Kesehatan / Diet / Awas, Bahaya Salah Diet

Awas, Bahaya Salah Diet

“Sedang diet, ya?”

Pertanyaan tersebut mungkin seringkali terdengar saat seseorang menolak ketika ditawari makan, atau seseorang makan hanya dalam porsi kecil.

Bagi banyak orang, diet identik dengan mengurangi makan, atau bahkan tidak makan pada jam-jam tertentu. Pemahaman seperti ini sebetulnya tak sepenuhnya benar. Masih banyak pemahaman yang salah tentang diet, yang bahkan dapat berujung pada kondisi membahayakan kesehatan pelakunya. Yuk kenali beberapa kesalahan berdiet berikut ini, agar tak salah langkah.

Sumber: Shutterstock.com

Gambar: Shutterstock.com

Tidak Sarapan

Banyak orang memilih melewatkan sarapan dengan alasan diet, ingin langsing! Ini sungguh tidak bijak. Sarapan tak boleh dilewatkan. Tubuh kita memerlukan energi untuk beraktifitas seharian. Dan sarapan adalah sumbernya. Jika Tubuh tak mendapat asupan yang dibutuhkan lewat sarapan, lalu coba pikirkan dari mana ia memperolehnya?

Mengurangi Makan = Diet?

Sangat banyak yang masih mengidentikkan diet dengan mengurangi makan, meski ini konsep yang tak sepenuhnya salah. Namun, cara diet yang jauh lebih sehat adalah dengan mengatur komposis makan dan cara makan, bukan dengan menguranginya apalagi dengan semena-mena.

Diet dengan menakar makanan seringkali memang dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, di sisi lain cara ini bisa menimbulkan rasa lapar dan tersiksa pada pelakunya. Akibat yang justru berbahaya adalah jika kemudian kondisi tak nyaman ini membuat diet tak berkelanjutan.

Berat badan turun drastis lalu naik kembali dengan signifikan, bukanlah sebuah kabar baik bagi kesehatan Anda. Hal yang dikenal dengan fenomena “yoyo diet” ini, bahkan dikabarkan berbahaya bagi jantung Anda.

 Tidak Makan Malam

Melewatkan makan malam, sama berbahayanya dengan melewatkan sarapan. Namun justru masih banyak orang melakukannya. Demikian juga makan malam hanya dengan buah-buahan. Ini bukan cara diet sehat.

Alasannya? Malam hari,  bersamaan saat istirahat, pencernaan melakukan penyerapan besar-besaran. Nah, apa yang akan diserap jika Anda tak makan malam? Lebih-lebih, jika kemudian merasa kelaparan dan justru membuat Anda menyerah dan makan di tengah malam. Wah bisa buyar program diet Anda.

Minum Sembarang Suplemen

Banyak suplemen atau makanan khusus diet yang beredar di pasaran. Jika Anda ingin mengkonsumsinya, pastikan keamanan produknya. Salah satunya dengan menge-cek apakah produk tersebut memiliki nomor registrasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) atau tidak. Jangan mudah percaya klaim ber-BPOM yang disampaikan penjual. Telusuri sendiri kebenarannya dengan mengecek di laman resmi BPOM.

 Juga jangan lupa Anda benar-benar paham cara penggunaannya. Tanyakan informasi tentang penggunaan produk selengkap mungkin pada penjual, agar tak sampai salah mengkonsumsinya.

Nah, Anda sudah siap berdiet? Yang terpenting ber-diet lah dengan cara yang sehat dan aman.

Foto Profil dari widyanti yuliandari
Independent Product Consultant Sebuah Produk Kesehatan, Food Combiner, pecinta buah dan sayur lokal --- terapikanker.net | Fanpage Cara Sehat & Cantik Alami

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...