Kesehatan / Ibu dan Anak / Inilah Empat Hal yang Berpotensi Toksin bagi Kehamilan

Inilah Empat Hal yang Berpotensi Toksin bagi Kehamilan

Perempuan, secara kodrati memang menjadi agen Tuhan untuk meneruskan regenerasi makhluk bernama manusia. Menjadi ibu hamil tentu idaman setiap perempuan khususnya mereka yang sudah berumah tangga. Doa dan usaha senantiasa dimaksimalkan agar diberikan amanah oleh Tuhan. Tapi, ada satu kondisi yang sebenarnya berlebih, di mana ibu hamil konon harus makan sebanyak dua porsi, hanya karena di dalam tubuhnya ada anaknya. Padahal, makan berlebih berisiko juga bagi sang bunda. Justru yang benar bukan pada kuantitas, namun kualitas gizinya mencukupi. Maka itu asupan gizi bagi ibu harus optimal dan jadi perhatian khusus agar ibu sehat serta kehamilannya kuat sampai waktunya melahirkan.

Memang apa akibatnya kalau kekurangan gizi selama masa kehamilan? Secara umum efeknya akan merugikan bagi ibu maupun anaknya, yang terparah, bisa mengakibatkan kematian si buah hati. Ngeri, kan? Tidak hanya masalah gizi saja, ada empat hal yang harus diperhatikan oleh ibu juga, dan sebaiknya empat hal berikut ini dihindari agar tidak terjadi bahaya bagi sang ibu serta bayinya. Apa sajakah keempat hal itu?

Pertama, Kafein

Apakah ibu senang minum kopi? Hmmm… kalau lagi hamil sebisa mungkin dikurangi ya. Walaupun menurut Moore (1993) tidak diketahui pasti bahayanya, tetapi yang jelas ibu hami harus cukup tidur, sedangkan kafein biasanya bikin kita tidak ngantuk dan tidur larut. Itu kurang baik bagi kehamilan. Jadi, sebaiknya hindari kopi, dan tidur yang cukup.

Kedua, Alkohol

Ibu hamil yang seorang peminum dapat mengalami sindrom fetal alkohol, biasanya anaknya akan mengalami kelainan seperti masalah persendian tulang dan kelainan jantung. Walaupun beberapa membolehkan minum alkohol dengan dalih menghangatkan badan pada musim dingin, yang terbaik tetap menghindari dari konsumsi alkohol.

Ketiga, Merokok

Menurut penelitian, bayi yang lahir dari ibu yang merokok saat kehamilan biasanya lebih rendah daripada bayi yang lahir dari ibu yang tidak merokok. Dan lagi, perempuan perokok berisiko melahirkan bayi premature. Mungkin ada yang memberi solusi bagi perempuan perokok agar banyak minum dan konsumsi suplemen, namun yang terbaik adalah menyuruh perempuan itu berhenti, setidaknya saat kemahilan tengah berlangsung serta menyusui.

Keempat, Hindari Penggunaan Obat-obatan Terlarang

Ini jelas sangat merugikan baik bagi ibu maupun jabang bayinya. Jadi sedapat mungkin suami ataupun pihak terdekat untuk menghindarkan ibunda dari obat-obatan terlarang, kecuali obat-obatan sesuai dengan resep dokter. Namun, yang terbaik ialah tanpa asupan obat-obatan kimiawi saat kehamilan.

Demikianlah empat hal yang berpengaruh toksin pada kehamilan yang dialami oleh perempuan. Sebisa mungkin para bumil alias ibu hamil tidak mendekati keempat hal itu, ya. Salam sehat!

Foto Profil dari Taufiq Firdaus A. Atmadja
Pembelajar asal Garut. Lulusan Ilmu Gizi IPB, Bogor. Alumni MAN Insan Cendekia, Serpong. Salah satu pengajar di lembaga bimbingan belajar di Kota Bogor, dan tentor lepas bagi beberapa murid privat. Bidang ampu mata ajar Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi SMP/SMA.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...