Kesehatan / Ibu dan Anak / 5 Makanan Yang TIDAK BAIK Untuk Dikonsumsi Bayi

5 Makanan Yang TIDAK BAIK Untuk Dikonsumsi Bayi

makanan bayi

Setiap ibu pasti selalu mandambakan bayinya yang sehat. Apapun akan dilakukan untuk sang bayi agar tetap terjaga kesehatannya. Termasuk menjaga makanan si bayi. Namun tidak jarang sebagian ibu tidak memiliki pengetahuan tentang makanan apa saja yang cocok dan tidak cocok untuk dikonsumsi bayi. Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas 5 makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi bayi.

 

1. SUSU SAPI

Taukah anda? Ketika bayi anda mengkonsumsi susu sapi sebenarnya membuat bayi anda akan kekurangan zat besi karena zat tersebut sangat kecil terkandung pada susu sapi. Dan susu sapi juga tidak kaya dengan vitamin C dan E. Meski pada orang dewasa susu sapi sangat sehat namun lain halnya pada bayi. Proses penyerapannya yang sulit membuat bayi akan mengalami masalah pencernaan. Apalagi pada bayi berumur kurang 1 tahun. Pemberian ASI lebih dianjurkan daripada susu sapi.

2. PUTIH TELUR

Telur memiliki dua bagian yaitu putih telur dan kuning telur. Pada orang dewasa telur juga memiliki banyak manfaat karena kaya akan nutrisi dan mineral. Namun manfaat tersebut tidak semua bisa dirasakan oleh bayi. Karena bayi hanya boleh mengkonsumsi kuningnya saja. Mengapa begitu? Karena ketika bayi mengkonsumsi putih telur, hal ini akan mempengaruhi pencernaan bayi dan akan menimbulkan masalah.

3. KACANG-KACANGAN

Segala jenis kacang-kacangan sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi bayi. Hal ini dikarenakan kacang-kacangan ini dapat membuat bayi tersedak. Tidak itu saja bahkan kacang yang telah diolah menjadi selai pun masih tetap tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh bayi karena pada sebagian bayi ada yang mengalami alergi jika mengkonsumsinya. Maka sebaiknya dikonsultasikan dulu ke dokter sebelum bayi anda mengkonsumsinya.

4. IKAN

Ikan sebaiknya jangan diberikan dulu pada bayi, karena kandungan merkuri pada ikan ini dapat membahayakan bagi tubuh bayi. Dan kandungan merkuri tersebut juga berbeda pada setiap jenis ikan, ada yang tinggi dan ada yang rendah. Selain itu bayi juga banyak yang alergi ketika mengkonsumsi ikan. Sebaiknya tunggu kira-kira hingga bayi berumur 3 tahun jika anda ingin bayi anda mengkonsumsinya.

 5. KEJU

Meskipun sebagian anak-anak menyukai keju namun, pada bayi tidak disarankan untuk mengkonsumsinya. Mengapa? Karena keju dibuat dengan proses fermentasi, sehingga dikhawatirkan beberapa bakteri yang terkandung pada keju belum mampu dicerna oleh bayi sehingga dapat membuat bayi anda terkena diare.

gambar : www.namabayiperempuan.web.id

Penulis: Aida Sari

Foto Profil dari Aida Sari

One comment

  1. Foto Profil dari Taufiq Firdaus A. Atmadja

    Kategori tidak baiknya bagi bayi umur berapa? Dan pada usia berapa buah hati dapat mengkonsumsi kelima makanan tersebut, yang pada dasarnya memiliki kandungan gizi pula. Lalu, makanan pendamping asi yang baik apa kira-kira?

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...