Kesehatan / Wawasan / 3 Lemak Sehat untuk Kesehatan Otak

3 Lemak Sehat untuk Kesehatan Otak

Ikan Salmon

sumber: mnn.com

Otak merupakan organ yang bertanggungjawab terhadap seluruh aktivitas tubuh. Sistem kendali semua perintah di tubuh kita berada di bawah koordinasi otak. Menurut Lingga, kinerja otak bergantung oleh lemak karena lebih dari 60% penyusun otak kita adalah lemak. Karena itu salah satu makanan yang dibutuhkan oleh otak adalah lemak. Hanya saja yang mendukung kinerja otak hanyalah lemak yang sehat. Ada tiga lemak yang baiknya dicukupi kebutuhannya oleh kita agar fungsi otak berjalan dengan baik. Adapun ketiga lemak tersebut adalah sebagai berikut:

Omega-3

Tidak ada nutrisi yang lebih berguna bagi otak melebihi omega-3. Sejak masih dalam kandungan, manusia memerlukan pasokan omega-3. Dan ikan merupakan sumber utama untuk memeroleh omega-3 alami. Manfaat apa yang didapat dengan gemar makan ikan yang kaya dengan omega-3? Sejak janin hal itu difungsikan agar bayi tidak mengalami cacat otak. Omega-3 juga diperlukan untuk menjaga fleksibilitas otak, dan hal utama ialah agar otak terlindung dari bahaya lemak trans.

Tidak hanya itu, menurut hasil penelitian dalam jurnal Achives of Neurology, seseorang yang sering makan ikan tidak beresiko mengalami kepikunan yang parah dalam usia yang masih produktif. Jika kemudian seseorang tidak suka mengkonsumsi ikan atau alergi makan ikan, sebaiknya mengkonsumsi suplemen sumber omega-3 lainnya yang memang tidak hanya bersumber dari ikanan.

Minyak zaitun

Buah yang disebutkan dalam alquran ini memang dapat diolah menjadi minyak. Secara umum minyak zaitun dari buah zaitun termasuk ke dalam lemak yang sehat. Minyak yang termasuk MUFA atau mono unsaturated fatty acid merupakan pelumas sekaligus nutrisi yang baik untuk otak kita. Dalam hal ini, asupan MUFA bermanfaat untuk mempertahankan keutuhan membran sel dan mitokondria otak, serta menjadi pelindung materi genetik yang menyusun otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

MUFA dan sejumlah flavonoid yang terdapat pada minyak zaitun berkhasiat sebagai antioksidan khususnya untuk melindungi kolesterol yang menyusun otak dari oksidasi yang akan menghasilkan radikal bebas peroksida. Oksidasi kolesterol menyebabkan kerusakan otak yang berujung pada serangan stroke. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung vitamin E dan omega-9 yang berfungsi untuk melindungi otak.

Minyak kelapa, bukan kelapa sawit!

Minyak kelapa memiliki struktur yang mirip dengan ASI. Strukturnya yang unik memungkinkan tubuh dapat mengabsorpsinya dengan sempurna seperti halnya ASI. Lemak yang kaya energi ini berguna bagi seluruh sel tubuh termasuk otak kita, dan lebih baik daripada minyak kelapa sawit apalagi minyak kedelai. Disarankan untuk memasak setiap makanan dengan minyak kelapa daripada minyak tak jenuh lainnya. DanĀ  bila perlu konsumsi minyak kelapa sebagai olesan pada roti saat sarapan, campuran salad jika tidak ada minyak zaitun, dan lainnya sebagai pengganti margarin atau mentega.

Nah, itulah tiga lemak yang bermanfaat bagi kesehatan otak kita. Tapi, sebagaimana pangan yang bernilai lainnya, konsumsi yang baik serta tidak secara berlebihan sangat dianjurkan sebab seberapapun dibutuhkan oleh tubuh jika berlebihan tidak akan memberikan kebaikan justru akan timbul permasalahan baru. Jadi, tetap hati-hati! :)

Foto Profil dari Taufiq Firdaus A. Atmadja
Pembelajar asal Garut. Lulusan Ilmu Gizi IPB, Bogor. Alumni MAN Insan Cendekia, Serpong. Salah satu pengajar di lembaga bimbingan belajar di Kota Bogor, dan tentor lepas bagi beberapa murid privat. Bidang ampu mata ajar Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi SMP/SMA.

2 comments

  1. Minyak kelapa ya,,itu mah mudah didapat,,kadang emakku buat minyak kelapa sendiri,,nah dari 1 buah kopra (kelapa) emak bisa membuatnya sendiri,,,kopra dicuci bersih, kemudian diparut, diperas dan diambil sarinya. kemudian sarinya di masak sampai menyerupai minyak pada umumnya,,baunya harum banget,,aku senang,,,biasanya sama emak dibuat obat minyak kelapa itu,,

    • Foto Profil dari Taufiq Firdaus A. Atmadja

      Mbak Dwi
      Great! Itulah cara orang dulu menikmati lemak yang sehat! Mantap, walaupun sekarang sudah jarang yang begitu. Semua jadi kelapa sawit, padahal justru riset membuktikan minyak kelapa jauh lebih bagus dan menyehatkan. Tapi itulah tipu muslihat industri barat.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...