Kesehatan / Ibu dan Anak / Bahaya Menggendong Bayi Dengan Posisi Mengangkang

Bahaya Menggendong Bayi Dengan Posisi Mengangkang

Menggendong si buah hati saat mereka masih bayi, adalah hal yang pasti akan dilakukan oleh ibu mana pun. Sebenarnya bukan hanya ibu saja sih, tapi ayah dan keluarga lainnya pun akan turut menggendong si baby jika mereka menginginkannya. Namun Anda juga harus tahu, bahwa ada bahayanya jika menggendong bayi dengan posisi mengangkang.

bayi mengangkang

Sebelum lebih lanjut mengetahui bahayanya, saya akan jelaskan sedikit bahwa mengangkang itu adalah posisi di mana kaki kiri dan kanan terbuka lebih lebar dibanding biasanya, akibat hal-hal tertentu. Intinya, kaki kanan dan kiri yang terbuka akan membentuk beberapa derajat lebih lebar dibanding dalam posisi normal.

Nah, jika posisi mengangkang pada balita terjadi terlalu lama, tentu dapat mengakibatkan hal-hal yang dapat mengganggu kesehatan balita itu sendiri. Oleh karena itulah, seharusnya posisi ini dihindari saat Anda menggendong bayi Anda. Bukan berarti melarang lo ya, paling tidak dikurangi lah.

Untuk lebih jelasnya, dokter Yoyos Dias Ismairto, SpOT(K) mengatakan (saat perbincangan dengan detikhealt) bahwa si anak boleh digendong, tapi jangan terlalu ngangkan. Sebab jika terlalu mengangkang akan menyebabkan beban berlebih pada sendi, dan kemudian lututnya juga terlalu ditekan. Beliau juga berpesan agar menggendong bayi jangan terlalu ngangkang saat digendong agar tidak terjadi kerusakan sendi pada si anak.

Kemudian bagaimana menggendong bayi yang benar? Nah, inilah yang harus Anda ketahui, dan tentunya Anda juga harus memberitahukan kepada keluarga Anda jika Anda telah mengetahuinya. Silahkan dibaca dibawah ini penjelasan tentang menggendong bayi yang baik.

Jika bayi baru lahir, dr Wiyarni Pambudi SpA beberapa waktu lalu mengatakan bahwa cara menggendongnya adalah kepala si bayi didekatkan dengan kepala si penggendong, kemudian tangan penggendong mensuport punggung bayi. Setelah itu jika menggendong dengan kain, beliau berpesan agar mengupayakan agar wajah bayi tidak tertutup oleh kain atau tertutup payu dara sang ibu.

Saat Anda menggendong bayi, usahakan gendongan yang Anda gunakan benar-benar kuat. Usahakan Anda berhati-hati, agar tidak teradi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap bayi Anda. Ada juga saran bahwa ketika menggendong, usahakan agar kepala si buah hati didekatkan dengan dagu si penggendong agar lebih  mudah untuk mencium pipi si bayi.

Mungkin hal ini sering disepelekan oleh sebagian orang. Faktanya saya sendiri sering melihat beberapa orang tua yang sedikit ceroboh saat menggendong buah hati mereka. Akibatnya tak jarang dari bayi yang terkadang tiba-tiba panas, ya itu bisa jadi akibat merasakan sakit atau pegal pada bagian tubuhnya.

Anda sebagai orang tua yang baik, ya harus memperhatikan nasehat para dokter. Dan tentu Anda tidak mau bukan jika anak yang Anda cintai sampai harus menderita akibat kesalahan orang tuanya?

Oke, saya rasa cukup sekian saja tulisan saya tentang Bahaya Menggendong Bayi Dengan Posisi Mengangkang, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi Anda.

-Referensi : http://health.detik.com/read/2015/02/27/180754/2845320/1300/dokter-ingatkan-agar-bayi-tak-digendong-dengan-posisi-terlalu-mengangkang?l992205755

-Sumber gambar: detik.com

Penulis: supangkat

Foto Profil dari supangkat
Blogger pemula yang mulai hobi menulis di blog pribadi dan menjadi guest blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...