Kesehatan / Informasi / Benarkah Es Krim Tidak Menyehatkan?

Benarkah Es Krim Tidak Menyehatkan?

Cara sehat menikmati es krim adalah dengan menambahkan buah-buahan segar! ilustrasi dari todayifoundout.com

Es krim dicampur dengan buah segar adalah cara sehat menikmati menu olahan dari susu ini!

Es krim adalah olahan dari susu yang disukai banyak orang. Secara umum es krim merupakan menu dengan nutrisi yang relatif lengkap. Di dalamnya kita dapat memperoleh protein, lemak, dan karbohidrat dalam komposisi yang imbang. Selain itu kita pun dapat memperoleh asupan vitamin dan mineral yang berasal dari susu sebagai bahan baku utamanya. Secara ringkas menu tersebut dapat dikatakan penuh dengan kalori sekaligus memasok nutrisi makro bagi tubuh.

Kualitas menu ini bergantung pada bahan baku yang digunakan. Sebagai sumber lemak, kualitas lemaknya bergantung pada susu yang digunakan sebagai bahan baku utama pembuatannya. Susu pada es krim termasuk ke dalam lemak jenuh. Kandungan kolesterol es krim berkisar 45 miligram per 100 gram es krim.

Banyak orang khawatir khususnya orang tua terhadap lemak jenuh yang dikandung oleh es krim. Sehingga anak-anak senantiasa diwanti-wanti agar menghindari es krim, selain utamanya agar gigi tidak rusak, tetapi juga soal lemak di dalamnya. Dan banyak pertanyaan soal apakah es krim termasuk menu yang menyehatkan bila dikonsumsi? Jawaban umum atas pertanyaan tersebut sebenarnya mudah, karena komposisinya kaya dengan gizi maka es krim itu menyehatkan pada dasarnya. Jika bahan baku yang digunakan memang bermutu tinggi dan tanpa bahan-bahan tambahan berbahaya seperti pemanis ataupun perasa, pewarna serta pengawet berbahaya, kecuali sudah mendapatkan izin dari otoritas yang terkait.

Di sini kecerdasan konsumen memang dituntut, agar melihat dan mencari tahu komponen pembuatan es krim yang hendak dibeli. Insya Allah, sejauh terdaftar dan ada label halal, es krim aman dikonsumsi. Atau jika ragu, apa salahnya membuat ek krim sendiri di rumah? Atau membeli es krim yang masih dibuat secara konvensional, dengan resep turun-temurun.

Untuk diwaspadai

Memang tidak ada pantangan untuk mengkonsumsi menu yang satu ini. Asalkan bahan-bahan yang digunakan memang terjamin mutunya. Hanya saja, yang menjadi persoalan adalah penambahan gula sederhana seperti gula pasir. Di mana gula yang satu ini memang sebaiknya dihindari dan jangan mengkonsumsinya terlalu banyak, sedangkan pada es krim biasanya dominan rasa manis dari gula sederhana. Tetapi, kalau konsumsinya sekadarnya saja, menu ini tetap aman dikonsumsi.

Solusi atas gula pada es krim

Karena kita tidak mungkin  bisa mengurangi kadar gula dalam suatu es krim apalagi beli dalam kemasan di supermarket. Ada solusinya agar dampak buruk gula tidak lantas mengganggu kita. Caranya konsumsilah menu ini bersama buah-buahan segar. Karena serat buah dapat mempercepat waktu singgah gula sehingga tidak masuk semua ke pembuluh darah. Tetapi justru cepat dibuang ke saluran pembuangan kita. Solusi ini juga dapat mencegah atau mengkontrol konsumsinya, karena kita akan cepat kenyang.

Bagaimana dengan kegemukan dan diabetes?

Tidak perlu takut gemuk hanya gara-gara makan es krim. Walaupun kalorinya tinggi. Jika kita mengkonsumsi sewajarnya saja, maka es krim tidak akan membuat kita menjadi gemuk. Tetapi hindarilah konsumsi menu yang satu ini apalagi dicampur dengan roti, ataupun ada yang namanya es krim goreng, itu tidak baik. Karena kadar karbo dan minyaknya sangat mungkin membuat Anda gemuk. Makanlah es krim biasa dengan buah-buahaan. Jika Anda sedang diet rendah lemak menu yang satu ini cocok. Tetapi jika sedang diet rendah kalori dan gula sebaiknya hindari makan es krim. Sebaiknya memang, para penderita diabetes mellitus tidak mengkonsumsi menu yang satu ini. Dan untuk anak-anak, pastikan mereka menggosok gigi selepas memakannya, dan kontrol juga asupannya!

sumber gambar:  todayifoundout.com

Foto Profil dari Taufiq Firdaus A. Atmadja
Pembelajar asal Garut. Lulusan Ilmu Gizi IPB, Bogor. Alumni MAN Insan Cendekia, Serpong. Salah satu pengajar di lembaga bimbingan belajar di Kota Bogor, dan tentor lepas bagi beberapa murid privat. Bidang ampu mata ajar Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi SMP/SMA.

8 comments

  1. Wah, pengetahuan baru nih buat aku. Memang waktu aku kecil, aku sering diingatkan untuk tidak jajan es krim, katanya bisa bikin batuk. Waktu itu sih aku nurut aja. Tapi memang es krim yang dijual di sekitarku waktu itu perlu dipertanyakan kehigienisannya. Dan aku baik-baik saja kalau makan es krim yang sudah jelas merknya.
    Tips untuk solusi gula pada es krim juga bagus tuh.
    Terima kasih infonya :)

  2. Pertama baca judulnya agak kurang setuju juga. Soalnya saya penyuka es krim.
    Hmm terima kasihatas postingannya yah

  3. Infonya sangat berguna banget buat semua orang terutama bagi orang yg salah pngrtian trhdap eskrim yg dibilang tidak sehatlah atau apalah,skrg saya tau jka eskrim tdk trlalu mmbhykn utk kesehatan jika bahan bakunya bermutu tinggi, apalgi kebetulan saya penyuka eskrim^^

  4. intinya nggak semua jenis es krim itu baik untuk dikonsumsi, kembali lagi kepada konsumennya untuk “pintar” dalam mengkonsumsi jajanan termasuk esk krim….

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...