Kesehatan / Mata / Tips Menjaga Kesehatan Mata

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Tidak ada kenikmatan yang lebih besar setelah keimanan selain kesehatan tubuh dan kesempurnaan organ tubuh, terutama panca indra. Mata adalah salah satu dari lima panca indra yang dimiliki oleh manusia. Mata merupakan jendela bagi kita untuk melihat dunia dan seluruh isinya. Tanpa mata, yang ada hanyalah kegelapan. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata dengan baik adalah keharusan yang tidak bisa ditawar-tawar.

Kesehatan MataNikmat sehat terkadang melenakan. Saat sehat kita seringkali lupa untuk menjaga dan merawat kesehatan tubuh kita secara keseluruhan, termasuk kesehatan mata. Hal ini terlihat dari kebiasaan-kebiasaan buruk merusak kesehatan yang sering kali kita lupakan. Seperti misalnya terlalu sering menggosok-gosok mata, membaca dengan jarak terlalu dekat, dan lain sebagainya. Kebiasaan-kebiasaan seperti ini sebaiknya dihindari agar tidak merusak mata.

Pertanyaannya adalah apa saja sih yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata? Nah, dalam tulisan ini Blogekstra.com akan berbagi beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata, yaitu:

Periksa Mata Secara Teratur

Memeriksa mata secara teratur penting dilakukan untuk mendeteksi kemungkinan adanya gangguan penglihatan sedini mungkin. Karena, semakin dini gejala gangguan kesehatan mata diketahui maka upaya pengobatannya pun akan semakin mudah untuk dilakukan.  Idealnya, pemeriksaan mata secara rutin dilakukan setiap 2 tahun sekali bagi orang dewasa. Sementara, untuk anak-anak dan lansia sebaiknya dilakukan setiap satu tahun sekali.

Perhatikan Beberapa Hal Berikut Saat Membaca

Anda hobi membaca? Itu hobi yang sangat bagus. Tapi Anda tetap perlu memperhatikan kesehatan mata. Aktivitas membaca menuntut mata bekerja lebih ekstra, karena harus mengamati huruf demi huruf dalam tulisan yang relatif berukuran kecil. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membaca untuk menjaga kesehatan mata, yaitu:

  • Pastikan jarak antara mata dan tulisan yang Anda baca tidak terlalu dekat dan juga tidak terlalu jauh. Letakkan buku yang Anda baca pada posisi yang nyaman saat membaca. Minimal jarak tulisan dan mata lebih kurang 30 cm.
  • Gunakan pencahayaan yang cukup saat membaca.
  • Hindari membaca di tempat yang menyilaukan pandangan.
  • Hindari membaca dengan posisi berbaring ataupun telungkup. Sebaiknya, membacalah sambil duduk dengan posisi punggung tegak.

Istirahatkan Mata dengan Cukup

Mata akan cepat lelah dan kering jika dipaksa fokus terlalu lama. Apalagi jika melihat objek dengan intensitas pencahayaan terlalu tinggi. Misalnya saat membaca, menulis, menjahit, menggunakan monitor, melihat objek yang jauh dan sejenisnya. Nah, agar mata tidak cepat lelah dan kering, pastikan Anda memberi kesempatan istirahat sejenak pada mata. Alihkan pandangan Anda dari objek yang diamati. Beri kesempatan mata untuk melihat objek yang jauh dan dekat secara bergantian untuk mengembalikan kelenturan otot mata.

Gunakan Kaca Mata Pelindung

Kaca mata pelindung berfungsi untuk melindungi mata dari pengaruh lingkungan yang ekstrim. Seperti cahaya yang menyilaukan, debu, air, zat-zat kimia dan hal-hal lain yang dapat membahayakan kesehatan mata. Jika aktivitas yang Anda lakukan rentan berhubungan dengan hal-hal tersebut, sebaiknya gunakan kacamata pelindung. Beberapa aktivitas yang mungkin membutuhkan kaca mata pelindung misalnya:

  • Bekerja di depan monitor terlalu lama
  • Bekerja dengan zat-zat kimia berbahaya.
  • Menjalankan alat-alat listrik atau menggunakan apai, seperti menggunakan alat/mesin las.
  • Olahraga tertentu seperti renang di kolam renang yang mengandung klorin.
  • Berjalan di bawah sinar matahari terik.

Tapi perl diingat, jenis kaca mata yang digunakan untuk setiap aktivitas tersebut di atas berbeda-beda.

Hindari Menggosok-gosok Mata

Sebaiknya hindari kebiasaan menggosok-gosok mata untuk mengeluarkan benda asing yang masuk. Karena hal tersebut bisa menyebabkan mata menjadi merah dan mengalami iritasi. Sebaiknya, untuk mengeluarkan benda asing yang masuk dalam mata bisa dilakukan dengan mengedipkan mata ataupun mencuci mata dengan air dingin. Jika belum berhasil, ada baiknya minta pertolongan dokter.

Demikian informasi tentang tips menjaga kesehatan mata. Semoga bermanfaat!

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...