Kesehatan / Wawasan / Nilai Gizi dan Manfaat Tempe

Nilai Gizi dan Manfaat Tempe

Kedelai sebagai bahan pangan dasar umumnya dapat diolah ke dalam aneka bentuk olahan, mulai dari susu kedelai, minyak kedelai, dan yang paling pasti dan umum dilakukan oleh pelaku usaha kecil menengah ataupun warga yaitu menjadikan kedelai sebagai bahan dasar pembuatan tempe. Dan kini, tempe menjadi makanan sehari-hari kebanyakan dari masyarakat di Indonesia. Walaupun ada banyolan yang sangat keliru di mana ada ujaran kurang pantas soal “otak tempe“, padahal memang banyak manfaatnya bagi tubuh karena bernilai gizi yang tinggi. Dan sepatutnya, konsumen yang cerdas memang memilih makanan yang pantas buat tubuhnya. Dan tempe menjadi salah satu pilihan jitu untuk mendongkrak kesehatan, khususnya bagi mereka yang memilih pola diet vegetarian.

Sebagai sumber protein nabati, selain jumlah dan mutu proteinnya tinggi, juga memiliki kelebihan dan manfaat untuk kesehatan. Kalau menurut Shurtleff dan Aoyagi dalam The Book of Tempeh (1979), nilai gizi protein tempe meningkat setelah proses fermentasi. Inilah mengapa, konsumsi kedelai yang difermentasi lebih dianjurkan dibandingkan konsumsi kedelai tanpa fermentasi. Adapun komposisi nilai gizi tempe dari kedelai dalam tiap 100 gram tempe menurut Mahmud et al 1990 ialah sebagai berikut:

  • Energi 201 Kkal
  • Protein 20,8 gram
  • Lemak 8,8 gram
  • Karbohidrat total 13,5 gram
  • Abu 1,6 gram
  • Serat 1,4 gram
  • Karoten total 34 mikrogram
  • Kalsium 155 miligram
  • Besi 4,0 miligram
  • Fosfor 326 miligram
  • Air 55,3 gram
  • Vitamin A 0 miligram
  • Vitamin B1 0,9 miligram

Kalau kita perhatikan aneka komponen gizi di atas, jelaslah bahwa konsumsi tempe sangatlah bermanfaat bagi kita, dan bagi mereka yang tidak mengkonsumsi daging, tetap mendapatkan asupan protein yang cukup tinggi dari tempe. Selain menyehatkan, berdasarkan penelitian dari Shurtleff dan Aoyagi tempe juga dapat mencegah disentri karena memiliki daya aktivitas antibakteri, dan juga nutritional oedema.

Tidak hanya kemampuan antibakteri, tempe juga memiliki fungsi sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh. Selain itu tempe menjadi sumber dari aneka vitamin B, riboflavin, niasin, biotin, asam pantotenat, dan vitamin B6 yang meningkat jumlahnya setelah fermentasi, sebagaimana dikemukan oleh Gyorgy dalam suatu penelitian yang dilakukannya.

Maka dari itu, tempe merupakan sumber vitamin B12 yang baik bagi golongan vegetarian yang biasanya kurang terdapat dalam menu diet mereka. Mengapa penting? Karena B12 berfungsi dalam pembentukkan sel darah merah, dan kalau kekurangan dapat menyebabkan anemia. Selain itu, seperti di awal di katakan, dibandingkan dengan kedelai mentah, kedelai hasil fermentasi berupa tempe nilai gizinya lebih tinggi. Sebab dalam kedelai mentah justru terdapat zat anti nutrisi yang tidak baik bagi tubuh, dan proses fermentasi ternyata membuat zat yang tidak bermanfaat yaitu antitripsin dan oligosakarida penyebab flatulensi.

So, nggak ada ruginya kita mengkonsumsi tempe, selain harganya murah, ternyata gizinya unggul. Selain itu, kandungan asam amino dalam tempe jika dikonsumsi dengan serelia seperti beras dalam bentuk nasi akan semakin meningkatkan skor asam amino yang baik bagi tubuhnya. Jadi, ada nasi dan lauknya hanya tempe? Nggak masalah, sejauh tidak setiap hari hanya tempe saja, bagaimana pun kita perlu yang lain, seperti sayur-mayur, buah-buahan, dan ikan-ikanan. Tetapi, kalau lagi akhir bulan, rasanya laut tempe adalah menu yang istimewa.

Foto Profil dari Taufiq Firdaus A. Atmadja
Pembelajar asal Garut. Lulusan Ilmu Gizi IPB, Bogor. Alumni MAN Insan Cendekia, Serpong. Salah satu pengajar di lembaga bimbingan belajar di Kota Bogor, dan tentor lepas bagi beberapa murid privat. Bidang ampu mata ajar Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi SMP/SMA.

18 comments

  1. Foto Profil dari Koko Komarudin

    Tulisan ini sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh dan nilai gizi makanan yang kita makan

  2. Aku suka tempe goreng thanks infonya

  3. Tulisan mengenai tempe ini sangat bagus, ternyata banyak juga komposisi nilai gizi tempe yaaaa , wah keren jadi makin suka deh sama tempe :) ,oh iya selain ada yg bilang ”otak tempe” juga ada yang suka bilang ”mental tempe” loooh wah padahal juga menurut saya itu salah sudah jelas-jelas Komposisi nilai gizi tempe tuh banyaaaak :)

  4. Artikel nya menarik-menarik ya seputar hal yg spele tentang tempe tetapi ternyata manfaat dan nilai tempe itu sangat berharga banget buat tubuh dan kesehatan kita. Tapi akhir2 ini banyak cerita bahwa ada oknum2 pembuat tempe yg sengaja mencampurkan bahan2 kimia/ tekstil lainnya untuk kepentingan produk “tempe” nya itu sendiri, misal : Biar lebih gurih rasanya atau biar lebih putih tampilannya.
    Next artikel, kalau boleh sih kasih tau tips2 agar memilih tempe dengan cermat & tepat, agar kita masyarakat awam khusunya gak salah pilih makanan, niat hati memebeli makanan yg gizi nya tinggi eh malah ternodai dengan bahan2 tekstil :)
    Thank’s kak
    *salam kenal

  5. wah artikelnya mengenai lauk favorit saya~ terimakasih mas untuk informasinya! kalau perlu kapan – kapan dibahas mengenai macam – macam jenis tempe dari nusantara dan perbedaan komposisi serta kandungan gizinya mas, wah pasti menarik! salam kenal mas dari tempe lovers mas, hehehehe

  6. Artikel yang sangat bagus menurut saya. Terlebih lagi ini lauk favorit saya, apalagi kalo digoreng pake tepung. Menurut kesehatan gimana tuh mas?

  7. Banyak sekali kandungan komposisi nilai gizinya,jadi tau sekarang apa 2 aja yang terdapat di dalam tempe,soalx saya suka sekali tempe.

  8. pas ,,,,banget … kbtulan sy peggemar tempe …. aplgi klo dibuat tempe bacem, tempe pecak ,,,,hmmmmm maknyus juga dah ,,,, dan ternyata kandungan giinya juga bnyk ,,,hehe

  9. Ternyata makanan yang di anggap murahan dan idntik dengan hal tak berkualitas memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap,. baru ngerti aku..

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...