Kesehatan / Makanan Sehat / Tip Mengonsumsi Telur Sebagai Makanan yang Sehat

Tip Mengonsumsi Telur Sebagai Makanan yang Sehat

Rebus telur, salah satu cara sehat mengolah telur!

Rebus telur, salah satu cara sehat mengolah telur!

Telur merupakan makanan yang sempurna, begitu kata banyak pakar pangan dan gizi di pelbagai negara. Sebagai pangan fungsional telur merupakan sumber protein dan juga lemak yang seimbang. Dalam telur terkandung asam amino lengkap yang memiliki nilai cerna tinggi. Sekitar 93% asam amino yang dikandungnya dapat dicerna dengan sempurna. Selain itu ada juga kandungan vitamin dan mineralnya.

Tetapi dengan banyaknya masalah penyakit akhir-akhir ini yang seringkali menyedutkan lemak, pamor telur pun jadi turun. Padahal beberapa dari anggapan miring terhadap telur itu tidak sepenuhnya benar. Misalnya, telur dianggap sebagai penyebab kenaikan kadar kolesterol dalam darah. Faktanya menurut Harvard School of Public Health menerangkan bahwa satu butir telur per hari hanya menambah 5 miligram kolesterol pada darah orang yang mengonsumsinya.

Tidak hanya soal kadar kolesterol dalam darah masalah jantung dan stroke pun senantiasa dikaitkan dengan pangan yang sempurna ini. Padahal menurut Eureshi dalam penelitian klinisnya menyimpulkan bahwa tidak adanya keterkaitan antara konsumsi telur secara rutin dengan serangan jantung ataupun stoke. Begitupun menurut Frank Wu bahwa kadar kolesterol dalam pangan tersebut tidak menjadi pengaruh pada masalah jantung koroner. Dan menurut American Heart Association sebutir telur per hari tidak akan membuat jantung kita bermasalah.

Lalu mengapa ada pendangan yang menyedutkan? Kemungkinannya hanyalah satu, karena pengolahan telur yang salah memicu kenaikan kadar kolesterol. Padahal, makanan yang sehat ini dapat menjadi solusi diet bagi mereka yang memiliki kelebihan berat badan. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Dhurandhar pada tahun 2007 menyatakan bahwa konsumsi telur dapat menurunkan berat badan, dan sarapan pagi dengan makanan sehat tersebut lebih baik daripada sarapan dengan sumber karbohidrat seperti roti.

Dalam uji coba yang dilakukannya, terbukti bahwa seseorang yang obesitas yang sarapan 2 butir telur per hari selama 8 minggu dapat menurunkan berat badannya sampai 6 pon. Hal itu tentu saja didukung dengan kontrol konsumsi pangan lainnya. Tetapi hasil riset tersebut tidak menjadikan kita khawatir lagi mengkonsumsi pangan yang satu ini.

Dan ada kabar gembira bagi Anda yang mengalami tekanan darah tinggi. Telur ternyata dapat berfungsi menurunkan tekanan darah, tetapi hal itu memang harus dengan syarat. Aneka manfaat dari telur itu memang tidak lepas dari bagaimana kita melakukan pengolahannya agar nutrisinya tetap terjaga, maka dari itu berikut ini disajikan beberapa tip dalam mengonsumsi telur:

  1. Konsumsilah telur yang matang. Karena telur mentah berpotensi mengandung bakteri pathogen serta memiliki zat antigizi (avidin)
  2. Jangan terlalu banyak menambahkan garam pada telur
  3. Jangan sampai menggoreng telur sampai kering apalagi gosong, tetapi pastikan matang sempurna
  4. Kalau memang ada, pakailah telur dari unggas yang liar, jika tidak ada silakan pakai dari unggas ras.
  5. Pilihlah telur yang cangkangnya tidak kotor dan tidak retak
  6. Agar lebih menjamin nutrisi sebaiknya telur direbus saja, tidak digoreng. Jika pun hendak digoreng gunakan minyak yang baru atau mentega secukupnya saja.
  7. Konsumsilah kuning dan putih telurnya. Jangan pilih salah satunya.
  8. Jika memang ada, pilihlah telur yang mengandung omega-3.

Demikian semoga ada faedahnya.

sumber gambar boldsky.com

Foto Profil dari Taufiq Firdaus A. Atmadja
Pembelajar asal Garut. Lulusan Ilmu Gizi IPB, Bogor. Alumni MAN Insan Cendekia, Serpong. Salah satu pengajar di lembaga bimbingan belajar di Kota Bogor, dan tentor lepas bagi beberapa murid privat. Bidang ampu mata ajar Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi SMP/SMA.

5 comments

  1. Foto Profil dari Nastain Achmad

    sebelumnya maaf ada beberapa huruf yang salah ketik dan ejaannya tidak efektif. tolong diteliti kembali. sumbernya dari mana banga ya?

    • Foto Profil dari Taufiq Firdaus A. Atmadja

      Terima kasih, saya memang memiliki kelemahan dalam penulisan kalimat agar menjadi efektif semoga ke depan bisa lebih baik lagi. Soal referensi di artikel tersebut sudah dituliskan narasumber dari riset yang dimaksud, serta lembaga riset yang saya acu. Jadi, saya rasaya itu sudah cukup sebagai sumber.

    • Foto Profil dari Taufiq Firdaus A. Atmadja

      Atau dapat dilihat dalam Dhurandhar et al 2007. Egg breakfast enhances weight loss. The FASEB 21: 538 dan atau Ahmad et al 2007. Regular egg consumtion does not increase the risk of stroke and cardiovascular dieases. Med Sci.

  2. Foto Profil dari Nastain Achmad

    Terima kasih bang dan maaf atas kesalahan saya. Setiap artikel abang mantap-mantap dan mudah untuk dipraktekkan.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...