Kesehatan / Wawasan / Bergeraklah Agar Sehat dan Bugar

Bergeraklah Agar Sehat dan Bugar

“Jangan melakukan kegiatan setelah kalian makan berat,” begitu pesan bijak. Tampaknya pesan itu kurang berlaku di lingkungan pendidikan militer. Habis makan pagi atau makan siang para siswa atau pelajar pendidikan militer justeru malah lari untuk kembali dari ruang makan menuju baraknya.  Setidaknya itu yang saya alami selama mengikuti pendidikan di Akabri Darat tahun 1974. Kegiatan berlari kami lakukan ketika berpindah tempat, sendirian maupun dalam rombongan.

Bagi taruna Akabri Darat tingkat satu, berpindah dari tempat yang satu ke tempat lain lebih dari lima langkah harus berlari. Termasuk dari berangkat ke dan kembali dari ruang makan. Ini peraturan yang harus saya jalani selama setahun. Tentu ada pengecualiannya yaitu saat pesiar ke luar kompleks. Taruna yang sedang sakit juga bebas dari ketentuan ‘lebih dari 5 langkah harus lari.’ Sepanjang pengetahuan saya, kewajiban lari ini juga berlaku pada pendidikan pembentukan untuk semua golongan kepangkatan.

Lari adalah salah satu modal bagi prajurit dalam melaksanakan tugasnya. Dalam pertempuran diperlukan gerakan yang cepat, di segala medan dan cuaca. Oleh karena itu kemampuan bergerak cepat ini dilatihkan dalam setiap pendidikan. Di dalamnya juga terkandung latihan pernafasan dan penguatan otot kaki. Kegiatan lari ini bukan hanya dilakukan di pendidikan tetapi juga dalam kedinasan. Secara teratur prajurit melakukan gerakan lari untuk menjaga agar badan sehat dan bugar. Selain itu ada juga latihan push up, pull up, sit up, merangkak, merayap, berenang, dan kegiatan pembinaan fisik lainnya.

Bagaimana dampak dari habis makan harus berlari ini dilihat dari segi kesehatan? Terus terang saya tidak merasakan dampak negatif hingga sekarang. Memang sih, pada hari-hari pertama di pendidikan ada rasa aneh. Habis makan pagi, makan siang, dan makan malam langsung berlari mejadikan perut saya terasa ‘suduken’. Itu istilah di kampung saya yang artinya perasaan tidak enak di perut. Saya tidak mengetahui istilah medisnya. Lama kelamaan rasa itu hilang, kami enjoy saja setelah makan langsung berlari. 

Dengan kegiatan fisik yang cukup padat selama pendidikan tersebut badan saya dan teman-teman memang menjadi bagus. Langsing, keras, dan berotot. Pengurasan tenaga dalam bentuk latihan fisik yang teratur tersebut menyebabkan kami nggragas alias lahap makan. Anehnya, setelah makan malam kami sering masih ke kantin untuk jajan. Rasanya kok lapar terus ya Uniknya lagi, makanan apapun yang kami sikat seolah hilang begitu saja, tak ada yang menjadi daging. Namun demikian kami merasakan bahwa tubuh kami sehat dan bugar.

Saya kemudian berpendapat bahwa apa yang saya makan akan dibakar habis oleh gerakan badan. Lemakpun tak sempat singgah barang semalam. Pembinaan fisik selama pendidikan tampaknya memiliki nilai aerobik yang tinggi. Kami tak perlu diet untuk melangsingkan tubuh.

Dengan artikel ini saya ingin memberitahu bahwa jika kita rajin bergerak maka tubuh kita akan sehat dan bugar. Banyak artikel yang menyarankan agar kita jangan memanjakan tubuh secara berlebihan. Makan enak kurang bergerak adalah salah satu bentuk pemanjaaan badan. Akibatnya bisa diduga. Penyakit diabetes, kolesterol, asam urat, dan stroke menyerang manusia.

Sehat dan bugar

.Saya sering mendengar atau membaca artikel tentang keluh kesah kaum wanita (juga pria) yang merasa kelebihan berat badan. Aneka diet, dari yang level biasa sampai yang super ketat sudah dicoba. “BB saya kok turunnya sedikit amat padahal saya sudah tidak pernah makan atau ngemil setelah jam tujuah malam,” begitu antara lain keluhannya. Tak sedikit yang memberi advis, “Jangan terlalu ketat dalam melakukan diet. Entar kalau gagal malah menjadi brutal melahap semua makanan loch.”

Saya tentu saja tak menganjurkan Anda semua melakukan ‘ lebih dari 5 langkah harus lari’. Diet saja memang tak cukup. Harus diimbangi dengan olahraga yang baik, benar, dan teratur. Olahraga sesuai umur dan kondisi tubuh sangat diperlukan. Jangan hanya diam, bergeraklah agar sehat dan bugar.

Apakah sahabat juga melakukan olahraga secara teratur?

Penulis: Abdul Cholik

Foto Profil dari Abdul Cholik

10 comments

  1. pastinya donk pakde,..
    olahraga rutinitas yo jalan kaki naik 3 lantai pake tangga setiap pagi tuh joss :)

    met pageee dhe..
    moga sehat selalu

  2. Saya disaranin dokter untuk dan wajib olahraga, tapi males banget :D hihihi makanya badanku ringkih to the max pakde :D

  3. Haduh saya beneran males olahraga :(
    udah beli sepeda nganggur
    beli sepatu olahraga jarang dipake
    skipping nyoba sekali capek

    Moga moga cepet sadar deh saya :(

  4. Foto Profil dari Abdul Cholik

    Hayooo olahraga Jeng
    Jalan kaki bersama keluarga Sabtu dan Minggu, at least satu jam deh

  5. Ahhh paling seneng lihat prajurit sedang olahraga, rasanya gimanaaa gituu! badan mereka sterek n sehat, kemarin minggu lihat mereka latihan di lapangan Yonif 300 Raider, mata saya ga bisa berkedip Dhe, saking senengnya hehehe!

  6. Saya masih malas olahraga nih, Pakde. Padahal mah niatnya selalu bagus: kepingin bangun pagi-pagi biar bisa olahraga. Tapi ya… niatnya saja yang bagus. Praktiknya mah… ya gitu deh. :lol:

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...