Kesehatan / Wawasan / Antioksidan Teh Cegah Risiko Kanker

Antioksidan Teh Cegah Risiko Kanker

Seduhan teh nikmat warna minumannya tidak terlalu pekat tetapi tetap sehat! gambar: baike.com

Seduhan teh nikmat warna minumannya tidak terlalu pekat tetapi tetap sehat!
gambar: baike.com

Hampir semua orang pernah minum teh. Saya rasa Anda pun pernah, bukan? Selain nikmat, minuman asal Tiongkok ini memang mempunyai banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Kini minuman tersebut semakin dinikmati. Hal itu menjadi wajar karena selain menyegarkan, kita juga bisa mendapatkan manfaatnya. Beberapa penyakit seperti jantung, kanker, dan anemia bisa dicegah dengan meminumnya secara teratur.

Adalah dr. Andreas Clever, seorang Jerman yang telah memperkenalkan teh di Indonesia pada tahun 1864. Sedangkan budaya minumnya sendiri sudah dilakukan sejak 2737 sebelum masehi di negeri tirai bambu sana. Di Indonesia  sendiri dikenal dua macam , yaitu Camellia sinensis varietas assamica yang diolah menjadi teh hitam dan Camellia sinensis varietas sinensis yang menjadi bahan baku teh hijau atau oolong, yang merupakan teh cina yang dikenal kenikmatannya.

Selain dari jenisnya juga dibedakan dari proses fermentasinya. Semakin lama proses fermentasinya, warna daun yang hijau akan berubah menjadi cokelat dan akhirnya kehitaman. Selain itu, proses pembakaran sangat menentukan citarasa teh dan aromanya. Adapun teh yang tanpa proses fermentasi biasanya disebut dengan green tea. Teh hijau sendiri menjadi salah satu yang difavoritkan karena dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Tidak hanya itu, banyak penelitian ilmiah yang mengungkap manfaatnya. Hasilnya sudah menakjubkan. Senyawa kimia yang terkandung seperti asam tonik bermanfaat sebagai antiradang. Sedangkan kandungan kafeinnya lebih rendah sehingga tepat untuk menstimulus sistem metabolik tubuh dan meningkatkan fungsi otak. Selain itu, senyawa polifenol jenis katekin dan theaflavin, yang berfungsi sebagai antioksidan teh, membantu menormalkan tekanan darah tinggi. Zat antioksida teh juga membantu mengeluarkan radikal bebas dari tubuh sehingga kita dapat terhindar dari keracuanan serta risiko mengidap kanker. Senyawa lainnya seperti theanin dapat berguna untuk relaksaksi dan katekinnya terbukti ampuh melawan sel kanker.

Dari aspek manfaatnya memang tidak diragukan lagi, tetapi untuk diingat sama seperti dengan susu tidak boleh diminum sebagai pengganti air mineral atau putih. Jadi, kalau haus tetap minum air mineral. Minum teh bisa di waktu sore atau lagi santai. Dan ada baiknya hindari teh manis yang terlalu banyak gula! Teh murni lebih menyehatkan!

Sebagai tambahan berikut ini ada lima tip seputar teh agar kita semakin mantap dalam mengkonsumsi teh serta memperoleh faedah darinya:

  • Pastikan wadah untuk air teh dari keramik atau tembikar. Agar tahan panas dan tidak menyerap aroma khas tehnya
  • Jangan seduh teh terlalu panas, cukup dengan air bersuhu sekitar 80 derajat celsius. Agar beberapa zat tidak terlalu banyak terekstrak dan warna terlalu pekat serta supaya aroma tetap prima
  • Jangan merebusnya. Baiknya dimasukkan ke dalam gelas lalu disiram air panas
  • Sebaiknya diminum selagi hangat dan bisa ditambah dengan susu, mint, jeruk lemon maupun madu, lebih baik kalau murni tanpa tambahan apapun
  • Jika menyeduh dalam bentuk celup dengan wadah teh pencelup yang transparan sebaiknya jangan terlalu lama, jika yakin airnya sudah beraroma dan berwarna teh sebaiknya diangkat, untuk selanjutnya dapat digunakan sebagai masker wajah dan mata
  • Simpan dalam tempat yang tertutup

Itulah beberapa tip agar khasiat teh dapat kita peroleh dengan maksimal. Dan sudah saatnya kita mengajarkan anak-anak agar menyukai minuman ini, tetapi hindari terlalu sering minum teh dalam botolan atau gelasan plastik yang banyak mengandung gula-gulaan itu. Mari minum yang murni!

Foto Profil dari Taufiq Firdaus A. Atmadja
Pembelajar asal Garut. Lulusan Ilmu Gizi IPB, Bogor. Alumni MAN Insan Cendekia, Serpong. Salah satu pengajar di lembaga bimbingan belajar di Kota Bogor, dan tentor lepas bagi beberapa murid privat. Bidang ampu mata ajar Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi SMP/SMA.

3 comments

  1. Asy-syifaa Halimatu Sadiah

    Yang aku tahu juga kalau teh yang sudah dibasikan bisa sebagai perias wajah, rasanya wajah lebih segar dan kenyal. Terlebih, teh juga cocok untuk mengobati rasa sakit haid pada perempuan. Itu sih manfaat teh yang aku rasakan selain diminum seperti biasa. Tapi, benar nggak sih ada kandungan yang kurang baik dalam teh kalau sudah sangat lama sekali dibiarkan?

    • Foto Profil dari Taufiq Firdaus A. Atmadja

      Sebaiknya memang, kalau bikin minuman teh sendiri tidak dalam kemasan harus langsung diminum, tidak dibiarkan terlalu lama, apalagi sampai dimalamkan. Karena akan ada proses pembasian pada zat-zatnya. Bagaimana pun konsumsi teh tidak boleh menggantikan konsumsi air mineral. Karena kalau berlebih minum teh, bisa berisiko anemia. Semoga info ini menjawab pertanyaannya Sadiah, ya. Terima kasih.

  2. Apakah minum es teh dapat membahayakan kesehatan? Bagaimana efeknya jika minum es teh setelah makan?

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...