Kesehatan / Lain-lain / Tips Menghadapi Musim Pancaroba

Tips Menghadapi Musim Pancaroba

ramalan-cuaca

sumber gambar www.anneahira.com

Jangan pernah heran jika di musim pancaroba ini banyak yang mengalami sakit. Mulai dari batuk, influenza, demam, pilek, masuk angin, gangguan pencernaan dan masih banyak lagi. Mengapa semua itu bisa terjadi? Ternyata selain berkurangnya sistem imun kita akibat penyesuaian terhadap cuaca baru, peralihan cuaca ini ternyata bisa membuat bakteri dan virus berkembang biak lebih cepat. Anda pasti tau ini merupakan ancaman yang serius.

Nah, untuk mengatasi masalah-masalah yang akan memperburuk kesehatan di musim peralihan ini, tentunya kita perlu mengetahui tips menghadapi musim pancaroba, silahkan baca lebih lanjut dibawah ini.

Tips Menghadapi Musim Pancaroba :

1. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh atau imunitas merupakan suatu sistem pertahanan didalam tubuh yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari virus, penyakit ataupun kuman. Begitu besarnya fungsi dari sistem imun ini, menjadikannya hal utama yang harus dimiliki tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Didalam memerangi penyakit atau menangkal virus dari luar, tentunya dibutuhkan sistem kekebalan yang kuat. Nah, untuk menjaga sistem ini agar tetap kuat dan lebih kuat lagi, tipsnya adalah tidur dan istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi dari buah dan sayuran, serta kurangi beban pikiran yang membuat anda stres. Tentunya olah raga secara teratur setiap hari akan menjadi nilai plus didalam peningkatan sistem imun ini.

2. Kurangi Kerja Berat Anda Dari Biasanya
Sebagai contoh seorang petani yang setia hari mencangkul tanah di musim kemarau. Saat musim penghujan tiba, alangkah baiknya pekerjaan ini diperingan lagi. Misalnya yang sebelumnya kerja seharian penuh, sekarang dikurangi beberapa jam agar tidak seharian penuh lagi. Hal ini tidak selamanya, paling tidak beberapa hari agar tubuh melakukan penyesuaian dulu dengan cuaca secara perlahan.

3. Berdo’a Kepada Allah
Langkah terakhir ini adalah langkah yang harus diutamakan dari yang lainnya. Perlu Anda ketahui bahwa Allahlah yang menciptakan penyakit, dan Dialah yang menciptakan penawar untuk penyakit itu. Jika kita memohon kepada zat yang telah menciptakan penyakit, kemudian Ia mengabulkan do’a kita dan menjauhkan kita dari segala penyakit, maka adakah penyakit yang lebih kuat dari pembuatnya?

Demikian tips menghadapi musim pancaroba dari saya, jika ada yang mau menambahkan silahkan ditambahkan di kolom komentar.

Penulis: supangkat

Foto Profil dari supangkat
Blogger pemula yang mulai hobi menulis di blog pribadi dan menjadi guest blogger

6 comments

  1. Foto Profil dari Rian Herdiana

    Buah buahan ane jarang makan gan, kebanyakan minum kopi.. hehe

  2. Foto Profil dari Wely Hariyanto

    Wah sesama penikmat kopi nih.. Sy tiap hari wajib minum kopi hitam.
    Kalo gak jadi suka ngantuk n males. Mungin terlalu banyak aktifitas ya, jadi badan gampang capek

  3. semoga kita tetap sehat selalu. nice posting. salut

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...