Kesehatan / Lain-lain / Buanglah Sampah Pada Tempatnya

Buanglah Sampah Pada Tempatnya

buanglah sampah pada tempatnyaBuanglah sampah pada tempatnya. Itulah pesan-pesan yang selalu diajarkan oleh guru kepada kita sejak SD. Sejak saat itulah kita diajarkan untuk hidup bersih, dengan tidak membuang sampah pada sembarang tempat.

Sejak sekecil itu, kita mulai belajar untuk tertib. Ya, paling tidak dalam hal kecil, yaitu memungut sampah kecil yang berkeliaran di sekitar lingkungan kelas. Namun, meskipun itu merupakan hal kecil, tapi jika kita benar-benar menerapkannya sampai saat kita setua ini, maka efeknya akan sangat berpengaruh kepada hal-hal yang besar.

Hal-hal yang besar di sini bisa meliputi kebersihan lingkungan tempat tinggal, dan malah kebersihan lingkungan Kota di mana kita tinggal. Dalam artian jika kita terbiasa menanamkan budaya membuang sampah pada tempatnya sejak SD, maka lingkungan dan kota tempat tinggal kita akan bersih dari sampah saat kita sudah gede.

Kita membuang sampah pada tempatnya, kemudian anak-anak kita pun mengikuti perbuatan kita, seolah itu menjadi regenerasi ilmu yang akan terus berputar ke generasi berikutnya. Tentu, ilmu di sini adalah ilmu yang baik soal kebersihan lo ya.

Nah, tapi sayangnya yang sebenarnya terjadi saat ini kan tidak begitu. Faktanya, kita telah melupakan budaya membuang sampah pada tempatnya yang dulu tertanam kuat di pikiran kita. Saat ini, yang ada hanyalah sikap acuh tak acuh dari orang-orang yang sebagiannya berpendidikan tinggi.

Kalau masih SD saja kita sudah mengerti mana tempat pembuangan sampah yang benar, harusnya ketika telah mengenyam pendidikan yang lebih tinggi, justru kita harus lebih mengerti lagi. Tapi, nyatanya kan justru sebaliknya.. banyak orang yang telah mengenyam pendidikan tinggi, memiliki jabatan yang tinggi, tapi tidak menggunakan ilmunya untuk memperbaiki lingkunganya yang semakin hari semakin kotor.

Saya sangat prihatin dengan sampah. Sebab semakin hari sampah semakin menumpuk saja. Dan malahan saya sangat kesal dengan orang-orang yang selalu membuang sampah sembarangan. Di got-got, di salurang air, di sungai, di depan rumahnya orang lain, bahkan di pinggir-pinggir jalan.

Seolah mereka tidak sadar bahwa apa yang mereka lakukan adalah kesalahan besar. Ketika bau yang menyengat dari sampah sampai mengganggu orang lain, ketika penyakit dari sampah sampai menyerang orang lin, merekalah yang seharusnya bertanggung jawab.

Siapapun itu, saya atau pun Anda, ketika kita masih membuang sampah sembarangan, maka kita layak disebut sebagai orang yang tidak memiliki rasa peduli. Kita layak disebut orang yang acuh, dan bahkan kita layak disebut orang yang tidak memiliki pemikiran yang bagus. Sebab apa yang kita lakukan adalah salah!!

Nah sahabat, oleh karena itulah yuk mari budayakan membuang sampah pada tempatnya mulai sekarang. Itu semua agar lingkungan dan kota kita menjadi bersih, sehat, dan lebih indah.

Sebenarnya masalah sampah, bisa diatasi jika kita peduli. Maka dari itu, kepedulian adalah sesuatu yang harus kita tingkatkan saat ini untuk menangani masalah sampah.

Demikian tulisan sederhana ini, jika ada kekurangan mohon ditambahkan agar saya bisa menulis dengan lebih baik lagi..

Sumber gambar:lazionebudy.wordpress.com

Penulis: supangkat

Foto Profil dari supangkat
Blogger pemula yang mulai hobi menulis di blog pribadi dan menjadi guest blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...