Kesehatan / Wawasan / Diet Sehat dengan Dodol dan Sale Pisang

Diet Sehat dengan Dodol dan Sale Pisang

Tidak banyak yang mengetahui, bahwa rendahnya kadar natrium dalam dodol membuatnya menjadi salah satu makanan yang baik untuk diet sehat meredakan dan mencegah hipertensi. Apakah Anda menyukai jajanan klasik bernama dodol untuk diet sehat Anda? Kalau orang Garut pasti sudah tidak asing dengan kudapan diet sehat yang satu ini.

Dodol Untuk Diet Sehat

Dodol Amurang dibungkus daun kelapa.
Gambar: manadopostonline.c

Sebenarnya, hampir setiap daerah memiliki makanan sejenis dodol yang hanya berbeda dipenamaan tetapi prinsip pembuatan dan bahan utamanya sama saja. Salah satu ciri khas dodol adalah rasanya yang manis dan lengket. Bahan dasarnya dari tepung ketan. Kita ketahui bahwa beras ketan itu sendiri sebagai bahan dasar sudah sangat bergizi (silakan rujuk Beras Ketan dan Kandungan Gizinya). Sedangkan rasa manisnya berasal utamanya dari gula merah, dan bahan penting lainnya yaitu santan kelapa.

Kalau dilihat dari segi tiga bahan pokok penyusunnya, kita cenderung menghindari mengkonsumsinya sebagai bagian dari diet sehat keseharian kita. Padahal masing-masing memiliki keunggulannya sendiri-sendiri. Misalnya santan berdasarkan kandungan di dalamnya kaya akan lemak jenuh yang dikatakan kurang sehat, tetapi santan juga kaya dengan asam laurat dan kaproat yang berfungsi sebagai antimikrobial dan antiviral. Artinya sejauh konsumsinya tidak berlebihan sebagai bagian dari diet sehat, dodol aman dikonsumsi. Dan selain tiga bahan itu kadang dicampur dengan buah-buahaan.

Rasa manis pada dodol umumnya dihindari oleh kita dalam diet sehat keseharian. Padahal kandungan kalori dodol lebih rendah jika dibandingan dengan kue-kue lainnya. Dalam dodol seberat 22 gram hanya berisi 71 kilokalori. Secara tidak langsung, dodol menjadi menu diet sehat yang baik bagi kita. Selain itu seperti di muka telah dibahas bahwa beras ketan itu sendiri kaya dengan zat besi yang jarang ditemui pada kue-kue lainnya.

Fakta lainnya mengapa dodol jarang ada di tempat jualan kue di mal-mal itu? Karena jajanan yang satu ini barangkali terlalu menyehatkan untuk diet sehat dan tidak membuat efek candu. Dan lagi pembuatannya masih tradisional jadi agak merepotkan, padahal lebih menyehatkan.

Terus apa lagi yang baik untuk diet sehat? Sale pisang!

Sale Pisang

gambar: commons.wikimedia.org

Kudapan yang satu ini kaya karbohidrat, mineral serta vitamin lho. Karena itu sale pisang sangat cocok menjadi camilan pada saat tubuh butuh energi atau pas jam makan untuk selingan sekitar pukul sepuluh pagi atau pukul lima belas sore. Soal kandungan lemak, sale pisang rendah lipid!

Sama halnya dengan dodol. Sale pisang ini lazim dijumpai di kawasan Jawa Barat. Sebagai sebuah produk inovasi dari pisang yang secara umum sudah sehat, ternyata saat dibikin menjadi sale semakin tinggi kandungan gizinya. Adapun komposisi gizi sale pisang sangat bervariasi, tergantung pada jenis pisangnya itu sendiri, tingkat kematangan pisang, cara pengolaan, dan pengemasannya. Rendahnya kadar air akan menghambat pertumbuhan mikroorganisme sehingga memperpanjang daya simpan. Dengan kata lain, menyalekan pisang adalah salah satu proses dari pengawetan pada dasarnya.

Untuk zat gizi utamanya adalah karbohidrat. Kandungan lemaknya rendah, kecuali pada sale pisang yang digoreng. Sumber gizi lainnya yang unggul dalam sale pisang adalah mineral utamanya kalsium fospor, dan zat besi serta vitamin C, B, A. Dengan aneka kandungan tersebut, sale pisang menjadi cara diet sehat yang baik bagi kita.

Hanya saja, keduanya memang sangat sulit dijumpai sekarang-sekarang ini. Kecuali di daerah-daerah tertentu. Sudah waktunya kita melakukan diet sehat dengan jajajan tradisional yang bermanfaat. Karena rata-rata kue yang dijual di pusat perbelanjaan lebih mirip menu restoran-restoran junk food  yang harus dihindari. Untuk anak-anak, sebaiknya diarahkan pula untuk memakan camilan yang baik untuk diet sehat keseharian mereka.

Foto Profil dari Taufiq Firdaus A. Atmadja
Pembelajar asal Garut. Lulusan Ilmu Gizi IPB, Bogor. Alumni MAN Insan Cendekia, Serpong. Salah satu pengajar di lembaga bimbingan belajar di Kota Bogor, dan tentor lepas bagi beberapa murid privat. Bidang ampu mata ajar Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi SMP/SMA.

4 comments

  1. Astaga, aku baru tau kalau kandungan dalam dodol itu justru rendah lemak. Aku pikirnya kan dodol manis tuh pasti bikin gemuk, ternyata faktanya menarik banget malahan bisa untuk diet. Nah kalau gini sih aku mau diet mengingat berat badanku yang sudah tidak sehat lagi. Terimakasih mas Taufiq atas infonya yang sangat bermanfaat ini :)

  2. infonya sangat menarik… buat aku yang suka makanan manis, tapi pengen diet, gak nyangka loh bahwa dodol dan pisang sale itu baik buat diet. Terima kasih tips dan infonya.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...