Kesehatan / Gizi / Fungsi dan Manfaat Vitamin A Bagi Tubuh

Fungsi dan Manfaat Vitamin A Bagi Tubuh

buahSeperti telah kita ketahui bahwa vitamin merupakan kebutuhan tubuh yang harus terpenuhi atau tercukupi setiap harinya. Diantara jenis vitamin yang penting bagi tubuh adalah vitamin A. Vitamin A memiliki manfaat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Baiklah simak fungsi dan manfaat vitamin A berikut

Vitamin A Untuk Kesehatan Mata
Vitamin A memiliki peran yang sangat penting dalam kesehatan indera penglihatan manusia. Vitamin A ini membantu menyalurkan objek yang diterima oleh retina mata ke otak sebagai sebuah gambar. Senyawa yang berperan didalam hal ini yaitu retinol.

Vitamin A Sebagai Antioksidan
Salah satu bentuk Vitamin A yang dikenal dengan Beta Karoten, adalah senyawa dengan aktifitas antioksidan yang mampu menangkal dari radikal bebas. Baik radikal bebas yang  dari oksidasi tubuh mupun polusi dari luar tubuh kita.

Vitamin A Sebagai Sistem Imun
Vitamin A juga berfungsi sebagai sistem inum eksternal yang melindungi tubuh dari radikal bebas, virus, bakteri, jamur dan patogen. Sistem imun merupakan sistem kekebalan tubuh yang sangat penting sekali bagi kita. Mencukupi asupan vitamin A harian berarti meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin A Dapat Mencegah Kanker
Vitamin A mampu melawan kanker dengan menekan pertumbuhan DNA dalam sel-sel kanker. Untuk itu cegahlah kangker dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin A setiap hari.

Buat Penyembuhan Luka
Vitamin A juga dapat membantu menjaga kesehatan jaringan di dalam tubuh manusia. Sehingga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka-luka.

Vitamin A Untuk Pertumbuhan
Vitamin A juga sangat diperlukan bagi pertumbuhan dan perkembangan embrio pada janin, dan menentukan gen pada proses pembentukan organ-organ perkembangan embrio. Bagi Anda yang sedang hamil, silahkan rutin mengkonsumsi vitamin A dalam bentuk buah ataupun sayur-sayuran.

Cara Konsumsi Vitamin A

Dosis harian: 750 mcg

Sebegitu pentingnya vitamin A bagi tubuh kita, sehingga apabila kekurangan vitamin ini dapat dilihat dari gejalanya yaitu Penglihatan berkurang dan kulit kering. Meskipun vitamin ini sangat berguna, tetapi kelebihan vitamin A juga tidak baik bagi kesehatan.k Dan inilah efek buruknya yaitu dapat mengakibatkan kerusakan hati, tulang, dan gangguan penglihatan. Tanda-tanda kelebihan vitamin A adalah telapak tangan dan kelopak mata berwarna kekuning-kuningan.

Makanan sumber vitamin A adalah: wortel, hati, produk susu, ubi merah, labu, bayam, keju cheddar, mangga, brokoli, kangkung,  cabai.

Penulis: supangkat

Foto Profil dari supangkat
Blogger pemula yang mulai hobi menulis di blog pribadi dan menjadi guest blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...