Kesehatan / Informasi / Enam Hal Tentang Kebersihan Diri yang Perlu Diperhatikan

Enam Hal Tentang Kebersihan Diri yang Perlu Diperhatikan

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan pepatah hemat pangkal kaya, begitupun dengan pepatah bersih pangkal sehat. Karena memang, hidup bersih dan sehat dapat membuat kita terhindar dari penyakit. Jadi tidak salah kalau kebersihan itu pangkal kesehatan. Mengapa? Karena kita harus menjaga kebersihan diri agar tubuh kita selalu sehat, kuat, dan tidak mudah sakit, serta terhindar dari penularan penyakit. Di sini kita persempit pembahasan terhadap kebersihan diri, meskipun kebersihan lingkungan dan pangan juga mempengaruhi kesehatan manusia seutuhnya. Namun, tentu kita harus juga memperhatikan kebersihan diri. Apa sajakah kebersihan diri itu?

Berikut ini aneka aspek kebersihan diri yang harus diperhatikan oleh kita, termasuk oleh para orang tua agar mengajarkannya kepada anak-anak mereka, agar memerhatikan kebersihan diri. Kurang lebih ada enam kebersihan diri yang menjadi pokok dan harus dibersihkan selalu. Apa ya kira-kira? Berikut ini Keenam kebersihan diri yang harus menjadi prioritas.

Pertama: kebersihan tangan.

Tangan yang kotor merupakan sumber kuman sehingga kita harus selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah dari jamban, dan setelah dari memegang hewan. Bila perlu, selain menggunakan air, gunakan pula sabun antibakteri saat mencuci tangan, dan pastikan airnya mengalir, jangan seperti mencuci dalam kobokan.

Kedua: kebersihan badan.

Sebagaimana hewan perlu mandi. Manusia pun begitu. Setiap harinya kita harus mandi 2 x dalam sehari, pagi dan sore. Pastikan airnya bersih dan gunakan sabun mandi. Dan kalau sudah, keringkan dengan handuk yang bersih pula.

Ketiga: kebersihan rambut.

Nah, khususnya bagi mereka yang memiliki rambut, dalam seminggu harus keramat sedikitnya 3 x. Biar bebas dari kutu, ketombe, dan gatal-gatal dan tentunya agar rambut tidak rusak. Seperti biasanya gunakan air bersih dan sampo sesuai peruntukkannya.

Keempat: kebersihan mulut dan gigi.

Gosok gigi nggak cuma harus ditekankan pada anak-anak, orang dewasa pun wajib gosok gigi. Minimal setiap pagi sebelum sarapan dan sebelum tidur. Akan lebih baik jika sehabis makan pun kita gosok gigi atau minimal kumur-kumur. Agar apa? Tentunya supaya nggak bau mulut dan terhindar dari keropos gigi, dan hal itu sama menakutkannya dengan keropos tulang tentunya. Gunakan sikat gigi yang lembut dan ganti secara periodik, dan pasta gigi sesuai peruntukkannya.

Kelima: kebersihan kuku.

Kuku kaki dan jemari perlu sekali kita bersihkan, agar tidak ada kotoran. Tidak hanya itu, perlu juga digunting agar tidak terlalu panjang dan membahayakan. Dalam hal ini sebaiknya guntinglah kuku minimal 2 minggu sekali.

Keenam: kebersihan telinga dan hidung.

Telinga dan hidung adalah bagian dari tubuh yang berfungsi sebagai alat indera pendengaran dan penciuman yang harus dijaga kesehatan dan kebersihannya. Bersihkan telinga dan hidung secara rutin dan hati-hati dengan menggunakan kapas atau tisu yang lembut, serta alat pembersih khususnya.

Nah, sekarang sudah saatnya kita melaksanakannya. Jangan sampai lupa menjaga kebersihan diri. Karena kebersihan itu pangkal kesehatan manusia seutuhnya. Salam bersih itu sehat! Ingat juga ya, untuk senantiasa berhemat air!

Foto Profil dari Taufiq Firdaus A. Atmadja
Pembelajar asal Garut. Lulusan Ilmu Gizi IPB, Bogor. Alumni MAN Insan Cendekia, Serpong. Salah satu pengajar di lembaga bimbingan belajar di Kota Bogor, dan tentor lepas bagi beberapa murid privat. Bidang ampu mata ajar Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi SMP/SMA.

2 comments

  1. Sangat bermanfaat! hal ini mengingatkan kita bahwa kebersihan itu memang wajib diperhatikan walau terkadang kebanyakkan kelihatannya sepele :)

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...