Kesehatan / Informasi / Waduh, Banyak Minum Air Putih Setelah Olah Raga Bisa Bahaya!!

Waduh, Banyak Minum Air Putih Setelah Olah Raga Bisa Bahaya!!

minumSemua orang pasti kehausan setelah melakukan olah raga. Hal itu wajar, sebab olah raga adalah hal yang cukup menguras keringat, dan tentu membuat cairan di dalam tubuh kita menjadi berkurang. Dan haus, merupakan tanda bahwa tubuh kita kekurangan air dan membutuhkan air tersebut secepatnya.

Nah, ketika merasa haus setelah olah raga, pasti yang kita lakukan adalah minum terlebih dahulu. Ya iyalah, kan minum untuk menghilangkan haus benar bukan? Itu pasti!

Tapi ni, Anda juga perlu tahu bahwa kebanyakan minum air setelah berolah raga berat resikonya cukup tinggi. Anda bisa saja mati mendadak setelah itu. Ini bukan teori saya sendiri lo ya, akan tetapi saya mendapat informasi berharga ini dari detik.com, dan berdasarkan perkataan para dokter ahli.

Prof Dr dr Parlindungan Siregar, SpPD-KGH, seorang Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam FKUI mengatakan bahwa jika kita terlalu banyak minum air setelah berolah raga yang berat, akan membuat tubuh kita mengalami kekurangan natrium (garam), atau juga dikenal dengan hiponatremia.

Beliau juga mengatakan bahwa asupan air yang berlebihan dan melebihi kemampuan pengeluaran urine oleh ginjal, akan menyebabkan osmolalitas cairan ekstrasel yaitu terjadi hiponatremia akut atau hiponatremia. Nah, pada olahragawan yang melakukan olahraga berat, kekurangan natrium ini juga disebut sebagai Exercise-Associated Hyponatremia (EAH). Jika demikian maka Prof. parlindungan mengatakan bahwa kondisi seperti ini bisa menyebabkan kematian mendadak.

Wah, begitu bahaya kan jika kita tidak mengetahui akan ilmu ini? Nah, oleh karena itu jika kita telah mengetahui bahaya banyak minum air putih setelah olah raga yang berat, maka kita pun harus menghindarinya. Dan tentunya tak lupa juga untuk memberitahukan kepada orang terdekat akan hal penting ini.

O iya, bicara tentang orang yang mati mendadak setelah minum seusai berolah raga, saya mempunyai cerita nyata tentang hal ini. Jadi kebetulan bos saya di kantor adalah penggemar olah raga bulu tangkis. Saat ia bersama temannya usai berolah raga, ternyata teman bos saya itu langsung kejang-kejang dan mendadak mati.

Dia meninggal hanya setelah minum. Ya, mungkin ada hubungannya dengan apa yang dikatakan Profesor Parlindungan Siregar di atas. Masalahnya beliau langsung minum air benar-benar setelah berolah raga. Masih dalam kondisi yang capek danĀ  jantung pun masih berdetak kencang.

Ini bukan cerita karangan ya sahabat, ini nyata. Jadi, kita juga harus waspada jika berolah raga. Jangan sampai kasus kematian seperti ini menimpa kepada keluarga kita, atau bahkan kita sendiri. Jangan lupa pesan saya, ingatkan kepada keluarga terdekat. Demikian tulisan saya tentang bahaya banyak minum air setelah olah raga berat, semoga bermanfaat..

Baca juga : Bahaya menggendong bayi dengan posisi mengangkang

 

Referensi : http://health.detik.com/read/2015/03/08/074442/2852577/763/minum-banyak-air-usai-olahraga-berat-risikonya-mati-mendadak?l992205755

 

 

Penulis: supangkat

Foto Profil dari supangkat
Blogger pemula yang mulai hobi menulis di blog pribadi dan menjadi guest blogger

One comment

  1. wah, ngeri juga ya mas, minum setelah olah raga …

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...