Kesehatan / Kecantikan / Inilah 10 Kesalahan Merawat Kulit

Inilah 10 Kesalahan Merawat Kulit

Kulit yang sehat adalah awal penampilan yang cantik. Berbagai cara dilakukan, terutama oleh kaum perempuan untuk mendapatkan kulit sehat, cantik dan awet muda. Namun, ternyata pada beberapa kesalahan yang sekilas remeh, akan tetapi cukup mengganggu lho dalam upaya mendapatkan kulit cantik.

Nah, yuk kenali ke-sepuluh kesalahan merawat kulit tersebut.

Gambar : Shutterstock

Gambar : Shutterstock

1.      Mengabaikan Kebersihan

Kebersihan adalah  tahapan penting dalam perawatan kulit. Kulit yang bersih, selain membuat jerawat enggan mampir, juga memiliki banyak keuntungan lain. Make-up  akan menempel lebih sempurna pada wajah yang bersih. Kulit bersih juga awal yang baik untuk kulit yang lebih segar dan wajah awet muda, karena dalam kondisi bersih kulit lebih baik dalam menyerap nutrisi.

Namun, ternyata masih banyak lho, orang yang mengabaikan atau melupakan ritual membersihkan wajah ini. Mungkin karena kelelahan beraktifitas seharian, sehingga tahapan penting ini justru terlewatkan.

 

2.      Tidak Memakai Tabir Surya

Banyak orang berpikir, penggunaan tabir surya tidak terlalu penting. Maka banyak yang melewatkannya. Atau mungkin juga pikiran bahwa mereka lebih banyak beraktifitas di dalam ruangan, sehingga penggunaan tabir surya akhirnya dianggap tidak pentting.

Faktanya? Tabir surya sangat penting untuk mencegah kerusakan kulit akibat bahaya sinar matahari, baik akibat UVA maupun UVB. Bahkan Anda yang lebih sering berada dalam ruangpun tetap membutuhkan tabir surya.

 

3.      Tidak Menggunakan Pelembab

Khususnya orang-orang dengan kulit berminyak sering menganggap penggunaan pelembab bukanlah hal penting. Bahkan, banyak juga yang berpendapat, penggunaan pelembab makin membuat kulit berminyak dan ujung-ujungnya akan mengganggu penampilan.

Padahal semua jenis kulit tetap membutuhkan pelembab untuk mempertahankan kelembaban kulitnya. Bahkan terkadang, kulit berminyakpun sebenarnya tidak cukup lembab.

Pastikan saja Anda menggunakan pelembab dengan jenis yang tepat. Pelembab berbahan dasar air atau waterbased biasanya adalah jenis yang dianjurkan untuk kulit berminyak.

 

4.      Menggunakan Sembarang Kosmetik

Keinginan untuk selalu tampil cantik, terkadang membuat kaum perempuan abai dengan keselamatan dirinya. Misalnya, penggunaan skincare dengan embel-embel whitening yang celakanya produk ilegal atau abal-abal.

Alih-alih cantik, justru kesehatan kulit bahkan organ dalam yang sedang kita pertaruhkan. Banyak krim pemutih, juga berbagai produk make-up yang mengandung bahan berbahaya beredar di pasaran. Pilihlah brand terpercaya. Pastikan produk yang Anda pilih telah teregistrasi BPOM.

 

5. Terlalu sering mencuci wajah

Ternyata terlalu sering mencuci wajah dengan sabun juga sama tak baiknya dengan lupa membersihkan wajah. Berlebihan mencuci wajah justru akan membuat kulit kering bahkan iritasi. Kulit yang berjerawat pun tak perlu dicuci terlalu sering.

Cuci wajah 2 atau maksimal 3 kali sehari saja. Gunakan sabun khusus wajah yang lembut  dan jangan berlebihan menggosoknya.

(bersambung…………..)

Foto Profil dari widyanti yuliandari
Independent Product Consultant Sebuah Produk Kesehatan, Food Combiner, pecinta buah dan sayur lokal --- terapikanker.net | Fanpage Cara Sehat & Cantik Alami

2 comments

  1. Harus hati2 dalam merawat tubuh kita ya Jeng
    Jangan sampai ingin cantik dan mengkilat malah jadi amburadul
    Terima kasih tipsnya
    Maskeran dulu ach
    Salam hangat dari Surabaya

  2. Foto Profil dari widyanti yuliandari

    Terimakasih kembali Pakde sudah berkunjung di sini.
    jangan lupa bagian mata ditutup ketimun De. biar ndak kelilipan saat masker kering dan berjatuhan. DAn habis maskeran mata clingg…clingg suwegerrrr …

    Salam hangat :)

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...