Kesehatan / Ibu dan Anak / Waspada Gizi Buruk Pada Anak Anda…!!

Waspada Gizi Buruk Pada Anak Anda…!!

Anak dengan Gizi BurukKetika teknologi semakin berkembang pesat di belahan bagian dunia, ternyata pada bagian belahan dunia yang lain masih terhitung satu dari setiap tiga orang anak mengalami setiap tahunnya yang di sebabkan oleh gizi yang buruk. Demikian juga di negara Indonesia, sekarang ini masih jutaan bayi tercatat mempunyai status gizi buruk, hasil penghitungan dari depkes menampilkan jika 2 dari 4 anak di 72 % kabupaten tersebar di seluruh Indonesia mengalami kurang gizi.

Permasalahan kurang gizi ini sering dialami anak-anak semenjak mereka masih berada dalam kandungan, dan menyedihkan, kerusakan yang dialami tidak bisa diperbaiki saat anak menjelang tumbuh dewasa. Anak-anak yang pernah menyandang status kurang gizi relatif mempunyai potur tubuh yang tidak tinggi dan umumnya tidak terlalu berprestasi dalam program pendidikan.

Di dunia medis gizi buruk lebih tersohor dengan sebutan Kurang Energi Protein atau KEP dalam tingkat berat. KEP, sama dengan sebutannya, memiliki arti yakni suatu keadaan kurang energi serta protein akibat kurangnya memakan makanan yang bergizi atau mengalami sakit dalam kurun waktu panjang.

KEP terdiri atas dua bagian yakni KEP tingkat ringan dan KEP tingkat berat. KEP tingkat ringan umumnya dikenal dengan gizi kurang, dialami jika berat tubuh anak hanya kurang lebih sekitar  60-90 % dari berat tubuh sesuai standar yang sudah ditentukan. Sedangkan untuk gizi buruk atau tingkat yang berat dialami jika berat badan anak tidak lebih dari 60 % dari jumlah angka standar.

Sebutan yang juga berkaitan tentang gizi buruk ialah marasmus serta kwashiorkor. Suatu marasmus dialami bila  seorang anak lebih pada kekurangan kalori atau energi, sedangkan yang dinamkan kwashiorkor yakni lebih pada kekurangan kandungan protein.

Bayi-Timbang
Pengecekan yang harus segera dilaksanakan guna memastikan iya atau tidaknya gizi buruk yakni dengan :
  •     Kegiatan penimbangan pada anak
  •     Pengukuran terhadap tinggi badan, serta atau pengecekan gejala klinis
  •     Perbandingan hasil dari pengukuran dengan Pencatatan Rujukan Penilaian pada Status Gizi
  •     Pengecekan Darah secara Lengkap, misalnya Hb

Jika dari hasil perbandingan hasilnya berada jauh di bawah garis yang ditentukan  dan atau terlihat satu atau dua simbol klinis, maka selanjutnya dinamai sebagai Gizi Buruk.

Makanan Sehat hindarkan gizi buruk

Pemberian Obat Serta Pencegahan Yang Dapat Segera Dijalankan :
Pengobatan atau Terapi

Kandungan kalori diberikan berupa gula atau lemak serta karbohidrat. Pemberian protein dapat dimulai sesudah sumber-sumber kadar kalori lainnya telah meningkatkan energi. Pemberian suplemen mineral serta vitamin juga diperlukan untuk diberikan.  Terkadang anak-anak yang menderita gizi buruk mengalami kejadian intolerance lactosa, sehingga penting untuk diberikan suplemen yakni enzim lactase.

Terapi yang pas dengan kondisi ini bervariasi bergantung pada berat atau ringan penyakit yang diderita sang anak. Jika sudah sampai banyak menyebabkan penyakit penyerta, misalnya diare, kulit, infeksi paru dan , anemia serta bermacam penyakit lainnya, maka kondisi seperti ini juga sangat penting untuk diobati.
Penanganan yang dilakukan secepatnya biasanya memberikan hasil yang baik. Pada  kejadian yang telah berat, terapi dapat meningkatkan keadaan kesehatan semakin membaik, namun umumnya terdapat bekas gejala fisik permanen serta akan timbul persoalan intelegensia dikemudian hari.

Pencegahan

Sedangkan pencegahan yang dapat dilakukan untuk menjauhi status gizi buruk ialah :

Dengan memberikan asupan yang tepat serta seimbang pada anak anda yakni berupa kandungan protein,lemak, karbohidrat, vitamin serta mineral. Lemak  diberikan paling sedikit 10 % dari jumlah kalori yang diperlukan tubuh, sedangkan protein diberikan paling sedikit 12 % dari jumlah kalori. Sedangkan isanya yakni berupa karbohidrat.
Sering mengukur berat Tubuh serta tinggi postur anak anda serta juga mengawasi apakah anak anda ada dalam standar perkembangan normal.

Istilah yang berkaitan juga dengan gizi buruk ialah marasmus serta kwashiorkor. Suatu marasmus terjadi jika  seorang anak lebih kekurangan kadar kalori / energi, sementara kwashiorkor lebih disebabkan karena kekurangan kadar protein.

Efek gizi buruk untuk pertumbuhan anak

Tanda – Tanda Yang Harus Diwaspadai

Tanda – Tanda yang dapat dijumpai pada anak yang sedang menderita gizi buruk ialah :

  •     Anak terlihat kurus.
  •     Tinggi tubuh jauh lebih pendek ketimbang anak-anak seumurannya.
  •     Wajah terlihat seperti orang tua.
  •     Anak terlihat lemah,tidak bertenaga dan lesu.
  •     Gampang rewel.
  •     Rambut tipis, dan terlihat kusam.
  •     Kulit keriput tidak sehat
  •     Tulang iga terlihat jelas.
  •     Pantat tidak kencang dan keriput.
  •     Perut berbentuk cekung.
Akibat Serta Pemeriksaan Yang Dapat Dilakukan.

Efek yang dapat saja terjadi oleh status gizi buruk ialah;

Mengakibatkan anak mengalami kematian jika tidak segera diperiksakan oleh tenaga medis.
    Intelegensia yang semakin menurun.
    Berat serta tinggi tubuh pada usia dewasa lebih rendah dari kebanyakan anak yang tumbuh normal.
    Lebih sering terjangkit sakit infeksi misalnya batuk pilek, TBC, Diare, dan sebagainya karena turunnya imunitas tubuh.

Sebaiknya jangan abaikan masalah kebutuhan gizi anak. Anak dengan asupan gizi yang baik memberikan tubuh yang sehat sempurna.

Penulis: Topan Andrean

Foto Profil dari Topan Andrean

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...