Kesehatan / Wawasan / Masalah Sampah, Bisa Diatasi Jika Kita Peduli

Masalah Sampah, Bisa Diatasi Jika Kita Peduli

Dari dulu sampai sekarang, yang namanya sampah masih menjadi masalah besar di berbagai daerah. Masalahnya, banyaknya sampah yang berkeliaran pasti akan menjadi hal yang merugikan bagi semua orang. Bau yang menyengat, polusi udara, pencemaran air, atau banjir yang masuk ke pemukiman penduduk, itulah beberapa akibat sampah yang menumpuk di mana-mana.

Harus diakui bahwa seiring pertumbuhan penduduk yang semakin pesat, jumlah sampah yang mereka hasilkan setiap harinya pun semakin meningkat pula. Dan sebagai buktinya, sebagian tempat-tempat pembuangan sampah sudah tidak mampu lagi menampung sampah-sampah warga.

Malahan, bukti yang lebih banyak lagi dapat kita lihat di hampir setiap sudut kota yang tentunya menjadi lahan untuk pembuangan sampah “ilegal”. Padahal, lahan-lahan tersebut bukanlah tempat pembuangan sampah umum melainkan tanah pribadi milik warga sendiri.

Sampah dan Penyelesaiannya

Nah, yang jadi pertanyaan sekarang adalah sampai kapan masalah sampah ini akan terus begini dan menimbulkan berbagai masalah? Jawabannya simpel saja. Sampah ya akan terus menimbulkan masalah jika kita tetap tak peduli.

Kepedulian sangat diperlukan oleh diri kita masing-masing. Jika kita peduli, saya yakin jumlah sampah yang mengotori lingkungan tersebut akan berkurang.

Bagaimana caranya untuk peduli? Berikut tips mengatasi sampah dengan kepedulian

  1. Jangan buang sampah sembarangan

Jika membaca kalimat tersebut, pasti kita akan mengingat di masa lalu saat kita duduk di bangku sekolah dasar. Ya, karena di sekolah dasarlah kalimat tersebut banyak dinasehatkan oleh guru-ruru, dan bahkan slogan itu pun banyak di tempel di dinding-dinding sekolah.

Sekarang yang jadi masalah adalah, kita hanya ingat tapi enggan untuk melakukannya. Makan ice cream di jalan, kulitnya dibuang di jalan itu juga. Makan snack di kampus, pembungkusnya juga kita buang sembarangan. Itu kan sebagai bukti bahwa kita tidak lagi peduli dengan kata-kata “jangan buang sampah sembarangan” tersebut. Bahkan, kita juga tidak peduli lagi dengan kebersihan lingkungan yang seharusnya kita jaga.

Oleh karena itulah hal pertama yang wajib kita tanamkan untuk mengatasi sampah adalah jangan membuang sampah sembarangan. Ingat pesan saya, jika Anda tidak bisa membersihkan lingkungan, paling tidak jangan pernah mengotorinya titik.

  1. Jangan menerima kantong plastik jika belanja hanya sedikit

Saat kita belanja, apakah di kios atau di swalayan misalnya, pastilah penjual akan memberikan kantong plastik untuk membawa barang kita agar lebih mudah. Hal itu wajar dilakukan oleh mereka, sebab mereka ingin memberikan pelayanan dan kenyamanan terbaik untuk kita.

Namun, yang perlu kita ingat adalah semakin banyak kantong plastik yang diberikan kepada kita, pasti semakin menumpuk pula sampah di rumah kita. Dan tentu, akibat itu pula tempat pembuangan sampah umum menjadi sesak dengan plastik-plastik tersebut. Itu benar, fakta membuktikan bahwa sampah plastiklah yang mendominasi setiap tempat pembuangan sampah.

Nah, agar jumlah sampah plastik dapat ditekan, kita harus..

Penulis: Wely Hariyanto

Foto Profil dari Wely Hariyanto
Blogger yang suka kerjasama team :)

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...