Kesehatan / Wawasan / Kalau Haus Jangan Minum Susu

Kalau Haus Jangan Minum Susu

SusuSusu adalah minuman tinggi kalsium, komponen kunci bagi tulang yang sehat. Tetapi, jangan pernah menyamakan minum susu dengan minum air mineral atau air putih. Karena bagi orang yang sudah melewati batas konsumsi ASI, anjuran minum delapan gelas sehari bukanlah untuk konsumsi susu tetapi air mineral atau putih. Baru-baru ini dilansir berita bahwa diet tinggi susu justru dapat meningkatkan risiko kematian dan rentan patah tulang.

Sebagaiman diwartakan oleh Medical News Today (29/10), dalam tajuk berita berjudul “Milk consumption may increase risk of fractures, overall mortality“, mengatakan bahwa ada studi baru menurut British Medical Journal bahwa konsumsi susu yang berlebihan dapat meningkatkan risiko patah tulang dan peminum susu berlebih memiliki risiko kematian lebih tinggi baik pada perempuan maupun laki-laki.

Padahal kita ketahui bersama bahwa susu memiliki 18 komponen dari 22 nutrisi penting. Bahkan hubungan manfaat dari kalsium dan vitamin D sudah sejak lama dipromosikan sebagai satu bentuk diet yang sehat, dalam halnya pendidikan gizi dan perkembangan anak opsi konsumsi susu pun menjadi perhatian besar karena manfaatnya tersebut. Dan masih banyak keuntungan lainnya dari konsumsi susu.

Mengapa bisa sampai berisiko seberat itu? Menurut para peneliti konsumsi tinggi susu dapat, pada kenyataannya, meningkatkan stres oksidatif, yang menyebabkan efek pada risiko kematian dan patah tulang. Serta masalah berat badan berlebih: obesitas.

Apakah kemudian kita sebaiknya menghindari minum susu? Tidak. Menurut Prof. Sue Lanham-New dari University of Surrey dalam berita BBC (29/10) yang berjudul  High milk diet ‘may not cut risk of bone fractures’ mengatakan bahwa setiap individu pada dasarnya harus tetap melakukan pola konsumsi yang seimbang dengan lima kunci, yang di kita dikenal dengan empat sehat lima sempurna, di mana susu menjadi bagiannya. Hanya saja, jangan berlebihan atau dengan kata lain jangan sampai hanya karena haus pun kita lebih memilih susu daripada air mineral.

Adapun menurut Pocket Guide to Nutrition and Diet Therapy, sebaiknya dalam sehari kita minimalnya mengkonsumsi segelas susu. Maksimalnya 2 sampai 3 gelas. Kecuali untuk ibu hamil dan yang kekurangan kalsium berdasarkan pemeriksaan dapat ditingkat sampai 4 gelas dalam sehari. Terkait susunya itu sendiri, sebaiknya hanya mengkonsumsi susu rendah lemak. Tidak menggunakan bahan perwarna, perasa, ataupun gula tambahan. Pada akhirnya, seperti kata Prof. Made Astawan dari Teknologi Pangan IPB saat membahas masalah bahan tambahan pangan atau BTP, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik, sekalipun dalam kondisi wajar konsumsi itu bermanfaat. Begitupun dengan susu. Oh ya, ada baiknya konsumsi juga turunan produk susu, seperti segelas yoghurt dan atau keju sekitar 40 gram per orang per hari.

gambar: medicalnewstoday.com

Foto Profil dari Taufiq Firdaus A. Atmadja
Pembelajar asal Garut. Lulusan Ilmu Gizi IPB, Bogor. Alumni MAN Insan Cendekia, Serpong. Salah satu pengajar di lembaga bimbingan belajar di Kota Bogor, dan tentor lepas bagi beberapa murid privat. Bidang ampu mata ajar Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi SMP/SMA.

8 comments

  1. ilmu yang dibagikan sangat bermanfaat.
    tepat sekali dengan saya yang sedang ingin sedikit berisi agar tidak terlalu kurus saya rajin minum susu. setiap ada jeda waktu dimanapun saya minum susu.
    Sebelumnya saya minum susu bisa lebih dari 5 kali, untung belum terlalu lama sampai saya baca artikel ini, jadi saya tau kalau sebaiknya minum susu sehari maksimal 3 gelas, kecuali untuk ibu hamil dan yang kekurangan kalsium,
    Terima kasih telah menulis artikel ini. :)

    • Foto Profil dari Taufiq Firdaus A. Atmadja

      Halo Wildha
      Kalsium dalam susu utamanya kunci bagi kesehatan tulang. Baiknya, hindari susu yang sengaja untuk meningkatkan berat badan. Lagi pula, harus dicek apakah kamu kurus dalam artian tidak ideal atau bagaimana, kalau boleh tahu berapa berat badan dan tinggi badan kamu? Untuk mengetahui berada indeks masa tubuh kamu. Ada baiknya kalau mau menambah berat badan, selain minum susu, konsumsi proteinnya juga harus cukup.
      Salam sehat, semoga beratnya naik menjadi ideal ya. :D

  2. ternyata segala yang berlebihan itu kurang baik yaaa…
    saya pernah looo seharian minumnya susu terus. saya kira malah bagus, gak taunya makin enduuut >><

  3. wah ga nyangka kak toke punya blog kyk gini hehe bermanfaat sekali kak ilmunyaaa… jadi tau ternyata yang kita kira vaik ternyata juga bisa menjadi buruk untuk kesehatan kita. Lanjutkan terus ya kak.. tulis ilmu2 yg bermanfaat laennya buat kita :3

  4. Wah ternyata kalau minum susu berlebih bisa mengakibatkan patah tulang ya bukan memperkuat tulang kita dan ternyata saya baru tahu sekarang akibatnya Setelah baca artikel ini . terima kasih ilmunya kang , itu sangat bermanfaat sekali buat kita :)

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...