Kesehatan / Mata / Awasi Anak Anda Saat Menonton TV

Awasi Anak Anda Saat Menonton TV

anak-nonton-tvPerkembangan teknologi yang terjadi di abad ini kian cepat. Salah satu hasil temuan teknologi terpopuler adalah terciptanya perangkat yang bernama pesawat televisi. Setelah perangkat ini muncul, hampir setiap rumah-rumah memiliki alat yang digunakan untuk menonton ini.

Dengan secepat kilat televisi menjadi primadona, dan menontonpun menjadi hoby baru bagi sebagian besar orang. Dari hiburan sampai nuansa pendidikan ada di media ini. Tak bisa dipungkiri bahwa televisi merupakan alat yang sangat berguna bagi perkembangan informasi. Contohnya dengan alat ini manusia bisa mendengar kabar manusia lain di berbagai belahan dunia manapun.

Tapi sayang sungguh sayang, selain manfaat yang besar, televisi juga mempunyai efek buruk bagi manusia. Terlebih bagi anak-anak yang belum menyadari sebagian efek buruk dari menonton telefisi ini. Untuk itu, bagi Anda para orang tua khususnya, yang peduli terhadap anak-anak dan keluarga Anda, simak baik-baik berbagai efek buruk dari menonton TV.

Dan inilah beberapa efek negativ dari menonton TV.

1. Tayangan yang merusak moral anak-anak

Sinetron dan hiburan adalah tayangan yang menjadi porsi terbesar yang tampil di layar kaca Anda. Sangat sedikit sekali tayangan yang mendidik dan bermanfaat. Dari tayangan-tayangan yang kurang bermanfaat ini saya mengambil contoh pada sinetron. Lihatlah sinetron masa kini, kebanyakan pakaian yang dikenakan adalah pakaian yang mengumbar aurat. Terlebih adegan yang mereka lakukan adalah adegan-adegan mesum, perkelahian dan adegan-adegan buruk lainnya. Yang jelas adegan dan tontonannya tidak layak ditonton oleh semua golongan terlebih anak-anak. Kareda tontonan seperti itu dapat merusak moral mereka.

2. Tayangan yang melenakan

Yang saya maksud tayangan melenakan adalah semua tayangan hiburan, yang membuat kita terlena untuk melakukan suatu kegiatan. Misalnya tayangan film kartun yang membuat anak-anak anda malas untuk belajar karena dilenakan oleh cerita-cerita kartun tersebut. Atau hiburan musik yang melenakan anda dari kegiatan ibadah misalnya.

2. Dari segi kesehatan juga berbahaya

Bicara mengenai kesehatan, bagian utama didalam tubuh yang terkena imbasnya adalah mata. Bahaya ini sangat cepat terbukti. Pada anak-anak dibawah umur, mata mereka masih rentan sehingga menonton terlalu lama dengan jarak terlalu dekat beresiko pada mata anak Anda. Mata menjadi rabun, bahkan bisa mengalami kebutaan.

Dari pengalaman pribadi, adik saya diwaktu kecil sering menonton dengan jarak yang sangat dekat. Akibat dari itu, matanyapun sampai sekarang menderita rabun. Untuk itu saya mengajak kepada Anda semua, untuk saling mengingatkan akan efek buruk dari menonton televisi ini. Sekali lagi, awasi anak Anda..

Penulis: supangkat

Foto Profil dari supangkat
Blogger pemula yang mulai hobi menulis di blog pribadi dan menjadi guest blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...