Kesehatan / Wawasan / Kolesterol dan Fungsinya Bagi Manusia

Kolesterol dan Fungsinya Bagi Manusia

Apakah kolesterol itu? Apakah fungsi kolesterol baik atau buruk bagi tubuh manusia? Kolesterol adalah sterol yang berasal dari binatang dan manusia. Kolesterol yang ada dalam tubuh kita merupakan lipid yang disintesis oleh hati dan usus halus. Selain itu juga terdapat pada makanan hewani yang kita konsumsi.

Tubuh kita memiliki kemampuan untuk menghasilkan kolesterol. Bahan bakunya berasal dari berbagai makanan yang kita konsumsi biar pun bukan merupakan makanan yang mengandung kolesterol. Sebagian besar kolesterol yang ada dalam badan kita dihasilkan sendiri oleh tubuh. Sekitar 75-80% kita hasilkan sendiri. Sisanya diperoleh dari makanan berkolesterol. Secara umum kita menghasilkan 2000-3000 miligram per harinya.

Di dalam tubuh, kolesterol diangkut oleh lipoprotein. Ada dua macam lipoprotein, yaitu lipoprotein berdensitas tinggi atau high density lipoprotein disingkat HDL dan lipopritein berdensitas rendah atau law density lipoprotein disingkat LDL. Dalam bahasa keseharian HDL biasa disebut kolesterol baik sedangkan LDL dijuluki kolesterol jahat.

HDL membantu menyingkirkan kelebihan kolesterol yang ada di dalam tubuh. Lipoprotein yang memiliki kerapatan tinggi ini berjasa untuk membawa kelebihan kolesterol yang ada dalam darah ke hati untuk diproses menjadi energi. Sebaliknya, LDL merupakan lipoprotein yang mengakut kolesterol yang diproduksi oleh hati untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Secara alami, tubuh memiliki kadar LDL lebih banyak daripada HDL.

Fungsi kolesterol bagi Manusia

Pada umumnya kita sering memojokkan kolesterol sebagai biang kerok timbulnya penyakit, padahal kolesterol memiliki jasa yang amat besar bagi tubuh kita. Di mana menurut Lingga fungsinya bagi tubuh adalah sebagai berikut:

  • Sebagai komponen utama otak dan saraf
  • Diperlukan oleh bayi untuk mengabsorpsi nutrisi karena kolesterol mengandung enzim yang membantu proses pencernaan di usus bayi
  • Diperlukan untuk perkembangan otak bayi dan berfungsinya otak setelah bayi tumbuh menjadi anak-anak dan dewasa.
  • Sebagai komponen membran sel agar menjadi kokoh dan stabil
  • Sebagai prekursor hormon steroid yang bertugas sebagai pengendali stres dan memelindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker
  • Sebagai prekursor hormon androgen, estrogen, progesteron, dan testosteron.
  • Sebagai prekursor vitamin D yang diperlukan untuk menjamin kesehatan tulang, pergerakan otot, produksi insulin, reproduksi, dan imunitas tubuh
  • Sebagai reseptor serotonin, yaitu hormon yang dihasilkan oleh hipotalamus otakk yang bertugas untuk mengendalikan emosi, menciptakan good mood, serta mencegah depresi.
  • Sebagai antioksidan yang bertugas menghalangi reaksi reaktif radikal bebas penyebab terjadinya serangan jantung, stroke, kerusakan otak, dan kanker.
  • Sebagai bahan baku produksi asam empedu
  • Dibutuhkan untuk produksi hormon adrenal korteks, estrogen, progesteron, dan androgen
  • Bagi ibu yang sedang menyusui, kolesterol darah sangat penting untuk memproduksi kolesterol pada ASI yang diperlukan untuk perkembangan otak dan sistem saraf bayi. Kolesterol pada ASI juga mengandung enzim khsuus yang bermanfaat bagi bayi untuk mencerna ASI yang masuk ke dalam sistem cerna mereka. Maka dari itu ASI ekslusif bagi bayi sangatlah penting.
  • Diperlukan untuk menjaga kesehatan saluran cerna. Diet rendah kolesterol menyebabkan seseorang berisiki mengalami alergi gluten atau protein tertentu atau gangguan pencernaan lainnnya.

Secara alami, tubuh kita punya kemampuan untuk menjaga keseimbangan kadar kolesterol baik HDL maupun LDL. Tetapi seringkali kelebihan kolesterol menjadi momok disebabkan pola makan yang serampangan dan tidak diatur. Tetapi yang sering tidak diperhatikan adalah kondisi kekurangan kolesterol, hal itu juga sangat berisiko bagi kesehatan kita. Intinya memang kita sebagai makhluk pemakan segalanya, perlu juga berimbang, sekalipun konsumsi makanan berkolesterol itu aman kalau setiap hari sepanjang tahun jelas berbahaya. Sekali-sekali makan juga pangan yang tidak berkolesterol. Begitupun sebaliknya.

Foto Profil dari Taufiq Firdaus A. Atmadja
Pembelajar asal Garut. Lulusan Ilmu Gizi IPB, Bogor. Alumni MAN Insan Cendekia, Serpong. Salah satu pengajar di lembaga bimbingan belajar di Kota Bogor, dan tentor lepas bagi beberapa murid privat. Bidang ampu mata ajar Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi SMP/SMA.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...