Kesehatan / Jantung / 4 Penyebab Meninggal Dunia Secara Mendadak

4 Penyebab Meninggal Dunia Secara Mendadak

Mungkin sesekali Anda pernah mendengar kabar seseorang meninggal dunia secara mendadak. Kematian yang terjadi secara tiba-tiba bisa saja terjadi pada setiap manusia baik pada usia tua ataupun pada usia yang masih muda. Tidak menutup kemungkinan sosok seorang yang nampak sehat walafiat sekalipun layaknya seorang atlit bisa mengalami kematian secara mendadak di saat bertanding atau berlaga, dapat terjadi karena suatu kecelakaan atau dapat pula diakibatkan karena suatu kondisi tertentu sehingga sang atlit meninggal seketika.

mati mendadak - gagal jantungKematian secara tiba-tiba ialah hal yang dapat dialami oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun. Kurang lebih 360.000 kasus kematian secara mendadak terjadi di negara Amerika Serikat. Suatu kejadian meninggal secara mendadak pada seseorang disebabkan oleh sejumlah faktor.

Apa sajakah yang melatarbelakangi terjadinya kematian secara tibi-tiba pada diri seseorang ?. Mari kita perhatikan satu persatu :

1. Kardiomiopati
Kardiomiopati ialah suatu kondisi dimana keadaan otot jantung menebal dan mengakibatkan jantung mengalami kesulitan memompa aliran darah keseluruh tubuh. Gangguan ini adalah penyebab terjadinya seseorang mengalami kematian secara tiba-tiba. Kardiomiopati ini merupakan suatu kondisi yang paling umum terjadi pada seseorang yang berusia di bawah 30 tahun.

2. Kelainan atau Gangguan Arteri Koroner
Bisa saja hubungan yang tak normal terjadi pada arteri koroner, sehingga di saat menjalani suatu aktivitas yang berat misalnya berolah raga, arteri menjadi terkompres dan kemudian tertutup. Kejadian ini bisa mengakibatkan terjadinya penurunan aliran darah menuju otot jantung. Disamping itu kelainan pada arteri koroner yang dapat mengakibatkan sesorang meninggal secara tiba-tiba ialah penyakit jantung koroner yang disebabkan oleh menumpuknya plak atherosklerosis. Plak Atherosklerosis ini ialah sumbatan pada pembuluh darah koroner akibat penumpukan plak lemak. Apabila plak lemak tersebut pecah maka pembuluh darah akan mengalami sumbatan yang akhirnya akan mencegah aliran darah menuju otot jantung. Hal yang demikian bisa mengakibatkan seseorang mengalami kematian secara menadadak.

3. Gangguan Detak Jantung
Jantung seharusnya mempunyai irama detak yang teratur. Akan tetapi bila irama pada jantung tidak terjadi secara teratur maka kegiatan pemompaan darah tidak akan berjalan efektif. Salah satu ganguan irama jantung yang paling umum di ketemukan pada kasus kematian seseorang secara mendadak ialah Long QT Syndrom. Gangguan ini dapat menyebabkan jantung mengalami detak secara berantakan dan menyebabkan seseorang mengalami pingsan seketika.
Hal seperti ini merupakan suatu kondisi yang dapat mengancam keselamatan nyawa seseorang dan memerlukan penganan yang intensif.

4. Commotio Cordis
Commotio Cordis ialah penyebab kematian yang disebabkan oleh suatu pukulan kearah dada. Pukula ke area dada dengan menggunakan tangan atau benda yang lainnya bisa mengakibatkan gangguan pada irama jantung yang sering disebut dengan Fibrilasi Ventrikel, keadaan ini bila tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat bisa mengakibatkan suatu kematian.

Penyebab meninggalnya seseorang secara mendadak terkadang tidak mudah di prediksi. Akan tetapi Anda harus tetap berhati-hati bila Anda mempunyai keluhan seperti sering merasa pusing atau sering ngerasa seakan ingin pingsan disaat menjalani olah raga . Disamping itu bila Anda mempunyai anggota keluarga yang memiliki riwayat kematian secara tiba-tiba, Maka Anda bisa memeriksakan diri pada dokter guna menjalani pemeriksaan secara menyeluruh.

Referensi terkatit http://id.wikipedia.org/wiki/Gagal_jantung

Penulis: Topan Andrean

Foto Profil dari Topan Andrean

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...