Kesehatan / Informasi / Cara Mudah Mengatasi Kurang Darah

Cara Mudah Mengatasi Kurang Darah

Kurang darah atau anemia adalah suatu penyakit yang diakibatkan terjadinya penurunan jumlah dari sel-sel darah merah atau hemoglobin didalam tubuh. Menurunnya sel darah merah ini diakibatkan oleh banyak faktor, misalnya : kurangnya asupan zat besi, kehilangan darah akibat pendarahan, dan masih banyak lagi.

Mengatasi Kurang Darah

Gejala awal anemia hampir sama dengan gejala darah tinggi yaitu, mata berkunang-kunang, pucat, pusing, lemas, mual terkadang muntah, bahkan bisa terjadi kehilangan kesadaran alias pingsan. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui cara mudah mengatasi kurang darah agar penyakit ini segera teratasi.

Beberapa cara mengatasi kurang darah :

1. Konsultasi Ke Dokter

Karena gejala awal anemia ini hampir sama dengan gejala hypertensi, oleh sebab itu diperlukan campur tangan dokter untuk mendeteksi dan menganalisa lebih awal, agar memperoleh hasil yang tepat dari informasi penyakit yang anda derita. Ini sangat penting sebab, dengan hasil yang tepat akan memudahkan didalam pengobatan lebih lanjut.

2. Perbanyak Konsumsi Makanan Sumber Zat Besi

Konsumsilah makanan sumber zat besi hingga mencukupi kebutuhan zat besi Anda setiap harinya. Diantara makanan sumber zat besi yaitu: bayam, susu, telur, daging sapi, ikan, kentang, jagung, kangkung, kacang tanah, kacang kedelai, dan masih banyak lagi.

3. Mengkonsumsi Makanan Sumber Vitamin C

Diantara makanan sumber vitamin C ialah: jeruk, pepaya, buah paprika merah, nanas, melon, jambu biji, ceri, kacang polong, brokoli, kubis, strawberi, bunga kol, kiwi, dan masih banyak lagi.

4. Perbanyak Istirahat

Jika begadang terbukti bisa membuat kita kurang darah, melakukan istirahat berarti sebaliknya dapat menambah sel darah merah. Jadi, beristirahatlah yang cukup agar sel darah merah Anda meningkat.

5. Berdo’a kepada Allah

Saya belum bosan untuk mengingatkan bahwa berusaha akan lebih maksimal apabila dibarengi dengan do’a. Banyak yang telah berusaha namun belum juga diberikan kesembuhan. Mengapa? karena yang kuasa belum mengizinkannya. Untuk itu, mintalah izin kepada yang berhak mengizinkan kesembuhan.

Demikian tulisan sederhana saya, jika ada yang ingin menambahkan silahkan ditambahkan di kolom komentar untuk kesempurnaan tulisan ini. dan akhir kata semoga bermanfaat.

Penulis: supangkat

Foto Profil dari supangkat
Blogger pemula yang mulai hobi menulis di blog pribadi dan menjadi guest blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...