Kesehatan / Gizi / Manfaat Dan Fungsi Vitamin D Bagi Tubuh

Manfaat Dan Fungsi Vitamin D Bagi Tubuh

vitamin dMelakukan aktifitas sehari-hari diperlukan tubuh yang berada dalam stamina yang baik. Untuk itulah kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung berbagai macam vitamin. Mengapa ? karena vitamin memiliki banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita semua. Seperti Vitamin D atau yang mempunyai nama lain kalsiferol, vitamin ini  tergolong kedalam Grup Vitamin yang larut dalam lemak prohormon, Seperti Vitamin B dan Vitamin A.

Dan Jika anda ingin mendapatkan asumsi Vitamin D yang cukup bagi tubuh Anda, konsumsilah makanan yang memiliki sumber Vitamin D seperti: udang, minyak ikan, ikan tunabiji bunga matahari, jeruk, tomat, stroberi,  brokoli, dan sayuran hijau lainnya.

Tubuh kita sangat membutuhkan vitamin D yakni untuk membantu dalam pembentukkan struktur tulang dan gigi yang kuat dan baik. Selain itu, Vitamin D juga berfungsi untuk  menyembuhkan rakhitis pada anak-anak dan mengobati osteomalacia serta berguna sebagai perlindungan terhadap PAD (peripheral arterial disease), bisa juga berfungsi untuk meningkatkan metabolisme dan penyerapan kalsium dan fosfor.

Bukan hanya itu, vitamin ini juga memiliki fungsi penting yaitu:

Untuk Mencegah Penyakit Kanker P4yu-d4-ra 

Semua wanita pasti sangat takut jika mendengar kanker apalagi kanker p4yu-d4-ra, karena kanker ini hanya menyerang kaum hawa. Akan tetapi, janganlah hawatir jika anda bisa memenuhi kebutuhan Vitamin D dalam tubuh kita, maka anda dapat terhindar dari kanker yang ganas ini. Ini telah diteliti bahwa dengan mengkonsumsi Vitamin D dapat menghambat penggandaan sel kanker pada tubuh.

Dapat Menjaga Kekebalan Tubuh

Mengapa dapat menjaga kekebalan tubuh? Itu karena didalam Vitamin D ini terdapat molekul aktif yaitu kalsitriol yang merupakan pemeran utama dalam metabolisme absorpsi kalsium ke dalam fungsi otot, tulang,  sekaligus sebagai immunomodulator yang berpengaruh terhadap sistem kekebalan untuk melawan beberapa penyakit.  Sehingga jika kita mengkonsumsi buah-buhan dan makanan yang mengandung Vitamin D akan membuat kita memiliki kekebalan tubuh yang baik.

Dapat Menyehatkan Dan Meremajakan Kulit

Riset telah membuktikan bahwa bahwa tubuh bisa memproduksi vitamin D. Walaupun harus tetap ada asupan dari makanan alami tanpa perlu mengkonsumsi dari suplemen vitamin D lainnya. Asupan makanan yang mengandung vitamin D yang alami bisa anda konsumsi yaitu dari telur, ikan-ikan,  atau margarin. Manfaatnya untuk kulit tentu akan membuat kulit lebih sehat. Terlebih untuk vitamin D2 dan D3 yang dapat mencegah gangguan kulit seperti psoriasis. Vitamin ini bisa juga memperbaiki kerusakan kulit, mencegah infeksi luka dalam kulit dan dapat meremajakan kulit. Dan vitamin ini biasanya digunakan dalam produk perawatan kecantikan.

Dapat Mengobati Penyakit Osteomalacia

Osteomalacia yaitu penyakit yang dapat ditemui pada jaringan tulang manusia, yang disebabkan oleh proses pembentukan lapisan mineral yang tidak terjadi sebagaimana mestinya. Dalam kasus ini, tulang baru terbentuk tanpa adanya lapisan mineral yang mendukung sehingga menyebabkan tulang tersebut menjadi lunak. Tulang yang lunak akan mudah sekali retak dan patah. Dan satu-satunya cara untuk mengobati penyakit ini adalah dengan mengkonsumsi suplemen vitamin D yang cukup serta mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Para pembaca, demikianlah manfaat vitamin D bagi tubuh, semoga bermanfaat

Penulis: supangkat

Foto Profil dari supangkat
Blogger pemula yang mulai hobi menulis di blog pribadi dan menjadi guest blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...