Kesehatan / Makanan Sehat / 10 Makanan Tersehat untuk Otak

10 Makanan Tersehat untuk Otak

Sehatkan Otak dengan Makanan Bergizi bukan Obat-obatan Kimiawi

Sehatkan Otak dengan Makanan Bergizi bukan Obat-obatan Kimiawi

Otak manusia adalah organ vital yang mengatur banyak fungsi organ tubuh lainnya. Tidak hanya terkait daya ingat. Sebagaimana organ badan lainnya, otak pun butuh asupan nutrisi yang baik agar kesehatannya senantiasa terjaga, sehingga kita dapat meningkatkan kemampuan daya otak kita yang umumnya baru digunakan beberapa persen ini. Dan berikut ini dipaparkan sepuluh makanan terbaik untuk kesehatan otak yang dapat Anda konsumsi dan menjadi bagian dari diet harian Anda, tidak harus semuanya, Anda bisa pilih salah satu atau kombinasi dari beberapa makanan yang ada:

1. Gandum Utuh: konsumsi pangan yang satu ini meningkatkan aliran darah ke otak yang membawa sarisari makanan serta oksigen. Karena banyak mengandung vitamin B6, gandum utuh berguna untuk meningkatkan kinerja otak. Dan unsur tiamin di dalamnya berfungsi untuk meningkatkan kemampuan daya ingat. Dan karena pada usia 60-an ke atas daya ingat menurun, maka konsumsi gandum utuh sangat baik bagi lansia. Dan sebagai pencegahan baik dikonsumsi oleh mereka yang masih muda.

2. Telur: pangan yang satu ini memang sempurna sekali zat gizinya. Kegunaannya ialah mencegah terjadinya pengecilan otak. Dan terhindar dari alzheimer. Baiknya konsumsi telur antara 1 sampai 2 butir per hari, baiknya dengan direbus.

3. Tiram: pangan satu ini kaya zat besi dan seng, dua unsur gizi yang sangat diperlukan untuk ketajaman otak kita! Orang francis sangat suka dengan tiram, sudah saatnya kita pun mengonsumsinya!

4. Teh hijau: kandungan catechin dalam teh hijau sangat berguna bagi otak. Tidak ada salahnya Anda mengonsumsi teh hijau satu cangkir per hari dalam kondisi hangat.

5. Beri: buah yang satu ini kaya antioksidan, sangat cocok untuk kesehatan otak. Zat fitesin dan flavonoidnya membantu meningkatkan kemampuan ingatan kita.

6. Bumbu kari: yang satu ini mungkin populer di India, ternyata berguna untuk menjaga otak tetap segar dan jauh dari stres. Dan diduga, kari juga baik untuk mencegah diabetes dan sakit jantung.

7. Sayuran hijau: kubis, bayam, dan kangkung. ketiganya sangat baik bagi perkembangan otak.

8. Kacang-kacangan dan biji-bijian: kacang tanah, kemiri, mede, kenari, biji labu, biji bunga matahari, kesemuanya itu baik bagi otak untuk berpikir jernih dan cepat. Dan kandungan omega-3 dan 6 pada kacang-kacangan dan biji-bijian dapat mengurangi depresi dan bikin otak rileks.

9. Ikan-ikanan: khususnya ikan salmon. Karena omega-3 pada ikan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak.

10. Cokelat hitam: ini adalah pangan terbaik bagi otak, tetapi harus cokelat murni, dalam artian tidak banyak campuran gula ataupun susu, rasanya memang pahit, tetapi baik sekali bagi kesehatan otak kita.

Demikianlah kesepuluh daftar makanan yang dapat dikonsumsi dan meningkatkan kesehatan otak kita. Satu hal yang harus diingat, sekalipun kesepuluh makanan itu menyehatkan, konsumsinya tidak boleh secara berlebih juga. Konsumsilah dalam jumlah wajar.

sumber gambar:  artikelkesehatan99.com

Foto Profil dari Taufiq Firdaus A. Atmadja
Pembelajar asal Garut. Lulusan Ilmu Gizi IPB, Bogor. Alumni MAN Insan Cendekia, Serpong. Salah satu pengajar di lembaga bimbingan belajar di Kota Bogor, dan tentor lepas bagi beberapa murid privat. Bidang ampu mata ajar Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi SMP/SMA.

6 comments

  1. baru tau kalo tiram, teh hijau, bumbu kari dan coklat hitam punya manfaat untuk otak. terimakasih infonya..

  2. Foto Profil dari

    Wah hrus prbnyak mkan telur nih biar trhindar dri alzheimer

  3. Kalau ikan asin/sudah di awetkan apa masih bagus buat otak?

  4. Foto Profil dari Taufiq Firdaus A. Atmadja

    pada saat ikan diberikan proses peng-asin-an/ diawetkan maka selama proses pengawetan tersebut kandungan minyak omega-3 pada ikan akan ikut menurun sehingga kualitas minyak akan menurun juga dan manfaat minyak yang terdapat pada ikan semakin berkurang.

    Alangkah baiknya konsumsi ikan adalah pada saat ikan masih dalam keadaaan segar, bukan ikan asin, atau yang sudah diawetkan.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...