Kesehatan / Informasi / Tips Sehat Konsumsi Daging

Tips Sehat Konsumsi Daging

Tips Sehat Konsumsi Daging – Hai Belovers, alhamdulillah sebentar lagi kita kembali dipertemukan dengan Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban. Itulah mengapa Idhul Adha selalu identik dengan tradisi nyate, ngebakso, ngerendang dan membuat berbagai kuliner olahan daging. Karena, pada momen ini daging qurban tersedia di mana-mana. Hampir semua rumah tangga muslim mendapatkan bagian daging hewan qurban. vemaledotcom

Sayangnya, tidak semua penerima daging hewan qurban ini bisa menikmatinya dengan leluasa. Banyak diantara kita yang merasa khawatir bahwa mengkonsumsi daging dapat membahayakan kesehatan. Terutama bagi mereka yang punya masalah dengan kolesterol dan darah tinggi.

Sebenarnya kita tidak perlu khawatir berlebihan. Karena, daging sebenarnya bahan makanan yang menyehatkan. Daging merupakan salah satu sumber protein hewani yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Dampak negatif konsumsi daging bisa diminimalisir, selama konsumsi daging tidak berlebihan, tetap menjaga pola makan sehat, dan memperhatikan rambu-rambu sehat konsumsi daging.

Nah, agar tidak khawatir berlebihan sengan efek samping konsumsi daging berikut ada beberapa Tips Sehat Konsumsi Daging yang perlu diperhatikan:

Olah Daging dengan Cara yang Tepat dan Sehat

Sebelum dikonsumsi, kita perlu mengolah daging dengan cara yang tepat dan sehat. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengolah daging, antara lain:

  • Jika mengolah daging kambing, sebaiknya pilih daging kambing dewasa. Karena, daging kambing muda memiliki kandungan lemak lebih banyak dari pada kambing dewasa. Namun, untuk daging kambing qurban kita tidak perlu repot memilih. Karena syariat islam sudah menggariskan bahwa kambing yang boleh dijadikan sebagai hewan qurban adalah kambing dewasa. Minimal sudah berusia dua tahun. Jadi, insya Allah kadar lemaknya lebih rendah.
  • Sebelum memasak, sebaiknya pisahkan lemak dari daging.
  • Hindari menambahkan bumbu instan yang berlebihan pada masakan daging.
  • Mengolah daging dengan cara dipanggang lebih disarankan dari pada digoreng atau digulai.

Kontrol Porsi Konsumsi Daging

Rambu-rambu penting dalam mengkonsumsi apapun adalah tidak berlebihan. Karena, segala sesuatu yang berlebihan selalu tidak baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, tips sehat konsumsi daging yang kedua adalah kontrol komsumsi daging, jangan berlebihan. Sebaiknya batasi konsumsi daging antara 3 sampai 5 ons saja setiap porsinya. Dan jangan mengkonsumsi daging lebih dari tujuh porsi dalam satu pekan.

Iringi Konsumsi Daging dengan Makanan Berserat dan Air

Daging selain kaya akan protein hewani juga memiliki kandungan lemak yang tinggi. Inilah yang sering ditakutkan orang saat mengkonsumsi daging. Oleh karena itu, untuk mengimbangi asupan lemak dari daging, kita perlu memperbanyak konsumsi makanan berserat  seperti buah dan sayur, serta minum air yang cukup. Serat pada buah dan sayur dalam tubuh selain bermanfaat untuk pencernaan juga berfungsi meluruhkan kolesterol dalam darah. Sehingga, tingginya asupan lemak dari daging dapat diluruhkan dan tidak berdampak negatif bagi tubuh.

Demikian tips sehat konsumsi daging. Semoga bisa menjadi panduan saat menikmati olahan daging Idhul Adha ini. Selamat Hari Raya Idhul Adha, semoga kita diberi kemudahan rezeki untuk melaksanakan ibadah qurban tahun ini. Aamiin.

Sumber Gambar: www.vemale.com

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...