Kesehatan / Diet / Cara Diet Sehat

Cara Diet Sehat

Cara Diet Sehat – Apa yang terbayang dalam benak Anda kala mendengar kata “diet” ? Di Indonesia, diet masih lebih lekat dengan pengertian “mengurangi makan” ketimbang pengertian sebenarnya “mengatur makan”. Maka tak heran, seringkali pelaku diet memaknai diet sebagai mengurang makan bahkan menghilangkan satu makan. Dan biasanya diet kemudian dipahami juga sebagai upaya menguruskan/melangsingkan badan.

cara diet sehat

Cara Diet Sehat: Berfokuslah Pada Makanan Segar – Sumber : Vemale.com

Tidak salah memang melakukan upaya-upaya menjadi langsing, namun seyogianya kesehatan tetap menjadi prioritas. Ada banyak kejadian pelaku diet yang mengalami gangguan kesehatan akibat salah menerapkan dietnya.
Berikut ini beberapa hal yang perlu dipahami tentang Cara Diet Sehat

1. Tidak Menghilangkan Salah Satu Waktu Makan
Kecuali Anda sedang berpuasa, jangan sekali-kali menghilangkan salah satu (apalagi lebih) waktu makan yang sudah biasa Anda lakukan. Misalnya, Anda terbiasa makan 3 kali : sarapan, makan siang dan makan malam. Jangan melewatkan waktu sarapan misalnya, dengan harapan asupan yang berkurang akan membuat tubuh susut dengan segera. Berbahaya!

Salah-salah, tubuh Anda kekurangan energi untuk beraktifitas. Lalu yang ada hanya rasa lapar, lemas dan mudah capai bahkan susah berkonsentrasi. Perut yang kelaparan juga rentan membuat Anda kalap pada waktu makan berikutnya. Ini bukan hal yang baik, kan?

Sebagian orang juga melewatkan waktu makan malam dengan pemikiran bahwa, malam hari tubuh tak lagi butuh banyak energi beraktifitas. Inipun bukanlah hal yang baik. Memang benar, malam hari kita tak butuh banyak energi untuk bergerak, tetapi jangan salah, ada proses lain di dalam tubuh yang justru sangat membutuhkan banyak energi. Dalam irama sirkadian tubuh untuk sistem cerna, malam hari adalah saatnya menyerap dan mengedarkan sari-sari makanan ke seluruh tubuh. Nah, fase ini ternyata butuh energi besar. Tidak makan malam akan membuat kita tekor energi dan lemas keesokan harinya.

2. Hati-hati Dengan pembatasan Porsi Yang Ketat
Cara diet sehat selanjutnya adalah: berhati-hati dalam menerapkan diet yang membatasi porsi makan secara ketat. Terutama jika pembatasan itu kemudian membuat Anda mengalami kelapararan yang menyiksa, rasa lemas bahkan kemudian gangguan di pencernaan Anda. Jika itu terjadi, tinjau kembali niata awal Anda diet. Diet untuk langsing? Benarkah Anda akan bahagia dengan tubuh langsing yang sakit-sakitan?

3. Bijaksana Gunakan Produk Diet Pabrikan
Bisnis di bidang pelangsingan ternyata sungguh menarik, buktinya aneka produk dan terapi langsing dijajakan di pasaran. Bolehkah gunakan produk diet pabrikan? Tidak ada larangan memang, namun demi kesehehatan dan keamanan Anda, gunakanlah dengan bijak. Pertama pastikan legalitas dan keamanan produk. Minimal untuk di Indonesia, paling tidak produk tersebut memiliki nomor registrasi BPOM. Bagi Anda yang muslim, sebaiknya juga pastikan produk bersertifikat halal.

Kenali produk, tanyakan kepada seller sejelas-jelasnya tentang produk, kandungnnya dan cara penggunaannya. Jangan lupa pula tanyakan efek sampingnya. Sebaiknya gunakan produk seperlunya saja. jangan sampai produk pabrikan malah menjadi sumber pangan dominan Anda. Bagaimanapun tetap beri prioritas pada makanan segar alami. Jangan lupa juga segera hentikan penggunaan produk jika ada gejala kurang nyaman yang berlebihan.

4. Prioritas Makanan “Bernyawa”
Berfokuslah pada kualitas makanan, bukan kuantitas. Sesedikit apapun yang Anda asup jika itu bukan makanan bermutu, akan kecil manfaatnya bagi kesehatan maupun untuk mendukung program diet Anda.

Pastikan Anda mencukupi kebutuhan buah dan sayur, dan upayakan Anda mengkonsumsinya dalam bentuk segar. Buah dan sayur sedapat-dapatnya dimakan dalam bentuk mendekati kondisi alaminya. Misalnya, jika buah tentu harus dikonsumsi segar, baik sebagai buah potong maupun jus yang dikonsumsi segera setelah disiapkan. Bukan dalam bentuk manisan atau buah kering, misalnya. Boleh saja mengkonsumsi buah kering, kismis atau prune kering misalnya, namun hanya sesekali saja sebagai variasi.

Untuk sayuran, prioritaskan sayuran segar mentah (raw veggies). Anda dapat menyantapnya dalam bentuk salad dengan berbagai variasi dressing, agar tak bosan. Juga bisa Anda nikmati dalam bentuk lalapan dengan beragam sambal kekayaan kuliner nusantara. Beberapa kuliner sayur segar mentah ala Indonesia bisa juga Anda coba, misalnya: trancam, asinan, karedok, dsb.

Nah, beberapa Cara Diet Sehat di atas jika Anda lakukan akan memberi manfaat ganda buat tubuh Anda. Tak hanya langsing, lebih dari itu! Langsing dalam tubuh yang sehat! Menyenangkan bukan?

Foto Profil dari widyanti yuliandari
Independent Product Consultant Sebuah Produk Kesehatan, Food Combiner, pecinta buah dan sayur lokal --- terapikanker.net | Fanpage Cara Sehat & Cantik Alami

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...