Kesehatan / Mulut & Gigi / Penyebab Bibir Kering saat Berpuasa dan Solusinya

Penyebab Bibir Kering saat Berpuasa dan Solusinya

Pernahkah kamu mengalami bibir kering saat berpuasa? Jangkankan saat puasa, saat tidak berpuasa pun setiap orang pernah mengalaminya. Hal seperti ini jangan didiamkan. Jika tidak segera diobati, maka akan menimbulkan luka dan rasa sakit yang akan memicu terjadinya infeksi. Sebenarnya, apa penyebab bibir kita kering dan pecah-pecah, apalagi saat berpuasa?

gambar: nyata.co.id

gambar: nyata.co.id

1. Membasahi Bibir dengan Air Liur

Perlu sahabat ketahui, bahwa bibir tidak memiliki kelenjar minyak sehingga akan lebih cepat kering. Oleh sebab itulah kita harus menjaga kelembaban bibir kita. Jika kamu berpikiran bahwa membasahi bibir dengan air liur merupakan solusinya, kamu malah akan mendapati bibir kamu semakin kering dan pecah-pecah. Kenapa? Karena air liur mengandung enzim tertentu yang akan membuat bibir kamu semakin kering. Jadi, bagaimana mengatasinya? Gunakanlah pelembab bibir untuk mengatasinya. Kamu bisa mengoleskan madu di sekitar bibir kamu atau mengkonsumsinya sebanyak tiga (3) sendok makan saat sahur.

Selain itu, yang penting diingat adalah kecukupan kamu meminum air putih. Saat puasa, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Bibir kering juga merupakan pertanda bahwa kamu dehidrasi. Tetap penuhi kebutuhan cairan kamu sebanyak 8 gelas per hari yang dapat kamu atur sebagai berikut:

  • 2 gelas saat berbuka
  • 3-4 gelas setelah tarawih sampai sebelum tidur
  • 1 gelas setelah bangun tidur (sebelum sahur)
  • 1-2 gelas saat sahur

2. Terlalu Lama Terkena Sinar Matahari

Penyebab lain bibir kering dan pecah-pecah adalah karena bibir kamu dibiarkan terlalu lama terkena sinar matahari. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengoleskan lip balm yang mengandung minyak alami dan berlabel SPF 15 (Sun Protecting Factor).

3. Kurang Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Bagi kamu yang tidak suka makan buah dan sayur, cobalah untuk memakannya mulai dari sekarang. Buah dan sayur memiliki kadar serat dan air yang tinggi, jadi bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh kamu, tapi juga kesehatan bibir kamu. Mulailah dengan mencoba resep Spinnachio ini.

Sahabat, itu dia penyebab bibir kering dan solusinya. Semoga bermanfaat :)

Oh ya, ada yang mau menambahkan?

-Hidup sehat bukan berarti tidak pernah sakit. Tapi berusaha sebaik mungkin untuk tetap menjadi sehat-

Penulis: vivi

Foto Profil dari vivi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...