Kesehatan / Informasi / Tips Mencegah Varises pada Kaki

Tips Mencegah Varises pada Kaki

Tips Mencegah Varises – Pernah melihat kaki yang mengalami varises? Atau mungkin Anda pernah mengalaminya? Ya, sebelumnya mari kita ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan varises. Menurut dr. Dewi Inong Irana, SpKK., varises adalah pelebaran dan penambahan jumlah pembuluh balik (vena) yang berlebihan, sehingga pembuluh balik terkadang terlihat jelas seperti sarang laba-laba atau urat kayu. Gejala varises sering terjadi pada area tungkai bawah dan wajah. Namun, tidak menutup kemungkinan gejala ini terjadi pada area tubuh yang lain. Mengingat, sepertihalnya pembuluh arteri, pembuluh vena juga ditemukan di area lain pada tubuh.

Gambar: www.liputan6.com

Gambar: www.liputan6.com

Gejala varises yang paling mudah dideteksi adalah munculnya bernjolan berkelok-kelok berwarna hijau yang membayang di bawah tungkai. Namun tidak semua gejala varises yang tampak di permukaan kulit. Pada jenis varises yang lain, gejala ini tidak terlihat dari luar. Sebab, varises terjadi pada pembuluh vena yang ada di dalam (tidak terlihat dari luar). Varises jenis ini bisa menimbulkan gejala-gejala yang tidak terlihat seperti rasa pegal dan nyeri yang berkepanjangan.

Varieses, khususnya jenis varises pada tungkai bagian permukaan (terlihat dari luar) terjadi karena beberapa faktor berikut, yaitu: faktor keturunan, proses penuaan, pengaruh gravitasi (cairan berkumpul pada bagian bawah tungkai karena terlalu lama berdiri) dan perubahan hormonal (biasanya terjadi pada wanita hamil dan menopouse).

Memang saat ini sudah ditemukan teknik pengobatan terbaik untuk menghilangkan varises. Namun demikian, usaha pencegahan tetaplah upaya terbaik untuk melindungi tubuh dari gejala varises. Baik bagi kita yang tidak mengalami varises maupun yang telah menjalani pengobatan dan terbebas dari varises. Sebab, mencegah jauh lebih baik, murah dan mudah dari pada mengobati. Nah, berikut adalah beberapa tips mencegah varises pada kaki, yaitu:

Kendalikan Berat Badan

Menjaga berat badan tubuh sangatlah penting. Berat badan berlebih seringkali menimbulkan banyak masalah kesehatan, termasuk salah satunya adalah resiko munculnya varises pada tungkai. Sebab, berat badan berlebih akan menambah beban tungkai dalam menopang tubuh saat berdiri terlalu lama. Akibatnya, tekanan pada tungkai –termasuk pembuluh pena pada tungkai—akan semakin besar. Hal ini lama kelamaan akan memicu terjadinya pelebaran berlebih pada pembuluh vena.

Oleh karena itu, kendalikan berat tubuh kita agar selalu berada pada kisaran berat badan normal. Jika berat badan sudah terlanjur naik, lakukan diet sehat untuk menurunkannya. Rutin mengkonsumsi makanan berserat, hindari konsumsi makanan berlemak dan lakukan olahraga ringan secara rutin. Insya Allah, upaya ini bisa mengendalikan berat badan kita agar tetap normal.

Lakukan Latihan Meninggikan Posisi Kaki Setelah Melakukan Banyak Aktivitas dengan Berdiri

Sering melakukan aktivitas berdiri terlalu lama adalah salah satu faktor pemicu timbulnya gejala varises. Karena itu, setelah melakukan aktivitas yang mengharuskan kita banyak berdiri, sebaiknya segera lakukan latihan ini. Caranya yaitu dengan berbaring telentang dan kaki diganjal dengan 1 atau dua bantal selama lebih kuranf 30 menit sampai satu jam. Lakukan latihan ini secara rutin.

Bagi Anda yang Punya Faktor Resiko Varises, Gunakan Stoking Khusus

Jika memiliki riwayat keturunan menderita varises dalam keluarga sebaiknya Anda lebih waspada lagi. Apalagi jika pekerjaan menuntut Anda banyak berdiri terlalu lama. Untuk mengantisivasi varises sebaiknya setiap hari gunakan kaos kaki atau stoking khusus bagi penderita varises yang banyak dijual di apotek-apotek besar.

Sempatkan untuk Berdiri dan Berjalan Beberapa Saat Setelah Duduk Terlalu Lama

Saat bekerja Anda sering duduk? Ini juga tidak baik bagi kesehatan, karena peredaran darah di tungkai bawah menjadi sedikit terhambat. Oleh karena itu setiap 1-3 jam sekali sempatkan untuk berdiri sejenak. Lakukan aktivitas fisik seperti berjalan kecil sekitar meja. Hal ini bertujuan untuk memperlancar sirkulasi darah, sehingga tidak terjadi penumpukan cairan pada salah satu bagian tubuh.

Nah, demikian beberapa tips mencegah varises pada kaki. Semoga bermanfaat!

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...