Atmadja

    Rasul saja melazimkan food combining :)

  11. apakah sarapan buah di kombinasi dengan cereal dan susu, termasuk FC, mba?
    trim’s

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...