Kesehatan / Wawasan / Telur Ayam Kampung Yang Super Manfaat.

Telur Ayam Kampung Yang Super Manfaat.

Hai sahabat blogekstradotcom di sini saya akan berbagi sedikit pengetahuan yaitu tentang telur, tentu semua tahu tentang telur atau pernah mengkonsumsinya, telur biasanya dijadikan sahabat setia untuk sarapan atau teman untuk nasi goreng. Telur juga merupakan produk hasil hewani yang murah dari segi harga dan mudah untuk mendapatkannya. Khusus untuk mahasiswa biasanya telur menjadi santapan istimewa bersama mie instan.

Telur Ayam Kampung.

Telur merupakan produk hasil hewani  yang cukup popular di kalangan masyarakat selain itu harga telur pun relative terjangkau dan memiliki kandungan gizi yang relative tinggi. Menurut sebuah penelitian telur memiliki kandungan Protein 12,9%; Lemak 12,2%; Karbohidrat 0,9% dan yang paling banyak adalah komponen Air yaitu sebesar 73,7% khusus untuk kadar lemak pada telur yang paling banyak mengandung lemak terdapat pada bagian kuning telur sedangkan pada putih telur kandungan lemaknya sangat sedikit.

Teman-teman juga mungkin sering atau pernah mengkonsumsi telur ayam kampung yang dalam pengkonsumsian nya biasanya untuk obat herbal, jamu, dibuat pudding atau dibuat bandrek bersama jahe untuk menghangatkan badan. Tahukah teman teman bahwa telur ayam kampung dalam 100 gram itu mengandung 174 kalori dan protein 10,8 gram. Protein di dalam tubuh ini peranananya sangat urgent salah satu fungsinya protein yaitu menetralkan zat zat asing yang masuk kedalam tubuh, selain itu juga sebagai  menetralkan metabolisme tubuh.

Selain protein telur ayam kampung juga memilki kandungan zat besi sebesar 4,9 gram, zat besi ini berfungsi sebagai membantu pembentukan hemoglobin yang membawa oksigen dalam darah keseluruh tubuh sehingga kebutuhan oksigen seluruh tubuh terpenuhi termasuk yang paling penting adalah bagian otak, Jika bagian otak kurang akan asupan oksigen maka sukar untuk berkonsentrasi dan kemampuan otak menurun.

Selanjutnya, ada vitamin A sebesar 61.5 gram. Oleh sebab itu telur ayam kampung sangat bagus untuk penyakit mata karena kandungan vitamin A nya cukup tinggi.

Telur ayam kampung juga memiliki kandungan Vitamin E dua kali lipat lebih banyak dari ayam ras, dan lemak omega–3nya 2,5 kali lebih unggul. Aasam lemak omega–3 merupakan asupan yang sangat baik untuk perkembangan dan IQ janin, serta menyehatkan jantung. Bahkan studi University of Pittsburgh School of Medicine menyatakan bahwa asam lemak omega -3 dapat mempengaruhi mood, personalitas dan perilaku.

Telur juga merupakan sumber utama yang makanan yang mengandung kolin di susul susu,dan daging.

Apa itu kolin..?

Telur

Telur Ayam Kampung.

Menurut terjemahan dari situs www.biotek.BPPT.go.id. Kolin merupakan kelompok Vitamin B dan merupakan senyawa alami yang ada pada manusia dan hewan terdapat pada berbagai membran sel – sel tubuh dalam bentuk fosfolipid.

Kolin ini sangat bermanfaat untuk perkembangan bayi dalam suatu pernyataan mengatakan bahwa secara pastin kolin dapat membantu perkembangan sel otak bayi sama halnya dengan asam folat.

Sebuah hasil penelitian dalam jurnal Federation of American for Exsperimentl Biology meyatakan bahwa senyawa kolin dapat melindungi fungsi otak bayi yang dapat menurunkan resiko stress yang di akibatkan ganguan jiwa atau mental oleh ibunya.

Tak hanya bermanfaat untuk perkembangan sel–sel otak bayi, kolin juga  bermanfaat untuk mencegah kanker pa-y*d4ra. Hal ini di buktikan melalui hasil riset universitas terkemuka di dunia “ Harvard” dalam hasil risetnya menunjukkan bahwa mengkonsumsi telur kaya kolin akan menurunkan resiko kanker pa-y*d4ra 18 %. Kolin ini diduga dalam pa-y*d4ra akan bekerja,memastikan sel sel membelah diri dengan tepat sehingga tidak akan menyebabkan pembelahan sel yang tidak terkontrol menjadi kanker.

Semoga bermanfaat.. :)

Penulis: satriono

Foto Profil dari satriono
ketika mulut tak mampu berbicara,dan tangan tak mampu menggerakkan maka gertaklah mereka dengan tulisan.menulis membuat anda lebih cerdas.

One comment

  1. Kemarin baruu aja make telur ayam kampung, buat tambahan adonan pisang goreng sih..trnyata bgs yaa

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...