Kesehatan / Kecantikan / Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit dalam memproduksi sel-sel baru semakin berkurang. Alhasil, kulit menjadi terlihat kering, tidak kencang, kusam, dan tidak segar. Kerutan halus pada kulit juga termasuk tanda penuaan. Namun, beberapa kasus menunjukkan bahwa penuaan bisa terjadi lebih cepat. Ada sebagian orang yang mengalami penuaan di usia yang relatif muda yaitu 20-an. Hal inilah yang kemudian disebut dengan penuaan dini. Ada faktor internal dan eksternal yang menyebabkan penuaan dini. Faktor internal terdiri dari genetic, sakit berkepanjangan, dan kurangnya asupan nutrisi. Sementara faktor eksternal terdiri dari asap rokok, polusi, sinar matahari, dan gaya hidup tidak sehat. Tentu anda sangat tidak menginginkan penuaan dini, terutama wanita. Berikut ada beberapa cara menghindari penuaan dini yang bisa anda coba.

Gaya hidup sehat

Agar tetap awet muda, anda harus menghindari rokok dan alkohol. Anda juga harus tidur di malam hari alias tidak begadang. Karena saat tidur, tubuh mengeluarkan hormon untuk meregenerasi sel-sel tubuh. Kurangnya waktu tidur menyebabkan kulit terlihat kusam, wajah kurang bercahaya, dan mata berkantung.

Makanan bergizi

Anda yang obesitas harus dapat mengatur asupan makanan. Namun jangan sampai melakukan diet ketat, karena itu hanya akan membuat kulit menjadi kering dan kusam, dan mata terlihat cekung. Bukannya menjadi sehat, tubuh anda justru kekurangan gizi. Usahakanlah untuk mengkonsumsi makanan bergizi setiap hari agar tubuh tidak kekurangan vitamin dan protein.

Membatasi konsumsi gula

Tubuh memerlukan gula dalam jumlah kecil sebagai sumber tenaga. Artinya, jika anda terlalu banyak mengkonsumsi gula, organ-organ tubuh akan rusak. Oleh karena itu, anda harus membatasi konsumsi gula dan menggantinya dengan buah-buahan.

Membatasi kalori

Selain gula, anda juga harus membatasi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Daripada makan dalam porsi besar sesekali, lebih baik sering makan dalam porsi kecil.

Mengkonsumsi lemak baik

Tubuh membutuhkan lemak dalam proses metabolisme. Untuk bisa tampil awet muda, anda harus memilih lemak baik seperti minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, dan minyak canola.

Mengkonsumsi cukup protein

Cara menghindari penuaan dini berikutnya adalah dengan mengkonsumsi cukup protein. Karena protein sangat dibutuhkan untuk membentuk otot, hormon, kolagen, serta memperbaiki pertumbuhan kuku dan rambut.

Mengkonsumsi banyak sayuran dan buah

Sayuran dan buah mengandung banyak serat dan vitamin yang membuat tubuh tampak awet muda. Beragam vitamin dalam buah akan membantu mencegah penuaan dini.

Menghindari stress

Konon, stress dapat menambah kerutan pada wajah. Dengan pikiran yang tenang, fisik akan terhindar dari penuaan dini. Saat pikiran tegang, anda bisa mencoba mendengarkan musik lembut ataupun membaca cerita ringan untuk menyegarkan pikiran.

Mengkonsumsi suplemen

Jika diperlukan, anda bisa mengkonsumsi suplemen anti-aging, seperti antioksidan, teh hijau, vitamin C, dan E untuk memperlambat proses penuaan.

Foto Profil dari Rahel Lasmaria Simbolon