Kesehatan / Pola Hidup / Bahaya Terlalu Sering Konsumsi Mie Instan

Bahaya Terlalu Sering Konsumsi Mie Instan

Tips Sehat Siapa yang tidak mengenal mie instan. Mie yang memiliki rasa enak dan gurih, serta rempah-rempah bumbunya yang menggugah selera ini, mampu menjadikannya sebagai hidangan terfaforit di dapur-dapur. Setiap lidah pasti bergoyang saat memakanya. Ya jelaslah tidak mungkin lidah tetap kaku :D . Siapapun suka mie ini. Dari orang tua hingga anak-anak pasti lahap jika disuguhkan dengan mie yang satu ini.

Selain rasanya yang enak, proses pembuatannyapun sangat mudah. Sesuai dengan julukannya, mie ini dibuat dengan cara instan. Cukup mencelupkan mie kedalam air panas selama beberapa menit saja, kemudian ditambah bumbu praktis yang telah disediakan, mie ini siap disuguhkan.

Masih ada lagi nih kelebihannya. Selain enak dan proses penyajiannya cepat, harganyapun sangat murah. Dengan Rp 1000 sampai 2000, Kalian dapat memilih berbagai varian rasa yang enak-enak dan yang pastinya mengenyangkan. Oleh sebab itu wajar bila makanan ini digandrungi oleh kalangan menengah kebawah, terlebih anak-anak kos yang notabene suka yang isntan dan murah :D

Tapi, apakah kalian menyadari bahwa dibalik rasanya yang enak serta berbagai kelebihannya sesungguhnya tersimpan zat-zat berbahaya bagi tubuh?

Mungkin ini merupakan berita yang cukup mengecewakan bagi kalian penggemar mie instan. Tapi lebih baik kalian kecewa hari ini juga daripada kecewa nanti setelah merasakan efek buruk dari konsumsi mie instan ini. Baiklah alangkah baiknya melanjutkan membaca beberapa zat berbahaya yang terkandung didalam mie instan.

Mie Instan Mengandung Lilin

Ternyata mie instan mempunyai kandungan lilin. Kandungan lilin ini difungsikan untuk membuat mie merekat satu sama lain. Kandungan lilin tersebut bisa merusak sistem pencernaan tubuh, sehingga bisa menyebabkan gangguan jika dikonsumsi secara terus-menerus. Kandungan lilin ini juga sangat berbahaya, karena dapat mengakibatkan tumbuhnya sel penyebab kanker. Selain itu tubuh akan mengalami kesulitan untuk mencerna zat lilin tersebut. Karena tubuh memerlukan waktu sekitar 2 hari untuk mencerna zat lilin yang terdapat pada mie instan.

Mie Instan Mengandung Natrium

Mie instan mempunyai kandungan natrium yang cukup tinggi. Natrium ini dapat memicu timbulnya penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, dan maag. Karena natrium tersebut dapat bersifat untuk menetralkan lambung, sehingga lambung kita akan mensekreasi asam dalam jumlah banyak untuk mencerna makanan di lambung. Akibatnya asam lambung menjadi naik dan terjadilah pengikisan dinding lambung. Bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, kandungan natrium tersebut cukup berbahaya karena dapat meningkatkan tekanan darah. Jadi jangan heran jika kebanyakan penggemar mie instan sering terkena tekanan darah tinggi.

Mie Instan Juga Mengandung Zat-zat Berbahaya Lainnya

  • Pada Bumbu dan pelengkap
    Bumbu mie instan mengandung penyedap rasa MSG (vitsin) yang biasanya terdapat pada media mikrobial yang digunakan untuk mengembangbiakkan mikroorganisme yang berfungsi untuk mempermentasikan bahan baku vetsin.
  • Bahan penambah rasa
    Biasanya mie instan tersedia dalam berbagai pilihan rasa yang menggunakan flavor. Flafor inilah yang akan memberi rasa pada mie instan tersebut. Hal yang berbahaya sebenarnya terdapat pada sumber flavor tersebut. Dan jika flavor bersumber dari hewan, tentu harus jelas jenis hewan apa dan cara penyembelihannya seperti apa.

Dari ulasan diatas semoga dapat membuat anda berfikir dua kali untuk mengkonsumsi mie instan ini. Tapi kalau kalian kurang yakin, saya akan menceritakan sebuah kisah nyata yang terjadi di kota saya tentang penggmar mie instan. Pernah ada cerita di sebuah rumah sakit di kota saya, ada seorang gadis yang menderita penyakit aneh. Badannya kurus tinggal tulang. Setelah cek percek si gadis anak kosan yang hampir tiap hari konsumsi mie instan. Ada juga cerita di rumah sakit yang berbeda. Juga seorang gadis yang tidak bisa menggerakkan badannya. Seolah stroke, tapi setelah melakukan pemeriksaan dokter mengatakan bahwa si saraf si gadislah yag mengalami gangguan. Setelah dokter menanyakan sesuatu, jaawabannya tak lain karna si gadis sering mengkonsumsi mie instan.

Ayolah sahabat, bukan saya melarang tapi setidaknya kurangilah mulai sekarang konsumsi mie instan. zsayangi diri dan keluarga kita dari bahaya racun yang terkandung didalam mie instan ini. Memang bagi kalian yang sehat tidak terasa efeknya. Tapi konsumsi yang terus menerus akan berbahaya bagi kesehatan organ tubuh.

Tunggu update terbaru ya.. :D

Penulis: supangkat

Foto Profil dari supangkat
Blogger pemula yang mulai hobi menulis di blog pribadi dan menjadi guest blogger

One comment

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...