Kesehatan / Diet / Cara Jitu Hilangkan Lemak Kamu Dengan Beri

Cara Jitu Hilangkan Lemak Kamu Dengan Beri

blueberry untuk hilangkan lemak

Mengurangi jumlah lemak yang tertimbun pada lipatan perut adalah salah satu manfaat dari buah beri atau yang sering dikenal dengan sebutan blueberi. Studi paling baru menerangkan bahwa tikus yang memakan buah beri mempunyai efek pengurangan kandungan lemak didalam perut. Lemak didalam perut berhubungan erat terhadap penyakit jantung serta diabetes. Fungsi lain dari buah beri disamping untuk mengurangi kadar lemak didalam perut juga dapat menurunkan kadar kolesterol serta memperbaiki kandungan gula darah.

“Beberapa perubahan bisa dilihat pada tikus yang sedang melakukan diet tinggi lemak tetapi memakan buah beri,” jelas seorang ahli E. Mitchell Seymour, dari sebuah Universitas di Michigan’s. Para ahli mengungkapkan bahwa hasil dari penelitian tersebut menunjukkan hasil jika buah beri yang didalamnya banyak mengandung antioksidan bisa merubah proses metabolisme kadar glukosa sebagai cadangan energi didalam tubuh yang menyebabkan berkurangnya terjangkit penyakit jantung serta diabetes.

Manfaat dari mengonsumsi buah serta sayuran telah banyak diteliti, tetapi studi paling baru ini membuktikan bahwa bahan kimia alami yang terkandung di dalam buah beri misalnya anthocyanins menunjukkan efeknya pada kesehatan.

Di dalam studi yang disampaikan di Experimental Biology tahun 2009, para ahli memberikan tikus itu dengan makanan yang banyak mengandung lemak pada (objek 1) serta rendah lemak pada (objek 2) yang diberi dengan serbuk buah beri 2% dari jumlah keseluruhan diet mereka.

Sesudah 90 hari, tikus yang disertai tambahan buah beri pada program diet mereka menunjukkan lemak didalam perutnya berkurang, kandungan kolesterolnya menurun, serta memperbaiki kandungan glukosa darah dan sensitivitas kadar insulin.  Gangguan pada metabolisme glukosa berhubungan dengan faktor berisiko terkena diabetes.

Keuntungan dari buah beri ini bisa dilihat pada beberapa tikus yang diberikan serbuk buah beri baik diet tinggi ataupun rendah lemak tetapi diperkaya dengan serbuk buah beri. Tetapi manfaat paling besar dapat diperhatikan pada mereka yang melakukan diet rendah lemak. Beberapa tikus yang melakukan diet rendah lemak yang disertai mengkonsumsi buah beri menunjukkan penurunan berat badan serta massa lemak ketimbang pada mereka yang melakukan diet tinggi lemak.

Studi lanjutan akan dibutuhkan untuk menunjukkan hasil penelitian ini pada manusia. Studi lain yang berkaitan mempresentasikan bila orang yang mempunyai faktor risiko terjangkit penyakit jantung yang mengkonsumsi minuman jus buah beri liar dalam jangka waktu kurang lebih 3 minggu menunjukkan sedikit perbaikan pada kontrol glukosa serta kadar insulin mereka.

Penulis: Topan Andrean

Foto Profil dari Topan Andrean

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...