Kesehatan / Informasi / Hipertensi Dapat Dicegah Sejak Dini

Hipertensi Dapat Dicegah Sejak Dini

Hipertensi menurut WHO – International Society of Hypertension adalah naiknya tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg disertai tekanan darah diastolic lebih dari 90 mmHg. Apabila sistolik antara 140-149 mmHg serta diastolic 90-94 mmHg, maka dikategorikan sebagai borderline hypertention. Namun terdapat kondisi yang menunjukkan kurangnya sistolik atau sama dengan 90 mmHg diikuti dengan diastolic 140 mmHg atau lebih, juga diklasifikasikan sebagai darah tinggi (isolated systolic hypertension). Adapun klasifikasi hipertensi menurut WHO adalah sebagai berikut:

 

Hipertensi

 

Peningkatan tekanan darah cenderung rendah pada bayi dan mulai meningkat pada masa kanak-kanak. Kemudian akan meningkat lebih nyata selama masa pertumbuhan dan pematangan fisik di usia remaja. Perubahan akan lebih nyata pada laki-laki dibandingkan pada perempuan, dan semakin nyata pada mereka yang mengalami berat badan berlebih atau obesitas.

Hasil studi Kotchen menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara kegemukan dengan hipertensi serta hubungan langsung antara perubahaan berat badan dengan tekanan darah. Hipertensi pada anak-anak cenderung berlanjut pada masa dewasa dan sebagian besar anak yang mengalami kegemukan akan menjadi orang dewasa yang gemuk.

Pencegahan kegemukan yang dimulai sejuk dini akan menjadi penting sebagai pencegah utama hipertensi dan penyakit kardiovaskuler. Menurt MacMahon, diperkirakan 20 sampai 30 persen masalah darah tinggi dihubungkan dengan kelebihan berat badan.

Setelah masa remaja, laju peningkatan tekanan darah sejalan dengan bertambahnya usia sangat bervariasi. Pada beberapa orang perubahaan tidak signifikan, pada sebagian lainnya sangat nyata. Perbedaan ini dapat disebabkan oleh faktor bawaan ataupun kebiasaan cara hidup dan pola makan.

Dari pemaparan tersebut risiko darah tinggi bisa diminimalisir dengan gaya hidup sehat. Dan merupaya agar berat badan tetap dalam status normal. Olahraga menjadi sangat penting dalam hal ini. Tetapi diet keseharian pun harus diperhatikan agar tekanan darah tidak melonjak naik. Anda bisa memulai langkah mencegah sejak dini dengan menjaga berat badan normal termasuk pada anak-anak, jangan sampai mereka masuk dalam kategori berat tubuh berlebih. Dan mulailah mengurangi asupan garam pada diet keseharian Anda dan keluarga.

Foto Profil dari Taufiq Firdaus A. Atmadja
Pembelajar asal Garut. Lulusan Ilmu Gizi IPB, Bogor. Alumni MAN Insan Cendekia, Serpong. Salah satu pengajar di lembaga bimbingan belajar di Kota Bogor, dan tentor lepas bagi beberapa murid privat. Bidang ampu mata ajar Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi SMP/SMA.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...