Kesehatan / Ibu dan Anak / Jenis Olahraga Berikut Ini Sangat Cocok Dilakukan Ibu Hamil

Jenis Olahraga Berikut Ini Sangat Cocok Dilakukan Ibu Hamil

Berolahraga saat hamil? Mengapa tidak…

Olahraga untuk ibu hamil - Ketika sedang hamil olahraga termasuk salah satu aktifitas yang penting. Mengapa? Karena organ-organ di dalam tubuh 2 kali bekerja untuk menopang kehamilan. Meskipun ketika sedang hamil para ibu disarankan untuk tidak melakukan pekerjaan yang membuatnya merasa lelah dan meluangkan lebih banyak waktu istirahat namun hal ini harusnya tidak membuat sang ibu hamil untuk mengabaikan pentingnya olahraga. Berkat olahraga ibu hamil dapat meningkatkan keburagan dan kesehatan pada kehamilannya seperti memperbaiki kinerja jantung, mengatur berat badan tanpa membuat stress yang mempengaruhi kesehatan janin. Tentunya dengan jenis olahraga yang berbeda dengan para wanita yang sedang tidak hamil. Nah, jika anda ingin tahu jenis olahraga apa saja yang cocok untuk ibu hamil. Disini akan dijelaskan beberapa jenis olahraga tersebut. Dan pastinya sangat baik untuk para ibu hamil.

  • Menari

Menari adalah kegiatan yang menyenangkan dan banya orang sangat menikmati kegiatan ini. nah, para ibu hamil juga dapat memilih salah satu kegiatan ini untuk olahraga, dan pastinya bukan gerakan menari yang berat ya para ibu. Lakukanlah gerakan tari yang ringan dan santai dan pastinya anda sukai. Para ibu hamil juga bisa menggunakan jasa intruktur agar ibu tahu mana gerakan tari yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika sedang hamil.

  • Berenang

Berenang juga dapat dipilih oleh para ibu hamil. Beberapa fakta mengatakan berenang merupakan olahraga terbaik yang bisa dilakukan para ibu hamil. Hal ini dikarenakan berenang dapat mengurangi tekanan pada punggung dan kaki ibu hamil akibat aktifitas yang dilakukan setiap hari. Selain itu manfaat lain dari berenang adalah mengontrol kinerja jantung, mengurangi berat badan, dan menghindarkan para ibu hamil dari dehidrasi. Namun sama halnya dengan menari meskipun berenang menjadi olahraga terbaik, tetap saja ibu hamil tidak boleh terlalu keras melakukannya. Jika sudah lelah jangan dipaksakan melakukannya lagi, beristirahatlah.

  • Berjalan

Berjalan bisa menjadi pilihan olahraga untuk ibu hamil karena olahraga ini sangat mudah dan murah dilakukan. Selain itu bisa dilakukan dimana saja. Yang lebih menyenangkan lagi adalah karena berjalan membantu ibu untuk tidak stress pada kehamilan para ibu. Berjalan santai bersama dengan suami yang menemani atau hewan peliharan, bisa jadi pilihan. Namun tetap diingat bahwa berjalan ini juga ada aturannya. Jangan terlalu cepat melakukannya, karena pergerakan yang cepat ini dapat mempengaruhi janin dan membuat ibu cepat lelah.

  • Yoga

Para ibu hamil dapat memilih yoga untuk olahraga yang bisa dilakukan. Meski tidak semua gerakan yoga aman untuk dilakukan. Jika ingin melakukan yoga sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada para ahlinya atau ibu dapat menggunakan instruktur untuk memandu ibu melakukan olahraga ini. Manfaat yoga adalah dapat meningkatkan mood pada para ibu dan mampu membantu melancarkan proses persalinan.

  • Pilates

Pilates cukup disarankan sebagai olahraga yang baik untuk para ibu hamil. Karena menurut ahli dengan melakukan pila segera melakukan proses persalinan dan dipandu oleh instruktur khusus.

Nah, bagaimana para ibu hamil? Manakah olahraga yang ibu pilih? Semoga olahraga yang anda pilih nantinya membuat anda nyaman dan menyenangkan untuk dilakukan. Adalah kebahagiaan jika tulisan ini bermanfaat untuk anda semua.

sumber gambar : www.sitimarsifah.com

Penulis: Aida Sari

Foto Profil dari Aida Sari

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...