Kesehatan / Jantung / Kenali Gejala Kelainan Jantung Anak Anda Sejak Dini

Kenali Gejala Kelainan Jantung Anak Anda Sejak Dini

bbAnak merupakan karunia dari Tuhan yang sangat luar biasa besarnya. Dengan dikaruniai anak, akan membuat kita hidup lebih bahagia. Dengan adanya anak, berarti regenerasi kita sebagai manusia telah berhasil. Ini sangat penting, sebab tanpa adanya anak yang menjadi regenerasi, manusia pasti telah punah.

Sebegitu besar nikmat karunia yang telah diberikan Tuhan ini, membuat kita sangat menyayangi si buah hati ini. Kita rela terjaga, hanya untuk menimang dan melindunginya dari gigitan nyamuk di malam hari. KIta juga rela bekerja keras demi memenuhi kebutuhan buah hati tercinta.

Namun bagaimana jika sang buah hati yang kita idam-idamkan ternyata menderita penyakit jantung bawaan lahir yang mematikan? Dan bagaimana jika kita tidak tau gejalanya, kemudian kita terlambat membawa buah hati kita ke Rumah Sakit?

Untuk itu penting sekali bagi Anda mengetahui gejala kelainan jantung pada anak Anda sejak dini agar dilakukan penanganan secepat mungkin.

Maaf, saya bukan dokter yang mengetahui banyak tentang gejalanya. Tetapi saya hanya ingin menuliskan sebuah ilmu dari pengalaman pribadi saya.

Awalnya anak yang baru lahir nampak normal-normal saja. Gejala kelainan ini nampak seiring dengan bertambahnya usia balita. Gejala yang muncul pada anak saya yaitu pada umur sekitar 1 bulan 15 hari, saat pendengarannya sudah mulai berfungsi.

Berikut gejalanya :

1. Balita sering kaget

Sering kaget ini terjadi saat sedang tidur. Walaupun mendengar gesekan kecilpun kaget. Tapi, belum tentu balita yang sering kaget mederita kelainan jantung.

2. Terjadi perubahan warna pada beberapa bagian tubuh

Perubahan warna yang dimaksud adalah, berubah menjadi kebiru-biruan pada beberapa bagian tubuh seperti kuku tangan dan kaki, bibir dan lidah. Perubahan warna ini sangat nampak saat anak sedang menangis.

3. Sering pilek disertai batuk

Sang balita akan sering pilek, desertai batuk. Biasanya seminggu sembuh, beberapa hari lagi pilek lagi. Terlebih saat menangis, pilek akan bertambah parah. karena menurut dokter, saat menangis air mata balita akan masuk ke hidung.

4. Mengangis disertai sesak nafas setiap malam

JIka siang hari, balita nambak sehat dan biasa-biasa saja. Tapi ketika tengah malam, biasanya ia akan menangis dalam waktu yang sangat lama disertai batuk dan sesak nafas. Dalam kondisi ini, air susu ibupun tak bisa mendiamkannya.

5. Balita sering kedinginan

Saat tengah malam sampai subuh, balita sering kedinginan dan menangis. Bukan hanya itu, jika dimandikan dengan air hangatpun ia pasti akan menangis.

6. Berat badannya susah naik

Misal bulan ini beratnya 5 kg, bulan depan yang seharusnya naik malah tetap saja atau bahkan turun.

Jika balita Anda memiliki gejala-gejala seperti diatas, segeralah periksakan ke Dokter agar mendapat penanganan sedini mungkin. Demikian tulisan sederhana ini, semoga bermanfaat dalam mengenali gejala kelainan jantung pada anak.

Penulis: supangkat

Foto Profil dari supangkat
Blogger pemula yang mulai hobi menulis di blog pribadi dan menjadi guest blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...