Kesehatan / Pola Hidup / Pentingnya Liburan Bagi Kesehatan

Pentingnya Liburan Bagi Kesehatan

 

rekreasi keluarga Jenuh dengan padatnya activitas kerja, kemacetan disana – sini dan pusing dengan kondisi gedung-gedung tinggi? Ada baiknya kamu melakukan relaksasi dengan berlibur bersama keluarga, liburan adalah peluang yang sangat bagus selama Kamu jenuh dengan kondisi yang selalu monoton. Disamping itu, liburan juga dapat dijadikan sebuah momen bagus untuk berkumpul bersama keluarga serta mempererat jalinan silahturahim. Liburan tidaklah hanya merupakan kegiatan untuk bersenang-senang atau membuang – buang duit, liburan bisa menyumbang berbagai manfaat. Terus apa saja manfaat dari sebuah liburan…??, yukkkk kita lihat,

Berbagai manfaat yang dapat kita peroleh dari sebuah liburan, beberapa diantaranya ialah;

1. Hidup Terasa Lebih Lama

Berdasarkan studi yang dipraktekkan oleh Universitas Negeri kota New York, menemukan jika laki-laki yang menggunakan liburan tahunannya dapat mengurangi risiko terjadinya kematian kurang lebih sekitar 20% serta risiko kematian yang disebabkan gangguan penyakit jantung sejumlah 30%. Sementara laki-laki yang tidak mengunakan kesempatan liburannya dalam 5 thn terakhir, mempunyai peluang kematian pada tingkatan tertinggi serta peluang terjangkit penyakit jantung lebih riskan.

2. Meningkatkan Kesehatan dan Kebugaran Mental

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Wiscons di Medical Journal mendapatkan sebuah bukti, Bahwasannya seorang perempuan yang gemar berlibur peluangnya sangat kecil mengalami terjadinya perasaan yang tertekan, tegang serta rasa lelah. Sementara perempuan yang mengabaikan liburannya lebih rentan untuk terjangkit penyakit stress dalam fase yang lebih tinggi serta waktu untuk tidur berkurang.

3. Menjaga Terhadap Sel Otak

Seseorang dengan nama James Sand berasal dari South Coast Institute mengadakan survei terhadap 112 perempuan yang berusia kurang lebih sekitar 65-93 dan mendapatkan adanya suatu kaitan antara aktifitas hidup yang sering, bersamaan dengan menurunnya kegunaan intelektual. Dengan relaksasi seperti berlibur, kaitannya ialah menjaga kepada fungsi intelektual seseorang.

rekreasi 3

4. Sehat dan Bugar

Dalam survei yang dilaksanakan oleh National Heart,Maryland, Lung & Blood Institute dari Bethesda. Mereka menyatakan jika perempuan yang hijrah keluar kota (2 kali ataupun lebih dalam 1 tahun) memiliki kesempatan mencegah penyakit jantung 8 kali lebih kecil ketimbang mereka yang tidak melakukannya. Survei lain yang di lansir dari Jurnal Psychosomatic Medicine, menjelaskan bahwa perempuan yang sering mengadakan rekreasi atau liburan mempunyai lingkar pinggang cenderung lebih kecil serta indeks berat badan yang rendah atau ringan. Tidak sekedar hanya itu, Survei ini juga mengungkapkan, jika seseorang yang sering berekreasi mempunyai mutu tidur yang lebih berkualitas.

5. Bekerja Menjadi Lebih Baik

Sebuah Rekreasi juga dapat membentuk semangat bekerja seseorang menjadi lebih bagus lagi di kantor. Serta memiliki tingkat kebahagiaan yang relatif tinggi dan juga pikiran yang lebih fresh, oleh sebab itu seseorang bakalan lebih siap bertempur kembali bekerja dengan amunisi mental yang lebih baik lagi.

liburan menjadikan kerja lebih fresh

6. Lebih Gampang Menemukan Gagasan Baru

Sejak Sejak kurang lebih hampir 1 tahun menghadapi aktifitas yang monoton serta selalu terjadwal, mulai dari makan siang dan makan malam di satu tempat yang itu-itu saja, menatap orang yang sama setiap hari, Keadaan lingkungan yang tidak berbeda setiap harinya, kemacetan ada dimana-mana, keramaian kota yang semakin luar biasa, dan kondisi lain yang semakin membuat jenuh. Kondisi seperti ini mengurangi peluang seseorang untuk menelorkan gagasan kreatif serta memiliki ide yang baru yang cemerlang. Oleh sebab itu, Rekreasi adalah peluang emas untuk mengembalikan ide serta inspirasi baru, melalui berpergian ke suatu lingkungan yang tidak monoton atau asing, itu sama halnya kita memposisikan diri dalam situasi serta kondisi yang baru yang memberi peluang pada otak kita untuk aktif berpikir secara berbeda.

Kesimpulannya ialah lusisihkan waktu Kamu untuk merasakan kehidupan liburan dengan keluarga, sahabat atau pacar. Disamping dapat menambah kedekatan hubungan antar kalian, Rekreasi juga berdampak positif untuk kesehatan tubuh serta pikiran dan yang tak kalah penting tentunya sangatlah menyenangkan.

Penulis: Topan Andrean

Foto Profil dari Topan Andrean

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...