Kesehatan / Pola Hidup / Yuk Siapkan Fisik yang Prima untuk Menyambut Ramadhan!

Yuk Siapkan Fisik yang Prima untuk Menyambut Ramadhan!

Tanpa terasa perputaran waktu kembali membawa kita ke gerbang Ramadhan. Sebuah bulan yang sangat mulia. Bulan di mana di dalamnya ummat muslim diwajibkan untuk mengerjakan ibadah puasa dan dianjurkan untuk memperbanyak amal-amal kebaikan. Sebagai muslim yang baik tentunya kita wajib mempersiapkan diri untuk menyambut bulan mulia ini. Agar, kita sudah berada di dalamnya kita bisa mengerjakan ibadah dengan maksimal. Banyak hal yang perlu kita lakukan, mulai dari persiapan ruhiyah, ilmu, fisik dan finansial. Nah, salah satu persiapan yang tidak kalah pentingnya adalah persiapan fisik.

Gambar: www.vemale.com

Gambar: www.vemale.com

Ya, fisik yang prima, sehat dan kuat harus dipersiapkan untuk menyambut Ramadhan. Mengingat Ramadhan adalah bulan pertempuran (dalam melawan hawa nafsu) bagi kita. Selain itu, di bulan yang penuh berkah ini kita juga dianjurkan untuk menjalan rangkaian ibadah yang menuntut kesiapan fisik yang prima. Seperti ibadah puasa dan sholat. Kita tahu untuk ibadah sholat saja jika dilakukan semuanya dalam satu hari mencapai hampir lima puluh rakaat dala satu hari. Mulai dari sholat wajib, dhuha, rawatib, tarawih dan tahajud. Inilah mungkin Rahasianya mengapa Rasulullah memotivasi kita untuk menjadi mukmin yang sehat, sebagaimana sabda beliau: “Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah dari pada mukmin yang lemah.” (HR. Muslim)

Ok, selanjutnya yang jadi pertanyaan adalah bagaimana cara mempersiapkan fisik menyambut Ramadhan? Nah Belovers, dalam tulisan berikut Blogeksta.com akan berbagi tips sederhana cara mempersiapkan fisik menyambut Ramadhan!

Konsisten dengan Pola Makan Sehat

Ya, pola makan sehat adalah kunci untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh menyambut Ramadhan. Oleh karena itu mulai sekarang, yuk perhatikan pola makan kita. Pastikan makanan yang kita konsumsi adalah makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan pola makan sehat ini adalah:

  • Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang.
  • Jangan lupakan konsumsi buah dan sayur.
  • Perbanyak minum air putih.
  • Kurangi konsumsi gula
  • Batasi konsumsi makanan berlemak.
  • Kurangi konsumsi gorengan.

Olahraga Teratur

Olahraga teratur penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Terutama bagi Anda yang rutinitas sehari-harinya tidak banyak bergerak. Sebab itu Belovers yuk jangan segan berolahraga! Sisihkan waktu minimal lima belas menit untuk olahraga ringan setiap hari. Tidak perlu olahraga yang membutuhkan perlengkapan mahal. Cukup dengan lari-lari kecil di halaman rumah saja setiap hari sudah cukup memberikan manfaat positif bagi tubuh.

Memperbanyak Puasa Sunnah

Bulan Ramadhan adalah bulan di mana kita diwajibkan untuk berpuasa. Nah, agar tubuh tidak kaget dengan pola makan yang berubah drastis selama Ramadhan, ada baiknya kita mulai latihan dari sekarang. Memperbanyak puasa sunnah merupakan satu ikhtiar yang wajib di coba.

Membiasakan Diri Bangun Sebelum Subuh

Yap, bangun sebelum subuh merupakan rutinitas yang menghiasi hari-hari kita selama Ramadhan. Sebab, kita dan keluarga harus menikmati santap sahur dini hari tersebut. Nah, agar tubuh siap dengan rutinitas baru ini, ada baiknya kita memulainya dari sekarang.

Berdoa

Terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah doa. Perbanyak doa minta kesehatan dan keberkahan umur dari Allah Swt. Semoga sepanjang Ramadhan kali ini Allah Swt berkenan memberikan kesehatan pada kita. Sehingga kita bisa memanfaatkan setiap detik di bulan Ramadan ini dengan optimal untuk beribadah kepada Allah Swt.

Nah Belovers, Anda sudah mempersiapkan fisik yang prima untuk menyambut Ramadhan?

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger
x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...