Kesehatan / Informasi / Jus Kemasan atau Jus Segar?

Jus Kemasan atau Jus Segar?

Jus Kemasan, siap minum. Tetapi perlu ketelitian saat membeli!

Jus Kemasan, siap minum. Tetapi perlu ketelitian saat membeli!
ilustrasi dari fresh.co.nz

Apa itu jus? Adapun pengertian minuman jus baik itu dari sayuran ataupun buah-buahan, adalah minuman sari buah yang diperoleh dari proses pemerasan mesin juicer sehingga akan diperoleh cairan sari buah atau sayuran. Namun di masyarakat umum, kita lebih mengenal istilah jus adalah minuman yang terbuat dari buah atau sayuran yang dihaluskan dengan alat bernama blender, padahal minuman dengan metode pembuatan tersebut sebenarnya lebih tepat disebut smoothie.

Baik jus ataupun smoothie sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Karena dalam minuman tersebut kita dapat memperoleh cairan, vitamin, mineral, karbohidrat dengan indeks glikemik rendah, dan sumber senyawa fitokimia yang berlimpah. Bahkan menurut Badan Obat dan Makanan Amerika Serikat, jus yang mengandung asam folat seperti jeruk sangat cocok diminum oleh ibu hamil sebab dapat menurunkan risiko bayi terlahir cacat.

Tidak hanya itu, buah atau sayur yang kaya antioksidan sangat bermanfaat dalam menurunkan risiko penyakit jantung, katarak, stroke, sel pangkreas, dan baik bagi penderita diabetes mellitus. Dan tentunya kita akan dapatkan aneka vitamin maupun mineral dari aneka jus. Untuk itu kita dianjurkan untuk minum jus dari pelbagai buah, jangan hanya satu jenis buah saja, malah akan baik jika dicampur dengan sayuran, misalnya wortel.

Permasalahannya sekarang, di supermarket semakan marak jus dalam kemasan yang tentu saja bikin kita tergoda karena dirasa lebih hemat dan nggak bikin repot, tinggal minum saja. Apa salah membeli dan mengkonsumsi jus kemasan? Tidak, sama saja dengan jus segar, walaupun bikin sendiri lebih baik juga, itupun kalau kita mengerti cara yang baik dalam memilih buah dan pembersihannya.

Ada beberapa hal yang dapat diperhatikan terkait membeli jus kemasan:

  • Pastikan kemasan tidak rusak. Kembung ataupun kotor. Lihat tanggal kadaluarsanya. Dan perhatikan komposisi gizinya.
  • Pertimbangan mengapa jus segar itu lebih baik karena biasanya jus kemasan sering menggunakan bahan tambahan pangan seperti pewarna, pemanis, pengawet, dan rasa asam buatan yang tidak baik.
  • Banyak dari jus itu melalui proses pasteurisasi yang dapat menghilangkan kadar nilai gizinya

Nah, kalau hal itu dipertimbangkan, kira-kira apakah Anda mau masih mau membeli jus kemasan? Silakan saja, sejauh tidak sering dan pastikan tidak terlalu banyak tambahan pangan, walaupun yang namanya dalam kemasan tidak mungkin lepas dari zat tambahan. Artinya, selingi jus kemasan dengan jus segar!

Tapi, jus segar pun harus mempertimbangkan beberapa hal berikut:

  • Jangan menyimpan jus segar dalam ruang terbuka terlalu lama
  • Beberapa vitamin akan rusak karean oksidasi dengan udara untuk itu setelah jadi langsung diminum saja
  • Terlalu lama membiarkannya akan membuat minuman tampak berubah dari segi warna. Hal itu tidak bagus.
  • Jika tidak langsung diminum sebaiknya simpan jus dalam lemari es.
  • Pastika sebelum diblender buah ataupun sayur dicuci bersih dan dalam kondisi bagus tidak busuk

Nah, setelah Anda mengetahui itu semua apa pilihan Anda? Baik kemasan atau pun segar, konsumsi buah dan sayur sangatlah bermanfaat. Dalam hal buah-buahan sejujurnya memang lebih bagus dikonsumsi secara utuh, misalnya sebuah pisang tidak perlu dijus, langsung dikonsumsi saja. Sebab jika dijus kadang kita terlalu banyak menggunakan gula dan susu, itu juga tidak baik, niatnya mau menghindari diabetes, malah jadi diabetes karena tidak bisa mengkontrol asupan gula saat bikin jus. Dan cerdaslah sebagai konsumen jus kemasan!

Foto Profil dari Taufiq Firdaus A. Atmadja
Pembelajar asal Garut. Lulusan Ilmu Gizi IPB, Bogor. Alumni MAN Insan Cendekia, Serpong. Salah satu pengajar di lembaga bimbingan belajar di Kota Bogor, dan tentor lepas bagi beberapa murid privat. Bidang ampu mata ajar Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi SMP/SMA.

2 comments

  1. saya juga lebih setuju mengkonsumsi buah secara utuh nggak di jus…

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...