Kesehatan / Lain-lain / Tips Menghindari Mabuk Kendaraan

Tips Menghindari Mabuk Kendaraan

Hai BE Lover bagaimana libur lebarannya? Pasti menyenangkan bukan? Terutama bagi Anda yang mengisi libur lebaran ini mudik ke kampung halaman. Wah, pasti bahagiaaa sekali bertemu dengan sanak saudara di kampung halaman. Oh ya, ngomong-ngomong tentang mudik lebaran tentunya tidak bisa lepas dari perjalanan jauh yang dilewati dengan menggunakan sarana transportasi. Ada yang menggunakan transportasi darat, laut dan udara.

sumber gambar: www.tipotips.com

sumber gambar: www.tipotips.com

BE lover, salah satu masalah kesehatan yang mengganggu kenyamanan perjalanan mudik adalah mabuk perjalanan. Wah pasti ngak nyama banget deh klo perjalanan panjang Anda harus dihiasi dengan mabuk. Nah, pada tulisan ini Blogekstra.com ingin berbagi beberapa tips menghindari mabuk kendaraan.

Pilih Posisi/Tempat Duduk yang Relatif Stabil

Posisi duduk dalam kendaraan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan tubuh kita selama perjalanan. Sebaiknya pilih posisi duduk yang relatif stabil, minim goncangan. Misalnya jika Anda menaiki bus atau travel sebaiknya pilih tempat duduk di kursi depan atau di belakang supir. Posisi ini lumayan stabil dan relatif lebih sedikit gonjangan yang terjadi saat kendaraan melaju.

Fokus Pandangan Ke Depan

Jangan terlalu sering melihat kesamping –kiri kanan— saat berada dalam kendaraan yang sedang melaju. Karena, gerakan semu pemandangan yang ada di sisi kiri kanan jalan, bisa menyebabkan kepala Anda mudah pusing dan tidak nyaman yang akhirnya akan memicu rasa mual. Selain itu hindari juga terlalu sering membungkuk, seperti membaca buku, main gadget dan sejenisnya.

Konsumsi Obat Anti Mabuk

Bagi Anda yang pemabuk akut, sebaiknya antisipasi dengan mengkonsumsi obat Anti mabuk minimal 30 menit sebelum memulai perjalanan. Anda bisa mendapatkan obat mabuk tablet di apotik dan warung obat terdekat. Bisa juga dengan mengkonsumsi obat anti mabuk alami. Misalnya dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang  mengandung jahe. Seperti permen jahe, wedang jahe, jahe instan dan aneka olahan jahe lainnya dipercaya berkhasiat mencegah rasa mual saat perjalanan.

Makan Secukupnya

Perjalanan jauh lumayan menguras energi. Oleh karena itu, usahakan untuk makan terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan. Namun demikian, sebaiknya makan minimal 30 menit sebelum berangkat. Makanlah secukupnya, jangan terlalu kenyang. Hindari mengkonsumsi makanan yang pedas dan berlemak. Karena, makanan yang demikian berpotensi memicu mual dan muntah. Hindari juga mengkonsumsi makanan yang beraroma tajam, seperti buah durian.

Sediakan Selalu Minyak Kayu Putih

Untuk kenyamanan perjalanan Anda sediakan selalu minyak kayu putih. Oleskan minyak kayu putih di area perut, dada dan leher. Aroma minyak kayu putih yang segar bermanfaat untuk menghilangkan rasa mual.

Nah, BE lover, demikian lima tips mencegah mabuk kendaraan. Semoga bermanfaat untuk menemani perjalanan mudik dan balik lebaran Anda.

Penulis: Neti Suriana

Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...