Kesehatan / Diet / Cara Makan Buah Dengan Benar

Cara Makan Buah Dengan Benar

Siapa yang tak kenal manfaat buah. Siapapun pasti setuju, bahwa buah bukan hanya terasa segar saat dimakan, namun juga melimpahi tubuh dengan berbagai vitamin, enzim, serat, dan juga air. Buah kaya antioksidan yang dipercaya berperan membuat manusia awet muda dan terhindar dari kanker. Buah juga dapat berfungsi dalam detoksifikasi, membuang racun secara lembut dari dalam tubuh.

Tetapi, bagaimana cara makan buah agar manfaatnya optimal? Coba ikuti tips praktis berikut ini

Sumber Gambar : Shutterstock.

Sumber Gambar : Shutterstock.

Mulai Dengan Memilih – Dapatkan buah organik jika memungkinkan. Jika tidak, pilihlah buah lokal dengan asumsi, jarak tempuh yang pendek membuatnya lebih segar dan tak harus dipoles berbagai bahan kimia pengawet. Selain itu, buah lokal juga lebih murah dan karena tanah di Indonesia terkenal subur, maka kandungan nutrisinya juga lebih baik.

Manis, Berserat Dan Berair – Pilih Buah yang manis, bukan masam, terutama jika dimakan saat sarapan. Pilih yang banyak mengandung air dan berserat.

Matang Namun Jangan Kelewat Matang – pilihlah buah yang cukup matang namun jangan yang matang berlebihan. Pilihlah buah yang berkulit mulus, permukaan tidak ada penyok noda ataupun bintik.

Cuci dan Kupas – Organik maupun non-organik, sebelum dimakan buah harus dicuci. Jika tidak organik, cucilah dengan air mengalir lalu rendam dalam larutan air yang diberi beberapa tetes cuka apel. Sebaiknya, buah non-organik dikupas sebelum dikonsumsi.

Makan Dalam Perut Kosong – Makanlah buah dalam perut kosong, sebagai sarapan pertama di pagi hari, atau dimakan satu jam sebelum makan siang atau makan malam. Berilah jeda sekitar 30 menit hingga satu jam jika ingin makan lainnya setelah makan buah. Buah yang bercampur dengan makanan lain di dalam organ pencernaan bisa mengakibatkan pembusukan dan menyebabkan timbulnya gas dan akan membuat perut sebah.

Kunyah Dengan Baik – Meski ada beberapa jenis buah yang bertekstur lunak dan langsung melumer begitu dikunyah, tetap pastikan Anda mengunyah dengan cukup baik. Kunyah pelan-pelan sebanyak minimal 10 kali, biarkan buah halus dan tersaluti air liur sehingga makin mudah dicerna di perut.

Nah, ternyata sederhana bukan cara mengonsumsi buah agar manfaat sehatnya dapat optimal. Yuukk makan buah!

Foto Profil dari widyanti yuliandari
Independent Product Consultant Sebuah Produk Kesehatan, Food Combiner, pecinta buah dan sayur lokal --- terapikanker.net | Fanpage Cara Sehat & Cantik Alami

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...